16 August, 2009

20 Dolar Membuatku Sadar

Segala Puji hanya milik Allah di Langit dan di Bumi memuji kebesaranNya amien.

20Dolar membuatku sadar
''Sungguhnya Allah mempunyai karunia terhadap manusia ,tetapi kebanyakan manusia tidak mau bersyukur(Q>S.Al-Baqarah 243)'' Ayat di atas memberikan gambaran yang begitu relevan dengan apa yang kualami. Sepulang kerja kali ini aku bersama temanku menyempatkan ingin mengecek uang gajian hasil kerja lembur beberapa minggu ini,sebelum menuju di sebuah bank temanku dihampiri seorang wanita pengemis bersama putri kecilnya.


Wanita pengemis itu berkata,''beri kami sedekah..mbak..!'
akhirnya temanku mengeluarkan uang receh 10dolar. Wanita pengemis itu menerimanya,tatkala melihat jumlahnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya,ia kemudian menguncupkan jari-jari yang terkuncup itu ke arah mulutnya,kemudian ia memegang kepala anaknya seolah ia berkata
''Aku dan anakku ini sudah beberapa hari tidak makan,tolong beri kami sedekah untuk bisa membeli makanan''.


Mendapati isyarat itu,temanku-pun membalas isyarat dengan gerak tangannya seolah berkata
''Tidak...aku tidak akan memberi tambahan sedekah untukmu!'' 
Meski ia tak menambahkan sedekahnya malah menuju ke sebuah toko makanan. 


Pada waktu yang sama aku berjalan menuju ke arah ATM centre guna mengecek saldo.Cepat langsung aja kupencet tombol INFORMASI SALDO,sesaat kemudian muncullah beberapa digit yang membuatku menyunggingkan senyum kecil di bibir..Ya..uang lembur sudah masuk dalam rekeningku.Aku menarik uang ribuan dolar ,pecahan 500dolar kini menumpuk di dompetku. 


Lalu ada 1 lembar uang berwarna biru muda yang bernilai dolar 20 dolar aku tarik dari dompet.kemudian uang itu aku lipat menjadi kecil dan berniat untuk berbagi dengan wanita pengemis yang tadi meminta tambahan sedekah. Saat menrima uang tersebut alangkah girangnya wanita pengemis itu,ia berucap syukur pada Allah dan berterima kasih padaku dengan kalimat-kalimat penuh kesungguhan: ''AlhamduLillah...AlahmduLillah...AlhamduLillah...Terima kasih Mbak!semoga Allah memberikan rezeki yang berlipat untuk Mbak dan keluarga.Semoga Allah memberi kebahagiaan lahir dan bathin.Diberikannya karunia keluarga sakinah,mawadah,warahmah,Semoga Mbak juga diberikan kedudukan yang terhormat kelak nanti di Surga...!'' 


Aku tidak menyangka ia akan melontarkan respon yang begitu membuatku terharu.Tidak kusangka bahwa wanita tadi hanya akan mengucap terima kasih saja,namun apa yang diucapkannya sungguh membuatku terpukau dan membisu,apalagi saat mendengar wanita itu berkata pada putri kecilnya,


''Dhek..alhamduLillah kita bisa makan juga...!'' Ya Allah...deggg....rupanya wanita tadi sungguh berharap tambahan sedekah agar bisa makan.bergegas wanita itu menuju warung makan. 
Dia hanya menerima 20dolar saja sudah sedemikian hebatnya bersyukur.Padahal aku sebelumnya melihat di ATM saat aku mengecek saldo dan ternyata disana ada jumlah yang mungkin ratusan bahkan ribuan kali lipat dari 20 dolar ,saat aku melihat saldo itu,aku hanya mengangguk-angguk dan tersenyum.Aku terlupa bersyukur dan aku lupa berucap Hamdalah. ''Aku malu pada Allah..!Dia terima hanya 20 dolar begitu bersyukurnya kepada Allah dan berterimakasih kepadaku,Kalau memang demikian siapakah yang pantas masuk Syurga Allah,apakah dia yang menerima 20 dolar dengan syukur yang luar biasa,ataukah aku yang menerima jumlah jauh lebih banyak dari itu namun sedikitpun aku tak berucap hamdalah..'' Aku mengakhiri kalimat dengan terbata-bata dan beberapa kristal bening membasahi pipiku,ya Allah ampunilah kami para hamba-Mu yang suka lalai atas segala nikmat-Mu...


Semoga Allah memberikan kita nikmat Rizki yang berkah melimpah tak lupa disisihkan untu bersedekah dengan ikhlas dan hanya mengharap Ridha Allah semata.Amien.


Semoga kisah nyata ini menjadikan renungan yang bermanfaat amien.





related Article:

18 Was Commented to “20 Dolar Membuatku Sadar”

  • August 16, 2009 at 9:23 AM

    www.advancedhairdesign.net, information on advanced hair design, advanced hair color, spiral perm rods, buy goldwell hair color here.

  • August 16, 2009 at 12:26 PM

    thnxs...alot visited my blog....be smart man

  • October 31, 2011 at 10:58 AM
    Clommot says:

    Manusia tersadar ketika ada yang mengingatkan, Bersyukiurlah orang yang pandai menerima teguran dengan lapang dada. Salut buat Mbak Dhana.

    Tidak ada daun kering yang terjaruh dari pohonnya kecuali dengan Izin Allah subhanahu wata`ala.

  • January 25, 2012 at 3:41 PM

    nice post mba... thx udah mengingatkan...

  • January 25, 2012 at 3:49 PM

    klo sedekah 1 diganti dengan 10

  • January 25, 2012 at 3:49 PM

    ayo mari kita bersedekah..

  • January 30, 2012 at 12:54 PM

    kadang jika kita diberi kelebihan oleh allah swt kita lupa untuk mengucapkan syukur kepada NYA...
    namun berterimakasihlah jika ada orang yang bisa membuat kita ingat untuk bersyukur atas apa yang telah allah berikan kepada kita.

  • January 30, 2012 at 2:08 PM

    renungan yang sangat bagus dan bermanfaat....
    thanks yah mba...

  • January 30, 2012 at 2:30 PM

    semoga kita bisa selalu ingat kalo sebagian dari harta kita ada hak milik orang lain.

  • January 30, 2012 at 2:56 PM

    semoga kita rajin bersedekah...
    karena bersedekah tidak membuat harta kita menjadi berkurang.

  • December 13, 2012 at 5:06 PM

    Alangkah senangnya ...... bisa membahagiakan orang lain

  • January 11, 2013 at 8:40 AM

    jangan lupa sisihkan sedikit penghasilan kita untuk orang-orang yang ada dibawah kita yang sangat membutuhkan dan memberikannya dengan hati yang ikhlas..

  • August 27, 2013 at 12:26 PM

    kita memang harus selalu bersyukur atas rezki yang diberikan allah baik kecil maupun besar. makasih mbak artikelnya sangat menginspirasi..

  • September 12, 2014 at 6:56 PM
    US News says:

    hello there and thank you in your info - I have definitely picked up anything new from right here. I did however expertise some technical points using this website, as I skilled to reload the website many times prior to I may get it to load properly. I have been thinking about in case your web host is OK? Now not that I am complaining, but sluggish loading cases instances will very frequently affect your placement in google and can damage your high quality score if ads and ***********|advertising|advertising|advertising and *********** with Adwords. Well I am including this RSS to my e-mail and could look out for a lot more of your respective fascinating content. Ensure that you update this again soon..

  • September 12, 2014 at 7:02 PM
    US News says:

    Today, I went to the beachfront with my kids. I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said "You can hear the ocean if you put this to your ear." She placed the shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear. She never wants to go back! LoL I know this is completely off topic but I had to tell someone!

  • January 9, 2015 at 11:12 AM

    Informasinya sangat menarik dan bagus, memberikan manfaat. Terima kasih

  • October 27, 2016 at 4:17 AM
    Rudy Lay says:

    Super website with a great sharing and amazing stories is ur web.. please keep doing what u do now.. thanks to you.
    Agen Bandarq

    Agen domino

    Domino Online

    agen Bandarq

    Bandar domino99
    agen domino online

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo