27 September, 2009

cat rambut

Rambut di Cat/semir syahkah Sholat?
Minggu yang kadang membuatku seneng juga senep,kenapa Dhan?senengnya bisa dapetin uang tambahan karena partime job,senepnya kalo pas ada acara pengajian ga ikut hadir ujug-ujugnya bikin aku nyengir.Di satsiun Bis kali ini bener bener padat penumpangnya karena bertepatan dengan cewek-cewek yang pada holyday.Gerombolan cewek super acak-acak adut dandanan ga karuan,alah mak wong urip nonggo wae kakean polah ,lali negarane ngunu jarene he..he..
''wah rambutmu bagus  loh mbak ,semir yang serasi dengan kulit coklat kamu he..he..''sapa rekannya
''aduh masa sich...seneng banget hari ini,bener nich bagus sob??''tanya dia 
''iya bagus loh rambut semiran kayak pakai cat aja,tambah kaku dan njegrik nuh''sambil mengelus rambut yang warna-warni kaku juga he...he...''ini kalo tahu putih jatuh pasti langsung nancap ajur hiks..hiks...''cibir dia dengan suara lirih.
''kamu muslim kan?lha gimana kalo sholat,masa menghadap Tuhan dengan gituan?''
''heh biar penampilan gini yang pebting hati ga ikut beleborang kayak orang edan''
''huts...!tanya bu nyai di sebelahmu'',''Bu Nyai gimana hukumnya ,boleh ga sich mamakai pewarna rambut bila sholat,syahkah sholatnya''tanya dia kepadaku,jelas saja aq kaget ujug-ujug nyelonong tanya dan sambil mangingat-ingat aku jelaskan.
''lihat dulu jenis pewarna rambut itu,kalau diyakini bahayanya bukan berasal dari barang najis,maka boleh-boleh aja kok dan sholatnya syah kok,walaupun pada hakekatnya hukumnya makruh.Pada jaman Rasulullah Saw,pewarna rambut boleh dipakai hanya dalam keadaan perang/jihad yang bertujuan untuk penyamaran supaya musuh (orang kafir)melihat orang Islam itu muda,padahal mereka sudah tua dalam arti rambut putih pasukan Islam diwarnai hitam.
Dalam istilah Fiqih,sesuatu yang tercela hukumnya makruh.Orang yang mempunyai rambut ikal bergelombang lantas ia menuruti mode dengan diluruskan,rambutnya memakai obat-obatan atau lainnya,maka hukumnya makruh,karena merubah keadaan alamiah yang diciptakan Allah Swt atas diri seseorang,kenapa tidak menerima pemberian Allah Swt dengan apa adanya?''
kliwis-kliwis mereka berdua duduk menjauh sementara aku hendak turun bis dekat dengan tempat kerjaku.
Entah bagaimana peberimaan mereka atas jawabanku tadi,mungkinkah mereka sadar?atau malah pudar dan tetep dg penampilan glamour???ah biarlah Allah yang Tahu,yang penting aku tidak menambah dan mengurangi,namun apa adanya gitu aja(konsultasi Fiqih di Asuh oleh Bpk.KH.Ali Yafi)




related Article:

16 Was Commented to “cat rambut”

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo