29 April, 2011

Jangan Salah Pilih


Ngomongin soal berteman pastilah anda sudah tau apa sich dan bagaimana berteman yang baik,sebagian ada yang berteman dengan memilih yang lebih mantap berdasarkan kriteria yang di inginkan entah itu karena materi,karena rupa yang keren,yang cantik atau karena apa banyak banget alasannya,perlu ditekankan apa lagi bertemanlah dengan baik dari hati ke hati menjalin silaturahmi.

Apalagi sering saya mendengar gara-gara ulah dan salah dalam berteman jadilah berantakan,mulai uang yang diperas,ditipu bahkan menjatuhkan nama baik,padahal satu bangsa kok tega ya? Menjadi lebih praktis bila memahami karakter dari tiap-tiap teman,tidak asal ngomong karena sebaik-baik perkatan adalah yang dibuktikan dengan perbuatan.

Asal baik jalinlah teman dengan baik,kalau sampai teman mengajak ke hal-hal buruk tolak aja dengan himbauan yang mengarahkan pada kebaikan.ini penyampaian secara sederhana masih luas dan banyak argumentasi soal berteman. 

Dari sebuah buku tentang berteman''teman yang beradab hanya bisa di ukur dari seberapa besar ia sanggup mengasihi dan menyayangi orang lain dengan baik seperti halnya ia menyayangi dirinya sendiri,perbedaan dan pluralisme dalam berbagai hal tidak menjadi masalah,asalkan seseorang mau menjalin teman dengan mempunyai sikap empaty,mau menghargai orang lain,tenggang rasa serta cinta kasih''

Teman bisa jadi segalanya tapi bukan segala-galanya...karena sedekat apapun kita ama mereka kita harus simpan baik baik rahasia kita karena hati orang siapa yang tahu..karena meskipun selama dengan kita dia terlihat sangat mengasihi tapi dibelakangnya jadi penghianat kan gak tahu juga,jadi sekarang berteman yah biasa aja sekedar salng tolong menolong tapi gak berani terlalu dekat.


Rasulullah saw. bersabda, “Kawan pendamping yang saleh ibarat penjual minyak wangi. Bila dia tidak memberimu minyak wangi, kamu akan mencium keharumannya. Sedangkan kawan pendamping yang buruk ibarat tukang pandai besi. Bila kamu tidak terjilat apinya, kamu akan terkena asapnya.” (HR. Bukhari)

Mewaspadai tidak berarti memutus pertemanan buat selamanya. Apalagi menyebar hawa permusuhan dan kebencian. Karena boleh jadi, sifat buruk bisa berubah baik. Sebagaimana, baik menjadi buruk. Kontribusi sebagai seorang teman mesti terus mengalir. Paling tidak, dalam bentuk doa

Melakukan hal yang terbaik aja untuk menjaga hubungan yang tetap baik sama teman....
Nggak hanya dikala senang aja kita ada untuk merka, tapi dikala susah pun kita harus selalu disampingnya

Berteman dan bersaudara memang menjadi sebuah kenikmatan tersendiri buat seorang mukmin. Pertemanan seperti itu tidak hanya bermanfaat di dunia, tapi juga di akhirat. Begitulah sabda Rasulullah saw., “Sesungguhnya Allah pada Hari Kiamat berseru, ‘Di mana orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku? Pada hari ini akan Aku lindungi mereka dalam lindungan-Ku, pada hari yang tidak ada perlindungan, kecuali per-lindungan-Ku.” (HR. Muslim)

Maka sangat tepat sekali jika boleh pilih asal jangan salah pilih.Setuju kan?
Bagaimana pandangan Anda dalam berteman?makasih mas Muhammad Nuh untuk motivasi artikelnya, Semoga meberokan motivations yang bermanfaat bagi kita semua amien,salam blogger sukses dan terima kasih.


related Article:

116 Was Commented to “Jangan Salah Pilih”

  • April 29, 2011 at 5:34 AM

    Wahhh... setujuuuu... bener Mbak !!!!

  • April 29, 2011 at 5:54 AM
    Ray Ferdian says:

    setuju mba...karena kalo kita berteman dengan orang baik insya allah berada di dalam lindungan allah..amin :) nice post..

  • April 29, 2011 at 6:23 AM
    Gudang Blog says:

    setuju... kalau kita berteman sama orang pintar maka kita ikut pintar.. kalau kita berteman sama teman yg jahat nanti kita bisa ikut jhat. maka pintar2lah memilih teman

  • April 29, 2011 at 6:45 AM
    Nurul Imam says:

    weeh berarti sy salah pilih temen donk bertemen ama mbak dhana... hehehhe Oia aya Jadi pindah engine nih. yang nurulimam.info sy pake WP dan yang nurulimam.co.cc sy pake Blogger. abis mbak dhana kan lebih suka ama yang co.cc hehehhe

  • April 29, 2011 at 8:05 AM
    Usman Jambak says:

    Hmmmm...lama tak berkunjung....
    Sangat setuju saya mbak, terkait postingan ini saya teringat sebuah hadits yang dulu sering saya bawakan dalam kehidupan ketika di Pesantren dulu, yuk kita simak bunyinya.....
    "Berkawan seorang bodoh yang tidak memperturutkan hawa nafsunya, jauh lebih baik daripada dengan berkawan seorang 'alim yang selalu memperturutkan hawa nafsunya." (Ibnu Atha'illah)....

    Semoga saja Allah SWT selalu mengirimkan sahabat2 yang akan menopang tindakan dan prilaku kita ke arah yang lebih baik....Amin

    Salam
    Usman Jambak

  • April 29, 2011 at 8:07 AM
    asuransioke says:

    salam sahabat, alhamdulillah mba ada posting ini, memilih teman jangan salah pilih ini tepat sekali. Jika menurut saya pribadi bagaimana menjadi teman baik sbb :
    1. Tidak mengancam eksistensi teman
    2. Tidak akan membuka aib teman
    3. Berani mengkoreksi dengan cara baik, apalagi ini diminta oleh teman
    4. Berpikiran dalam hati sendiri apa yang dapat kita berikan untuk teman kita
    5. Berusaha menyenangkan teman, walaupun dalam bentuk sapaan akrab

    Maaf mba ini hanya sebuah hasil praktek, tidak ada maksud untuk menggurui siapapun (ini untuk saya sendiri)

    Alangkah indahnya jika hal-hal sederhana diatas ada pada diri kita.... MANTAP

  • April 29, 2011 at 8:10 AM

    Hadits dari mas Usman J, mantap sekali boleh d jika mas Usman kita panggil pak Kiyai saja, bagaimana mas Usman Jambak ?

  • April 29, 2011 at 8:13 AM

    Salam sahabat, setuju mba dengan posting, jika kita berteman dengan orang baik insya-Allah kita menjadi orang baik. Berteman dengan penjual minyak wangi kita kecipratan wanginya....... hehehe.... ini hanya untuk menambah wawasan " Kren dan Top postingnya

  • April 29, 2011 at 8:39 AM
    aryadevi says:

    berteman memang jangan pilih-pilih, tapi dengan catatan: pribadi bisa kuat dengan prinsip, kalau mudah dan cepat terpengaruh kearah negatif...nah ini berarti individu tsb. harus memilah dan memilih teman dalam pergaulannya.
    Secara kasat, memang perilaku seseorang bisa dilihat dari siapa dia berteman dan bergaul, ini cuma pendapat pribadi tidak lebih dan tidak kurang ^_^

    salam Mba Dhan Arsego

  • April 29, 2011 at 8:44 AM
    Admin says:

    hmm smoga saya ndak salah pilih kalau Dhana jadi temenku nihh xixiix...!

  • April 29, 2011 at 8:54 AM
    Gaphe says:

    sebenernya batasan memilih teman asal dalam kondisi yang wajar saya rasa memang suatu keharusan. bukankah memang teman dan lingkungan lah yang akhirnya membentuk dan menentukan juga menjadi seperti apa kita?.. jadi, pilihlah yang benar-benar baik ^_^

  • April 29, 2011 at 9:23 AM

    Betul mbak boleh pilih-pilih tapi jangan salah pilih.

  • April 29, 2011 at 10:06 AM

    Subhanallah, berteman minyak wangi bau minyak wangi ya...

  • April 29, 2011 at 10:14 AM

    semoga teman yg berada di dekat kita adalah orang2 yg di beri perlindungan kelak dengan mencintai sesama karena keagunganNYA

  • April 29, 2011 at 10:15 AM
    nova 13 says:

    Kita mesti selektif untuk berteman, jadi jangan sampai salah memilih teman..

    postingan yang bagus ^_^

  • April 29, 2011 at 10:40 AM

    bener juga tuh mbak, jangan sampai pilih teman gan , harus pilih teman yang baik kaya mbak arsega hehe

  • April 29, 2011 at 10:43 AM

    Hidup ini penuh dengan pilihan, dan kita bebas memilih apapun. Saya setuju untuk tidak salah pilih

  • April 29, 2011 at 11:12 AM

    Semoga pertemananku bermanfaat :)

  • April 29, 2011 at 11:22 AM
    parfum says:

    Sangat Setuju :)
    memilih yg tepat semoga terpilih dan mendapatkan yg tepat pula.. salam kenal ^_^

  • April 29, 2011 at 1:04 PM
    eko says:

    yups, terkadang ada yang suka menjerumuskan :D

  • April 29, 2011 at 1:31 PM
    id-yansoft says:

    saya setuju dgn tulisan anda :)

  • April 29, 2011 at 1:44 PM
    eko tri says:

    kadeng teman kadang lawan :_)

  • April 29, 2011 at 2:16 PM

    Matntab mbak. Bener tuh. klo mo cr temen emang kudu hati2. Apalagi skrg ada isu NII.. hhh -_-

  • April 29, 2011 at 3:13 PM

    Some blogs really attract me and your blog one of them.

  • April 29, 2011 at 3:36 PM
    Joko Sutarto says:

    Musuh paling berbahaya adalah teman (sahabat) dekat kita. Rasanya perkataan itu benar karena sahabat kita adalah orang yang paling tahu dan mengerti dengan sangat lengkap apa-apa kelebihan dan kekurangan kita. Dia bisa menggunakan itu sebagai senjata untuk menjatuhkan kita kalau suatu saat dia tidak suka sama kita. Benar?

  • April 29, 2011 at 3:42 PM

    pokoke setuju mbak..
    dan akhirnya ku memilih siti (ga nyambung yang penting disambung .. he he
    met sore mbak dhana :D

  • April 29, 2011 at 3:43 PM
    harto says:

    kalo saya sangat setuju mba? pasti deh saya g salah pilih kalo berteman sama mba dana.... xi xi xi

    semoga sukses selalu n TETAP SEMANGAT

  • April 29, 2011 at 4:49 PM
    Nabil Ftd says:

    Saya setuju banget mbak Dhana dengan artikel mb. Kita harus pintar pilih-meilih teman dalam kehidupan kita ini. Karena jika kita mendapatkan teman yang jelek, itu bisa menjerumuskan kita. Namun, jika kita mendapatkan teman yang baik insya'allah kita akan mendapatkan hal yang baik dan menyenangkan. Betul kan mb. hehe

    Salam,
    Bloggerpedia

  • April 29, 2011 at 5:11 PM

    @Pradisz Wardhana makasih mas

  • April 29, 2011 at 5:12 PM

    @Ray Ferdian benar mas, makasih ya

  • April 29, 2011 at 5:15 PM

    @Gudang Blog benar mas, makasih

  • April 29, 2011 at 5:17 PM

    @Nurul Imam ya gak papa pindah mas

  • April 29, 2011 at 5:19 PM

    @Usman Jambak makasih ya mas

  • April 29, 2011 at 5:20 PM

    @asuransioke makasih tambahan pengalamannya mas

  • April 29, 2011 at 5:22 PM

    @Inspiration OnLine benar juga mas hehe

  • April 29, 2011 at 5:23 PM

    @Sepak Bola News = Soccer 足球新闻 makasih ya mas

  • April 29, 2011 at 5:24 PM

    @aryadevi makasih ya mas

  • April 29, 2011 at 5:26 PM

    @Admin amin

  • April 29, 2011 at 5:27 PM

    @Gaphe makasih ya mas

  • April 29, 2011 at 5:29 PM

    @Blogger Media makasih ya mas

  • April 29, 2011 at 5:30 PM

    @Cerita Dewasa makasih mas

  • April 29, 2011 at 5:31 PM

    @Retno Novitha S amin

  • April 29, 2011 at 5:33 PM

    @nova 13 makasih

  • April 29, 2011 at 5:34 PM

    @obat alami diabetes hehehe makasih

  • April 29, 2011 at 5:35 PM

    @HALAMAN PUTIH makasih

  • April 29, 2011 at 5:36 PM

    @ZeLika_Merry Mempawah amin

  • April 29, 2011 at 5:36 PM

    @parfum makasih, salam kenal balik

  • April 29, 2011 at 5:38 PM

    @eko benar mas, makasih

  • April 29, 2011 at 5:39 PM

    @id-yansoft makasih

  • April 29, 2011 at 5:40 PM

    @eko tri jadi memang perlu waspada mas

  • April 29, 2011 at 5:42 PM

    @Naufal Aminur Rahman hehe iya mas

  • April 29, 2011 at 5:43 PM

    @Rapid Prototyping Services thank you

  • April 29, 2011 at 5:44 PM

    @Joko Sutarto iya mas, makasih

  • April 29, 2011 at 5:45 PM

    @alkatro memilih mat sore, makasih

  • April 29, 2011 at 5:46 PM

    @harto makash mas

  • April 29, 2011 at 5:47 PM

    @Nabil Ftd benar....makash ya

  • April 29, 2011 at 6:11 PM
    safru says:

    Setujuuuuuuuuuuuu
    wah paling bontot nich rupanya

  • April 29, 2011 at 8:44 PM

    mencari teman yang bener-bener baik memang susah .... karena makin langka pula orang baik yang ditemukan, menurut aku. kadang seseorang dalam berteman punya standar nilai tertentu, kadang aku tidak suka pada tipe orang seperti ini...

  • April 29, 2011 at 9:04 PM
    rezaprama says:

    teman = tempat kita bersandar

    jadi bisa membuat kita tegak dan disisi lain bisa membuat kita jatuh,,

    betul kan mbak ??

  • April 29, 2011 at 9:37 PM

    sangat setuju saya mbag dhana, benar apa yang dikatakan Rasulullah. tapi saya tidak sedikit juga teman yang nakal tapi saya anggap itu teman biasa sekedar teman sekelas.

    beda lagi kalao itu teman yang baik agama, akhlak dan perilakunya. saya menganggapnya menjadi sahabat.

  • April 29, 2011 at 9:47 PM

    waduh ampe ketinggalan
    salam kenal mbg dhana, sudi kiranya berkunjung ke blog saya.

    lebih senang lagi jika mbg dhana meninggalkan komentar di blog saya terutama tentang sejarah pocari sweat. sukran mbg.. sukses selalu.

  • April 30, 2011 at 3:16 AM

    Setuju Sob ! Karena diahir jaman ini sulit mencari teman atau sahabat yang dapat dipercaya. Rasa kepercayaan sudah mulai menipis dikalangan kehidupan bermasyarakat, dan banyak teman atau sahabatyang dikecewakan oleh sahabatnya sendiri.

    Semoga kita tidak salah dalam memilih teman, khususnya teman untul hidup ya Sob !

    Sukses selalu

    Salam

    Ejawantah's Blog

  • April 30, 2011 at 7:36 AM

    terimakasih banyak nih mbak informasinya, bener tuh mbak kita harus bener2 bisa memilih teman yang baik , jangan samapai salah pilih , entar gak lulus hehehe

  • April 30, 2011 at 7:55 AM

    Semoga aja aku g salah pilih teman mbak..............

  • April 30, 2011 at 8:00 AM

    Sudahkah saya menjadi teman yang baik ya?
    salam

  • April 30, 2011 at 9:48 AM

    kalau pilih teman memang sih harus..hati-hati, tp kalau sudah berteman jangan terlalu kelebihan suatu saat bisa menyakiti kita, dan jangan terlalu membenci kepda orang lain siapa tahu dia bisa menjadi penolong

  • April 30, 2011 at 10:34 AM
    Multibrand says:

    Saya setuju dengan pendapat anda.

    Blog anda menarik untuk dibaca karena itu saya telah follow blog anda di Google Friend Connect (No:1471).
    Silakan follow balik ya.

    http://www.multibrand.biz

  • April 30, 2011 at 11:08 AM

    pintar-pintar menyesuaikan dengan situasi dan kondisi, bergaul bebas dengan siapa saja, tapi yang disiasati dan dipilih adalah saat menyangkut masalah prinsip dan akidah, wah kalau yg satu ini harus tegas. Biar kata kita bergaul dengan teroris sekalipun tapi tetap dalam batas pertemanan sehari-hari biasa...bertegur sapa, ngobrol maslah-masalah umum dsbnya.

  • April 30, 2011 at 11:11 AM
    definisi IT says:

    sulit memang kalau mau ideal dalam berteman, yaitu " tidak boleh pilih-pilih teman, nanti kuper " ^_-^...tetapi dari pada nanti terpengaruh kearah yang rusak , misalnya...ya lebih baik pilah pilih ^_^

  • April 30, 2011 at 9:21 PM

    sapa kita, tergantung dari teman dekat kita...
    like this posting, lam kenal...

  • April 30, 2011 at 9:48 PM

    pertemanan sekarang ini semu mbak...pertemanan hanya berdasarkan kepentingan...hmmm...kok jadi curhat ya?

    hehee... :)

  • May 1, 2011 at 1:15 AM
    Taman Sambas says:

    Tidak Masuk surga jika seseorang memutuskan Talisilaturahmi,,,,nah untuk pertemanan biasanya memang lah harus pandai memilih mana yang layak utk di jadikan teman, jangan berteman dengan Teman yang akhirnya menikam dari belakang.

    Perkataan sahabat yg jujur lebih besar harganya daripada harta benda yg diwarisi dari nenek moyang.#Khalifah Ali bin Abi Thalib

    Jangan berteman yang hanya mau menemanimu ketika kamu sehat atau kaya, karena tipe teman seperti itu sungguh berbahaya sekali bagi kamu dibelakang hari.(Imam Ghozali).

  • May 1, 2011 at 2:17 AM
    asuransioke says:

    mampir di blog mba Dhana, rasanya artikel ini perlu saya baca lagi, postingya bagus mba..... sukses teruuuus ya mba

  • May 1, 2011 at 6:29 AM
    trafsilo says:

    assalamualaikum.... salm perkenalan dulu sebelum koment... add me .... sis.....

  • May 1, 2011 at 9:13 AM
    Aini Sastra says:

    betul banget mba. setuju

  • May 1, 2011 at 10:14 AM
    Anshari says:

    setujuh buanget tuh, sependapat,
    karna kunjungan pertama, salam kenal ajah.

  • May 5, 2011 at 7:39 AM

    bener sekali tuh mbak,, kalo milih teman jangan salah pilih harus yang my best friend

  • May 5, 2011 at 9:55 AM

    Wuih, setuju-setuju deh mbak, zan kayak gini sulitnya nyari orang yang dapat dipercaya

  • May 9, 2011 at 3:25 PM

    moga kita bisa memilih teman yang lebih baik dan pengertian,,

  • May 9, 2011 at 3:27 PM

    menjalin persahabatan harus lah bisa memilih milih jangan sampai kita terjebak dan malah merugikan diri kita sendiri,,,

  • May 11, 2011 at 1:58 PM

    betul sekali tuh mbak jangan sampai salah pilih, makasih banyak buat infonya

  • May 11, 2011 at 7:30 PM
    toko sepeda says:

    berteman memang perlu pilih2 dalam artian positif, thx infonya

  • June 21, 2011 at 10:28 AM

    stuju bgt tuh mbak, klo mlih tmen itu harus lbih slektif,.salah pilih bisa2 malah terjerumus ke hal yang ga bner,.

  • July 8, 2011 at 2:55 PM

    siip bener banget!!! kita mesti berhati-hti dlm memlih teman,, kalo kgx akbt'y patal juga

  • December 19, 2011 at 10:53 AM

    semoga kita semua tidak salah untuk memilih teman...
    terimakasih atas motivasi nya.

  • December 19, 2011 at 11:07 AM

    salah pilih teman bisa membuat hidup kita menjadi berantakan.

  • December 19, 2011 at 11:20 AM

    berteman memang harus memilih..
    tapi jangan terlalu pilih-pilih.

  • December 19, 2011 at 12:18 PM

    teman bisa memberikan kebaikan dan juga bisa memberikan keburukan jadi jangan sampai kita salah untuk memilih teman.

  • April 18, 2013 at 9:43 AM

    Menentukan pilihan kadang terasa sulit, minta petunjuk kepada Alloh merupakan jalan terbaik

  • October 4, 2013 at 1:00 PM
    zian says:


    sukses terus gan,

  • November 23, 2013 at 12:57 PM

    tetap semangat..!!!

  • November 25, 2013 at 2:28 PM
    sprei says:

    saya suka tulisan "boleh memilih, tapi jangan salah pilih" simple menurut saya. Gunakan pengalaman berteman sebagai dasar dari memilih teman. Bukan hanya memilih teman , dalam segala hal pun selalu gunakan pengalaman serta informasi yang akurat agar tidak salah dalam memutuskan untuk memilih

  • December 2, 2013 at 2:42 PM

    必须说,总体来说,我真的很感动这个博客。这是很容易看到你热爱你的写作。如果我有你的写作能力我期待更多的更新,将被退回。

  • January 11, 2014 at 1:48 PM

    terima kasih atas informasinya

  • January 19, 2014 at 8:29 PM

    temen sejati melebihi saudara

  • January 29, 2014 at 2:04 PM

    info yang sangat menarik,makasih gan infonya,salam kenal end sukses.

  • April 21, 2014 at 1:13 PM

    Setuju ,, pilih-pilih teman memang penting :)

  • April 21, 2014 at 1:18 PM

    Karena, kita harus mempunyai teman yang benar-benar teman.

  • April 21, 2014 at 1:20 PM

    Teman itu bisa jadi segalanya :)

  • August 29, 2014 at 10:51 AM

    info yang bermanfaat

  • September 12, 2014 at 6:58 PM
    US News says:

    It is the best time to make a few plans for the long run and it's time to be happy. I've read this post and if I could I want to counsel you some interesting issues or suggestions. Perhaps you can write next articles relating to this article. I wish to learn even more issues approximately it!

  • September 12, 2014 at 7:03 PM
    US News says:

    Together with every thing that appears to be developing throughout this subject material, your points of view are generally quite exciting. Nevertheless, I beg your pardon, because I can not subscribe to your entire strategy, all be it refreshing none the less. It seems to us that your opinions are not totally validated and in simple fact you are generally yourself not thoroughly certain of the assertion. In any event I did appreciate reading through it.

  • November 4, 2014 at 4:32 AM

    oke makasih nasehatnya

  • January 31, 2015 at 11:03 AM

    Informasi yang bagus, mantap :D

  • February 15, 2015 at 10:34 PM

    saya suka tulisan "boleh memilih, tapi jangan salah pilih" simple menurut saya. Gunakan pengalaman berteman sebagai dasar dari memilih teman. Bukan hanya memilih teman , dalam segala hal pun selalu gunakan pengalaman serta informasi yang akurat agar tidak salah dalam memutuskan untuk memilih....
    Jasa SEO Murah
    Hy Kontes
    Agen Sundul
    Pembesar Penis
    Obat Kuat Jogja
    Shar4rt
    Obat Aborsi
    Obat Pembesar Penis
    Obat Pembesar Penis
    Vimax
    Vimax Asli
    Obat Sex
    Obat Pembesar Penis
    Obat Pembesar Penis
    Alat Bantu Sex
    Vimax Asli
    Obat Pembesar Penis
    Obat Kuat
    Paket Wisata Pulau Tidung
    Vimax Asli Canada
    Cerita Sexs
    Cerita Sex
    Cerita Sexs
    Foto Bugil
    Obat Kuat Viagra Usa
    Viagra Terbaik Di Dunia
    Obat Kuat Cialis

  • February 18, 2015 at 10:04 PM

    thank you of some of the articles I find this is one of the very interesting article to read, I like this

  • June 6, 2015 at 8:28 PM

    sambil nunggu #uclBerlin mending main #poker88 atau #kiukiuonline dulu bosku.. segera kunjungi www.situspoker88.com pilih #agenpoker atau #agendomino pavorit kamu

  • December 7, 2015 at 2:07 PM

    bener banget...

  • March 1, 2016 at 7:12 AM

    In dreams you don't need to make any distinctions between things. Not at all. Boundaries don't exist. So in dreams there are hardly ever collisions. Even if there are, they don't hurt. Reality is different. Reality bites. Reality, reality.

  • April 3, 2016 at 5:00 PM

    artikel yg bagus kaka

  • April 3, 2016 at 5:00 PM
    fritadoo says:

    artikel yg bagus kaka

  • April 3, 2016 at 5:04 PM

    izin sedot ya kaka

  • April 3, 2016 at 5:05 PM
    FapMp3 says:

    makasih ya kaka

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo