09 August, 2009

Ramadhan


RAMADHAN-KU DI HATI
Memasuki gerbang Ramadhan,berarti memasuki gerbang pertapaan dan latihan.Oleh sebab itu sudah selayaknya sebelum kita melangkahkan kaki,kita akan menyiapkan perbekalan-perbekalan yang diperlukan dengan menyediakan diri dan merawat bibit-bibit amalan-amalan yang akan kita tanam di bulan Ramadhan nanti. Dari dua belas bulan yang ada dalam kalender Islam,bulan Ramadhan mendapatkan gelar sebagai Sayyidus Syuhur(pemimpin seluruh bulan).Alasan mengapa mendapatkan gelar tersebut diantaranya:
  • Karena Ramadhan di pilih Allah sebagai bulan tempat turunnya Al-qur'an.''Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan,bulan yang di dalamnya diturunkan Al-qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenahi petunjuk itu dan pembeda(antara yang Hak dan yang Bathil).(Qs.Al-Baqarah:185)
  • Karena di dalam Ramadhan ada satu malam yang nilainya labih baik daripada seribu bulan yang disebut dengan lailatul qadar yang terutama pada malam-malam ganjil di malam sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan(21.23.25.27 dan 29).Seperti Allah menyembunyikan ajal manusia,supaya kita selalu dalam persiapan,begitu pula Allah menyembunyikan lailatul qadar,tidak ditegaskan malamnya,tidak lain supaya kita berusaha mencarinya,meningkatkan ibadah
  • Karena kebaikan di bulan Ramadhan di nilai berlipat ganda,sebagaimana rasulullah besabda:''kalau sekiranya umatku mengetahui apa-apa(kebaikan) di dalam bulan Ramadhan niscaya merekan akan menginginkan agar sepanjang tahun semuanya menjadi Ramadhan.''(al-hadits)
  • Karena di bulan Ramadhan kebaikan berkumpul,ketaatan diterima,do'a-do'a dikabulkan,dosa-dosa diampuni dan Surga rindu kepada mereka yang berpuasa Ramadhan.oleh karena itu seorang Muslim harus menyambut kedatangan Ramadhan dengan penuh kegembiraan.
Sebagaimana firman Allah dlam sebuah hadits Qudsy:''puasa itu milik-Ku(Allah)''.Mengutip pendapat ahli tafsir Indonesia Dr.Quraisy Shihab,hadits Qudsy diatas adalah sebagai isyarat bahwa orang-orang yang berpuasa itu sesungguhya sedang meneladani sifat-sifat Allah. Dengan begitu adakah alasan lain untuk menyia-nyiakan bulan suci Ramadhan???


related Article:

5 Was Commented to “Ramadhan”

  • February 4, 2013 at 7:21 AM

    Ramadan bulan penuh keberkahan

  • January 31, 2015 at 10:55 AM

    Informasi yang sangat bermanfaat, terima kasih

  • April 23, 2015 at 7:33 AM

    Hello There. I discovered your blog the use of msn. That is a very well written article. I will make sure to bookmark it and come back to learn more of your helpful info. Thank you for the post. I will certainly return.

  • June 30, 2015 at 1:05 PM

    Ramadhan tahun ini juga semakin membuat kita semua menjadli lebih baik, saya setiap malam tidur menggunakan baju tidur yang nyaman.

  • July 1, 2015 at 11:44 AM

    Artikel yang anda bagikan ini sangat inspiratif sekali, terimakasih sudah berbagi artikel bagus seperti ini, god job.

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo