28 August, 2009

osteoporosis


OSTEOPOROSIS Nah kali ini saya sekedar berbagi tentang osteoporosis.Apa itu ?istilah osteoporosis berasal dari bahasa latin berarti tulang yang berlubang.Osteoporosis sebagai penyakit yang ditandai berkurangnya masa tulang dan perubahan mikro arsitektur jaringan tulang,hal ini berakibat pada menurunnya kekuatan tulang dan meningkatnya kerapuhan tulang serta resiko terjadinya patah tulang. Patah tulang akibat osteoporosis biasanyaterjadi pada tulang belakang,pergelangan tangan dan panggul. Seseorang dinyatakan ostoporosis jika kedapatan tulangnya kurang atau sama dengan -2,5.Jika hasil pengukuran kepadatan tulang antara -1 sampai lebih dari -2,5 maka disebut osteopei(penurunan masa tulang). Kepadatan tulang pada wanita saat hamil masa tulang berkurang setelah usia 35tahun,seiring berkurangnya hormon esterogen dengan masa tulang berkurang 2-3% ,sampai saat menopaus(45-51tahun. Kepadatan tulang pada laki-laki,penurunan tulang juga terjadi ketika hormon testerogen mulai berkurang,tidak tertutup kemungkinan orang berusia 20-30 mengalami osteoporosis,umumnya dialami orang yang mempunyai kelainan hormon,mengonsmsi steroid/kurang gisi. Pencegahan Sedia payung sebelum hujan he..he..ya sebaiknya sedini mungkin kita mampu menjaga dan memberikan asupan kalsium yang cukup dangan kalsium vitamin D,cukup terpapar dalam sinar matahari karena sinar matahari mampu mengubah previtaminan D lantas diubah dalam hati dan ginjal menjadi kalsitriol yang merangsang pembentukan tulang,tidak merokok,tidak minum beralkohol,mengurangi kopi serta aktiv berolah raga.Untuk itu unsur makro meliputi karbohidrat,lemak,protein hal ini jika kekurangan langsung terasa dampaknya,sedang unsur mikro seperti vitamin mineral,serat dan enzim lainnya,jika kekurangan dampaknya baru terasa setelah bertahun-tahun. Agar kita sehat menurut Dr.Jonathan MD kita harus:
  1. WATER=mengonsumsi air yang bersih dan sehat
  2. ENVIRONMENT=lingkungan yang bersih dan sehat
  3. LAUGHTER=tertawa(gembira)
  4. LIFE DRUG FREE=bebas dari obat-obatan
  5. NUTRITION=makanan sehat(seimbang dalam mengatur karbohidrat,lemak,protein,vitamin,mneral,serar dan enzim lainnya)
  6. EXERCISE=berolah gara secara teratur minimal 30menit/hari
  7. SLEEP=tidur cukup/tidur yang berkualitas,6-8jam/hari
  8. SPIRITUL VALUE=kehidupan spiritual dan sosial suport
Semoga bermanfaat dan kita tidak mengalami kerapuhan tulang sedini mungkin,kalo udah rapuh sementara kita masih muda wah bisa-bisa usia menjelang tua kita dah bungkuk he..he...


related Article:

15 Was Commented to “osteoporosis”

  • December 20, 2009 at 7:56 AM

    Masalah tulang aku gak ngerti mbak dhana...
    kalau masak tulang sapi,tulang kambing aku bisa...

    eh eh kok keliru dari topik...
    walah pokoknya terima kasih deh atas ilmunya yang di bagi tentang tulang osteoporosis...

  • December 20, 2009 at 7:58 AM

    habis komentar pertama, sekarang komentar ke dua...
    setelah komentar tentang tulang...aku ulang baca lagi dari atas ke bawah.
    waow ternyata sangat berguna sekali tuh isi postingannya.
    buat belajar aku ijin kopi dan aku pastekan pada word microsof,aku printer terus aku baca-baca pada waktu melamun.

  • January 3, 2010 at 12:29 PM

    harus banyak konsumsi kalsium sedini mungkin.
    makasih banyak atas infonya yang berguna.

  • January 3, 2010 at 12:31 PM

    80% penderita osteoporosis adalah wanita, termasuk wanita muda yang mengalami penghentian siklus menstruasi (amenorrhea). Hilangnya hormon estrogen setelah menopause meningkatkan risiko terkena osteoporosis.

  • January 3, 2010 at 12:31 PM

    Osteoporosis disebut silent disease karena proses kepadatan tulang berkurang secara perlahan dan berlangsung secara progresif selama bertahun-tahun tanpa disadari dan tanpa disertai adanya gejala.

  • January 3, 2010 at 12:32 PM

    Tips Mencegah & Mengatasi Osteoporosis

    Patah tulang akibat osteoporosis mengganggu kualitas kehidupan penderita dan memerlukan biaya pengobatan yang relatif mahal, sehingga cegahlah sedini mungkin, seperti:

    * Cukupi kebutuhan kalsium harian, usia produktif = 1000 mg kalsium per hari, usia lansia = 1200 mg per hari.
    * Berjemur 30 menit pada pagi hari dan sore hari.
    * Melakukan olah raga dengan beban.
    * Gaya hidup sehat, menghindari rokok dan alkohol. Kurangi konsumsi kopi, minuman bersoda, daging merah.
    * Ibu hamil mengkonsumsi kalsium dengan cukup sehingga tulang bayi dalam kandungan tumbuh optimal dan tidak mengambil cadangan kalsium dari tulang ibu.
    * Untuk mengatasi rasa sakit, penderita osteoporosis diberikan obat pereda nyeri, dipasang supportive back brace dan dilakukan terapi fisik .
    * Konsumsi obat-obatan (kondisi tertentu), seperti estrogen, terapi sulih estrogen, dll.

  • January 3, 2010 at 12:33 PM

    Ada tiga jenis latihan fisik yang banyak direkomendasikan bagi pasien Osteoporosis, yaitu

    * Olahraga Resisten
    Yang termasuk olahraga jenis ini adalah angkat beban, baik dengan dumbel, resistence bands atau mesin untuk melenturkan serta menguatkan otot dan tulang, terutama bagian lengan dan tulang punggung bagian atas.
    * Weight-bearing exercise
    Merupakan olahraga low impact, seperti aerobik ringan, jalan kaki, menari, jogging, atau taichi. Jenis olahraga ini bekerja langsung pada tulang kaki, pinggul dan tulang punggung bagian bawah yang dapat memperlambat pengurangan mineral.
    * Flexibility exercise
    Olahraga jenis ini merupakan latihan peregangan yang membantu meningkatkan mobilitas sendi sehingga tubuh menjadi lebih lentur. Namun perlu diingat, peregangan ini sebaiknya dilakukan setelah otot tubuh ‘panas’, contohnya sehabis olahraga. Peregangan sebaiknya dilakuan secara perlahan. Rileks dan tariklah nafas dalam-dalam saat melakukan peregangan.

  • January 27, 2013 at 7:30 PM

    banyak tertawa, tapi jangan kelebihan

  • June 14, 2013 at 8:52 AM

    artikel yang bagus

  • June 14, 2013 at 8:58 AM

    artikel yang bagus

  • February 25, 2015 at 11:13 AM
    septic tank says:

    info yang bermanfaat mba .,,


    semoga penyakit ini bisa berkurang ,,,

  • February 25, 2015 at 11:15 AM

    semoga setelah banyak yang baca artikel y ini

    banyak yang menyadari y ,....

    aamiin ...

    ditunggu postingan" selanjut y mba ///

  • February 25, 2015 at 11:16 AM
    stpbiotech says:

    postingan yang sangat bermanfaat untuk orang banyak

    baik muda ataupun tua ,,,


    salam blogger ...

  • May 7, 2015 at 11:18 AM

    postingan yang menarik

  • April 3, 2016 at 5:42 PM

    They say a person needs just three things to be truly happy in this world: someone to love, something to do, and something to hope for

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo