05 February, 2011

Apa sich GongXi FaCai

Segala Puji hanya Milik Allah Swt sehingga saya kembali posting dengan kategori apa ya yang cocok?hehehe.
Sebelumnya saya berposting hukum merayakan ultah dan imlek terdapat sahabat yang bertanya.
*Mbak mana yang benar sich Gongxi FaChai apa  Gongxi FatChai?

Sebelum membahas lebih lanjut kita perlu menyadari seje deso mowo coro(bahasa Jawa)atau so many lands is many kind(Inggirs) atau lagi lain ladang lain belalang(Indonesia) serta em doung tefong em doung yikin(kantonis) terakhir pu iyang tifang pu dhung yie cien(Mandarin).
Hhehehe sok pinter bahasa yach?ups!!! enggak lah kan saya hanya menguasai 4 bahasa Cina dari 56 bahasa Cina xixixixi.

Kembali pada GongXi FaCai dengan GongXi FaChai terdapat makna yang hampir sama.Sebelumnya saya akan emnyampaiakan dulu kriterianya.
Dalam perayaan Imlek(Raya Cina) kita sering mendengar dengan ucapan dengan ucapan sekitar masa tahun baru orang-orang memberikan selamat satu sama lain dengan kalimat:
*aksara Tinghoa sederhana 恭喜发财 - aksara Tionghoa tradisional 恭喜發財  yang  beratrikan ''selamat dan semoga banyak Rejeki''
Nah penjabarannya sebagai berikut:
"Gōngxǐ fācái" (bahasa Mandarin)
"Kung hei fat choi" (bahasa Kantonis)
"Kiong hi huat cai" (bahasa Hokkien)
"Kiong hi fat choi" {bahasa Hakka)
"Xīnnián kuàilè" (新年快樂) = "Selamat Tahun Baru"

Setelah saya pelajri dengan kamus urban China penjabarannya GongXi FaChai sebagai berikut:
GongXi = semoga(wish/blessing)
Fa        = membesar/banyak(ment)
Chai     = kekayaan(wealth)
Nah kalau begitu GongXi FaChai ini jika benar benar diartikan dari kata dasar yakni ''berharap Anda Memperbesar/memperbanyak kekayaan Anda''

sedangkan penjabaran GongXi Fat Chai ini tetap sama dengan makna di atas hanya penulisan saja yang berbeda.Nah sekarang apa sich Gong Xi Fa Chai sudah terjawab.

Selanjutnya dengan istilah ANGPAO

Angpau (Hanzi: 紅包, hanyu pinyin: hong bao) adalah bingkisan dalam amplop merah yang biasanya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek.
Dengan istilah lain dari bahasa kantonis horeee...dapet LAI LAI SI SI atau singkatnya LAISI yang hampir serupa dengan Angpao.Namun angpau sebenarnya bukan hanya monopoli perayaan tahun baru Imlek semata karena angpau melambangkan kegembiraan dan semangat yang akan membawa nasib baik, sehingga angpau juga ada di dalam beberapa perhelatan penting seperti pernikahan, ulang tahun, masuk rumah baru dan lain-lain yang bersifat suka cita.
Jumlah uang yang ada dalam sebuah amplop angpau bervariasi. Untuk perhelatan yang bersifat suka cita biasanya besarnya dalam angka genap, angka ganjil untuk kematian. Oleh karena angka 4 yang berbunyi SEI CO(bahasa kantonis) terasosiasi dengan ketidak beruntungan - pelafalan angka 4 bisa berarti "mati" - maka jumlah uang dalam amplop angpau tidak berisi 4. Walaupun demikian, angka 8 terasosiasi untuk keberuntungan - pelafalan angka 8 berarti "kekayaan". Makanya jumlah uang dalam amplop angpau seringkali merupakan kelipatan 8.

Nah sekarang tahu kan?jika masih ada yang tahu silahkan sharing dengan saya,karena saya bukan asli orang Cina jadi sebatas pengetahuan saya saja yach,semoga bermanfaat.


related Article:

48 Was Commented to “Apa sich GongXi FaCai”

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo