14 March, 2011

Stress Positif dan Negatif

Segala Puji hanya milik Allah Swt dilangit dan di bumi memuji kebesaranNya amien.

Latar belakang.
Dalam kehidupan ini,tidak ada seorangpun bisa terlepas dari persoalan hidup.Masalah akan selalu ada hilang satu akan muncul persoalan baru.Itulah hidup.Persoalan-persoalan tersebutlah yang acapkali menimbulkan stres dalam diri seseorang.Temuan WHO(Badan Kesehatan Dunia) menunjukkan,umumnya penderita stress dialami olah para pegawai atau pekerja,ini mengindikasi bahwa munculnya stres diawali dari rasa ketidak-nyamanan diri,entah itu perasaan was-was,curiga,atau juga ketakutan.

Ilmu kedokteran stres merupakan perasaan tertekan yang membuat perasaan seseorang mudah tersinggung,marah,konsentrasi mudah hilang,suka termenung,hidup tidak bergairah dan putus asa.Umumnya penderita stres disebabkan karena kurang siap menghadapi masalah.Ketidaksiapan itu bisa dimunculkan dari diri sendiri maupun dari lingkungan luar.


Perintis penelitian mengenahi stress Hans Seyle ada dua stress yaitu austres dan distres.

Merupakan tekanan gejala positif,biasanya gejala ini muncul dengan tekanan sesuatu yang membuat seseorang senang seperti mendapat gaji tinggi,posisi kerja bagus,menikah melahirkan anak dan sebagainya.Austres juga dianggap ujian dari Allah Swt karena bisa memiliki efek melupakan kepada Allah swt.Dengan sesuatu yang menyenangkan terlebih itu yang mendadak akan menghanyutkan mereka.

Distres merupakan perasaan yang jika dialami, maka seseoang tersebut tidak sanggup menghadapinya.Dia mengalami tekanan mental yang memuncak.Kategory ini sebagai tekanan negatif.Pada tubuh kedua ketegory berdampak sama.Sistem syaraf otonom secara praktis memprakarsai reaksi secara cepat.Hormon doproduksi,tekanan darah naik, dan denyut jantung juga meningkat tajam.Disamping itu pernafasan semakin meningkat,imbasnya penderita ini menjadi murung dan frustasi berat.

Obantnya
Jika menghadapi dua gejala stres ini,menurut Imam Gazhali adalah dengan memperbanyak zikir.Disamping itu setiap anugrah yang diberikan Allah swt hendaknya selalu disyukuri.Sedikit atau banyak bukanlah standart kebahagiaan hakiki untuk hidup di dunia.Sikap stres  baik stres positif dan negatif kata ihya ulumudin  adalah bentuk kufur nikmat.Maka ketika seseorang mengalami gejala stres maka ia harus cepat-cepat mendekatkan diri kepada Allah swt.

Dengan banyak zikir khususnya di malam hari, ketenangan hati  dan pikiran akan tercipta.Jika berkontemplasi di alam bebas menurut para pencinta alam,bisa menenangkan masalah maka berzikir di tengah kesunyian malam justru dapat meringankan hati yang gundah dan pikiran yang kalut.Kembalikan persoalan kepada Allah swt. karena yang diberikan adalah yang terbaik bagui hambaNya.

Zikir yang dianjurkan bertujuan untuk menyeimbangkan kebutuhan jasmani dan ruhani pada diri manusia.Manusia tidak hanya memenuhi kebutuhan jasmani sementara ruhani terabaikan.Demikian juga sebaliknya.Keduanya tetap memiliki keseimbangan.

Demikian penjabaran stress positif dan negatif semoga bermanfaat bagi kita semua amien dan salam sukses.


related Article:

76 Was Commented to “Stress Positif dan Negatif”

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo