07 March, 2010

ilegal dari China


بِسْمِ اﷲِالرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم
ilegal dari China
Seperti pada postingan sebelumnya tentang China Ancam Indonesia hal ini yang berkaitan dengan Biotechnologi.Sedangkan yang saya bahas sekarang ini adalah mengenahi barang ekspor impor dengan status syah atau tidaknya begitu.Sengaja saya menampilkan image seperti pada gambar di atas karena saya beranggapan hal ini sepertinya kayak permainan chukh ghei,dengan diam diam sistem yang digunakan untuk mencari untung dengan strategi yang halus.
Nah kita sudah mengetahui dengan diberlakukannya Perjanjian Perdagangan Bebas ASEAN-China mulai awal tahun 2010, arus penyelundupan barang dari China ke Indonesia diyakini akan hilang. Perdagangan bebas akan membuka secara terang benderang seberapa besar nilai barang selundupan dari China yang masuk ke Indonesia selama ini. Sungguh hal ini akan berdampak dan memang sudah nampak kita rasakan.Dari berita bisnis keuangan ini sangat detail bagamana siklus yang ada menguatkan pendapat dan analysis perdagangan.


Secara real show, barang-barang selundupan ini benar ada dan berita-berita tentang barang-barang tidak resmi pun sering muncul di media massa. Akan tetapi, data akurat tentang besaran perdagangan selundupan tidak pernah ada karena statusnya memang ilegal.Wah hal ini akan bikin heboh negara kita saja ya.Salah satu cara untuk melihat ada tidaknya indikasi perdagangan ilegal, yaitu perdagangan yang tidak tercatat di Badan Pusat Statistik (BPS), bisa didapat dari perbedaan angka neraca perdagangan antara China-Indonesia.Dapat diambil contoh dengan neraca perdaganagan. Data versi statistik di Indonesia dengan versi statistik bertaraf internasional seperti CEIC Data Company mencatat perbedaan yang sangat signifikan. Terdapat selisih impor dari China ke Indonesia sebesar lebih dari 2 miliar dollar AS per tahun selama periode 2004 hingga 2008.

Nah hal dia atas sangat signifikan merambah pada impor ilegal.Kondisi sebaliknya juga bisa terjadi. Terdapat perbedaan pencatatan data ekspor dari Indonesia ke China. Nilai barang yang diekspor oleh Indonesia tercatat selalu jauh lebih kecil dibandingkan dengan data-data dari pihak China. Hal ini menandakan ada aliran ekspor ilegal dari Indonesia ke China.
Perbedaan juga bisa terjadi karena ada praktik importasi dengan transit kapal (transhipment), ketika suatu barang yang akan diekspor ke negara lain ditransitkan terlebih dahulu di Indonesia, misalnya, sehingga seakan-akan barang diekspor dari Indonesia..Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Slamet Sutomo menjelaskan, ketimpangan yang terjadi pada neraca perdagangan antara Indonesia dan China menunjukkan ada impor ilegal yang dilakukan melalui pelabuhan tidak resmi.

Ehm dari sini dapat kita ambil point-point-nya.Bisa juga karena terjadi manipulasi dokumen impor, baik dari nama jenis barang, volume, maupun nilai barang.Dari contoh pada neraca perdagangan antara China dan Indonesia pada periode 2004 hingga 2007, perbedaan penghitungan itu mencapai 30 persen.Baru pada tahun 2008 perbedaan itu turun menjadi 11 persen, tetapi tetap melebihi batas lima persen.Penurunan pada tahun 2008 ini dapat pula dijelaskan karena ada perbaikan metode pencatatan statistik impor, dari Sistem Perdagangan Khusus (Special Trade System) menjadi Sistem Perdagangan Umum (General Trade System). Tujuan perubahan tersebut adalah agar sistem mampu menyamakan angka-angka dari kedua negara.

Dengan perubahan ini, impor barang yang bertujuan ke kawasan berikat, yang sebelumnya tidak dihitung, menjadi dihitung. Pada sistem sebelumnya, kawasan berikat dianggap sebagai luar negeri sehingga barang impor yang masuk ke kawasan ini tidak akan dicatat sebagai impor. Dengan sistem pencatatan yang baru ini, selisih perdagangan Indonesia dengan China mengecil, menjadi separuhnya.
Akan tetapi, masih terdapat 1,97 miliar dollar AS yang tetap berperan sebagai indikasi kehadiran barang-barang yang tidak resmi karena tidak terjelaskan.
Dampak dari membanjirnya barang selundupan jelas merugikan. Selain negara kehilangan pendapatan dari pajak, harga barang sejenis yang tidak resmi ini menjadi lebih murah dan meminggirkan barang buatan lokal.


Selanjutnya bagaimanakah langakh yang akan diambil pemerintah kita ya?Saya pernah membaca kerjasama Inonesia dengan Jepang dan korea hal ini tidak separah dengan di china,Dengan perjanjian perdagangan bebas, mereka didorong untuk memilih jalan resmi karena rendahnya atau hapusnya tarif bea masuk. Bagi Indonesia, hilangnya impor ilegal dari China ini perlu menunggu waktu paling tidak selama setahun (atau lebih) untuk pembuktiannya.Nah saya jadi bertanya apakah memang bener dalam diam kita eh negri kita ini dijajah oleh China?semoga pemerintah dapat mengantisipasi hal ini secara bijak dan baik,sehingga hasilnya baik karena tak dapat dipungkiri bahwa rakyat,masyarakatlah akan mengalami dan merasakan dampaknya.Bagaimanapun juga sistem perekonomian Indonesia inilah yang diharapkan mampu mengantisipasinya dengan baik,bukankah begitu sahabat????.


related Article:

45 Was Commented to “ilegal dari China”

  • March 7, 2010 at 3:15 AM
    Rock says:

    Bener banget dhana...

  • March 7, 2010 at 3:37 AM

    betul..betul.. *upin-ipin modeOn

  • March 7, 2010 at 5:25 AM

    artikel yang bagus dan memberi informasi tentang produk ilegal china. Selama ini memang banyak barang masuk tanpa prosedur seharusnya, yang tentu saja akan merugikan pemerintah Indonesia.

    Oke Sukses selalu Dhana!

  • March 7, 2010 at 5:29 AM

    Oh iya ngomong-ngomong bagaimana cara Dhana buat Posted Bergerak seperti pada blog dana? Bisa minta caranya gak? Kalau bisa mohon di email ke herihidayatmakmun@gmail.com. Terima kasih.
    Dari indonesianvoices.blogspot.com.

  • March 7, 2010 at 6:08 AM

    kudu ati2 aja degh hehehheh

  • March 7, 2010 at 7:22 AM

    kalo mau sukses majukan prodak pribumi dan tekan prodak prodak Cina, karena sekarang orang indonesia tidak memikirkan kualitas tetapi HARGA..

    namun apa boleh buat pemerintahan sekarang tidak mendukung itu malah melakukan perdagangan bebas terhadap Cina yang mengancam prodak - prodak lokal dengan bermain harga, ckck

    thanks for sharing^^

    salam blogger :D

  • March 7, 2010 at 8:11 AM
    Dimas says:

    waduh susah tuh kayaknya mengantisipasi produk ilegal yg masuk, kadang klo dah liat harga murah ngapain liat yg lain..

  • March 7, 2010 at 9:29 AM
    mhya says:

    yah emang bener terutama dari produk elektronik dan kosmetik yang sudah tertangkap oleh kamera para wartawan kalau kita lihat berita di tipi-tipi itu....itu merupakan PR bagi pemerintah agar lebih waspada dalam mengimpor barang dan dapat memberikan solusi yang terbaik bagi masyarakatnya.

  • March 7, 2010 at 10:17 AM
    zujoe says:

    hmmm... kalo bahasannya mengenai ekonomi global dan AFTA aku masih agak kesemutan otak ini hehe... tapi paling nggak emang pemerintah harus lebih meniingkatkan kualitas dan kuantitas produk asli Indonesia biar bisa (sok) bersaing hehe...

  • March 7, 2010 at 11:26 AM
    shine says:

    Selamat siang mbak, mau ngasih tahu, silahkan diambil bingkisannya di blog saya "Terimakasih Sahabat"

  • March 7, 2010 at 11:50 AM
    aryadevi says:

    Perjanjian Perdagangan Bebas ASEAN-China, dilematis.

  • March 7, 2010 at 11:59 AM

    mas Rock-->iya mas upex

    Abang Nan-->ehm gitu ya

    mas heri-->terima kasih komentarnya ya,baiklah akan saya kirim mas

  • March 7, 2010 at 1:03 PM

    infox mantap ni...^_^
    http://santolead.blogspot.com/

  • March 7, 2010 at 1:03 PM
    Prie says:

    bahkan saking hebatnya, produk china (entah legal or illegal) telah membanjiri di pasar tradisional tempat domisili saya yg notabene adalah adalah kota kecil,
    trus mo gimana lagi, lha wong masyarakat juga seneng koq, dapat barang keren dengan harga pasar senen ... (walaupun pengusaha lokal menjerit-jerit )
    malah bingung aku mbak ....

  • March 7, 2010 at 1:05 PM

    bener banget, perlu jadi bahan pemikiran pengambil kebijakan, sehingga kita tidak kolaps . and nitip ini . sorry http://id-id.facebook.com/pages/-ISLAM-TERBUKTI-BENAR-/298400792751

  • March 7, 2010 at 4:30 PM
    BABY TOYS says:

    Thanks Friend,,i already add your link too as

  • March 7, 2010 at 4:32 PM
    BABY TOYS says:

    Thanks Friend,,i already add your link too as DHANA ARSEGA

  • March 7, 2010 at 4:43 PM

    Kalo sudah perdagangan bebas, dari segi pajak yang ilegal sama legal bedanya apa ya Mbak..?
    Mungkin perekonomian Indonesia bisa baik karena ekonomi mikronya bisa dirawat, dilindungi, dan dibesarkan yang tidak lepas dari pemerintahnya.
    Makasih sharingnya, sangat bermanfaat.

  • March 7, 2010 at 6:24 PM
    Bujen says:

    Nice info mbak.. Selama ini jarang sekali aku baca- baca tentang ekonomi :-D

  • March 7, 2010 at 7:10 PM

    yaa kita hanya bisa membicarakan china dan china lagi...tapi kita tidak pernah mau melihat dan belajar yg positifnya bagaimana china itu sekarang bisa maju.

    di china, investor/pengusaha dari luar itu disambut bagai bak "RAJA",segala sesuatu hal yg diperlukan oleh sang raja dipermudah sampai 75% oleh pemerintah china.tidak heran banyak yg menanamkan modalnya dinegeri itu,selain itu hukum mereka juga pasti dan tidak bertele tele. nah kalau segala sesuatu itu dipermudah dan tdk bertele2 otomatis cost dari suatu perusahaan bisa ditekan dan itu akan mempengaruhi harga produksi yg akan dijual oleh suatu perusahaan itu. coba bedakan dgn birokrasi pemerintah kita yg sedemikian rumit dan belu lagi pungli ungli liar yg bertebaran di lapangan.

    lebih baik kita memperbaiki sistem birokrasi dan hukum kita daripada mengeluh dan merasa terancam/dijajah secara halus oleh mereka.

  • March 7, 2010 at 9:22 PM
    Rossy R says:

    Salah satunya negara ini bisa menjadi LIMBAH dari china terbanyak.. kita tau bahwa bangsa ini adalah bangsa yang KONSUMTIF

  • March 8, 2010 at 12:06 AM

    info baru Mbak...Mksh Salam kenal ya..Boleh tukar link???

  • March 8, 2010 at 1:09 AM
    van says:

    hidup china...
    hidup indonesia...
    hidup mbak dhana...
    hehehe

  • March 8, 2010 at 1:42 AM
    netmild says:

    wah ane ga taulah masalh ginian soalnya tatanan negara kita sudah susah diperbaiki..

    angel angel soalnya

  • March 8, 2010 at 11:12 AM
    khusnul says:

    Salam sejahtera buat mbak Dhana,
    Bisnis china memang ji tu dan hebat.
    Perlu di tiru, sayang kita gak bisa meniru.

    Mbak Dhana, maaf ya bingkisan dari mbak Dhana belum sempat saya ambil.

  • March 10, 2010 at 11:42 AM
    aisyah muna says:

    berkoarlah terus kawan...suatu saat mereka akan mendengarnya...sehingga mereka tau kita pun peduli..
    dan...semoga mereka pun peduli..
    inilah suara rakyat...

  • March 10, 2010 at 5:38 PM
    msafru says:

    Memang suatu kebijakan akan ada yang diuntungkan dan dirugikan, tapi apapun itu harus kita hadapi

  • September 12, 2010 at 12:45 PM
    free mahjong says:

    I believe this is great posting and i would love to watch out more such coming in future if possible!

  • November 26, 2010 at 8:31 AM
    Anonymous says:

    missouri auto insurance It appears that you’ve put a solid amount of effort into your article and I want to see a lot more of these on the Internet these days. I really got a quetch out of your post. I do not have a bunch to to say in reply, I only wanted to register to say great work. Erica , auto insurance texas

  • December 23, 2010 at 2:51 PM
    Anonymous says:

    Michigan car insurance Have you ever considered adding more videos to your blog posts to keep the readers more entertained? I mean I just read through the entire article of yours and it was quite good but since I'm more of a visual learner,I found that to be more helpful. Just my my idea, Good luck Jason , Florida car insurance

  • December 25, 2010 at 4:58 AM
    Anonymous says:

    texas auto insurance rates How could I have missed this blog! Its incredible. Your design is flawless, like you know exactly what to do to do make people flock to your page! I also like the perspective you brought to this subject. Its like you have an insight that most people havent seen before. So great to read a blog like this. Mike , california auto insurance quotes

  • April 13, 2011 at 10:56 AM

    By the way I would really like to ask you What Christmas gift have you received? Sharing all of us your own pleasure

  • September 19, 2012 at 12:55 PM

    Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

  • September 19, 2012 at 1:04 PM
    Keladi Tikus says:

    Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

  • September 19, 2012 at 4:45 PM

    h atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan cobaTerima kasi

  • September 19, 2012 at 4:47 PM

    aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

  • June 9, 2014 at 9:03 PM

    Cara mengobbati gondok pada anak
    selamat malam pak berita yang bagus terima kasih
    http://obatkeputihanpadaibuhamil.wordpress.com/2014/03/22/cara-mengobati-gondok-pada-anak/

  • July 9, 2015 at 2:49 PM

    Makasih gan infonya,mampir ke toko kami gan.
    http://www.jatijepara.com/
    http://www.desaslagi.com/
    http://www.andhikamebel.com/
    http://www.sandifurniture.com/
    http://www.jeparafurnitur.com/

  • July 9, 2015 at 2:51 PM

    Makasih gan infonya,mampir ke toko kami gan.
    http://www.jatijepara.com/
    http://www.desaslagi.com/
    http://www.andhikamebel.com/
    http://www.sandifurniture.com/
    http://www.jeparafurnitur.com/

  • July 9, 2015 at 2:52 PM

    Makasih gan infonya,mampir ke toko kami gan.
    http://www.jatijepara.com/
    http://www.desaslagi.com/
    http://www.andhikamebel.com/
    http://www.sandifurniture.com/
    http://www.jeparafurnitur.com/

  • July 9, 2015 at 2:54 PM

    Makasih gan infonya,mampir ke toko kami gan.
    http://www.jatijepara.com/
    http://www.desaslagi.com/
    http://www.andhikamebel.com/
    http://www.sandifurniture.com/
    http://www.jeparafurnitur.com/

  • July 9, 2015 at 2:55 PM

    Makasih gan infonya,mampir ke toko kami gan.
    http://www.jatijepara.com/
    http://www.desaslagi.com/
    http://www.andhikamebel.com/
    http://www.sandifurniture.com/
    http://www.jeparafurnitur.com/

  • March 31, 2016 at 2:18 PM

    To all that come to this happy place, welcome. Disneyland is your land. Here age relives fond memories of the past, and here youth may savor the challenge and promise of the future. Disneyland is dedicated to the ideals, the dreams, and the hard facts that have created America... with hope that it will be a source of joy and inspiration to all the world.

  • October 27, 2016 at 2:25 AM
    Rudy Lay says:

    Super website with a great sha and amazing stories is ur web.. please keep doing what u do now.. thanks to you.
    Agen Bandarq

    Agen Domino99

    Domino Online

    Agen Poker

    Bandar Domino99

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo