01 October, 2009

gempa di SumBar



DI GOYANG LAGI???
Ya Allah lagi lagi bencana menimpa negri tercinta...
Setelah terjadinya Gempa tektonik berkekuatan 7,6 Skala Richter (SR) Sumatra Barat (Sumbar) pada Rabu pukul 17,16 WIB warga yang berada di daerah pesisir Kabupaten Bengkulu Utara mulai melakukan jaga malam."Warga pesisir Bengkulu berjaga malam pascagempa tersebut karena takut terjadinya tsunami. Tempat tinggal warga sangat dekat dengan bibir pantai berjarak hanya 30 meter," kata Udin, warga yang berjaga malam di Desa Serangai, Kecamatan Batik Nau, Kabupaten Bengkulu Utara, Rabu malam (30/9).Ia mengatakan, warga yang terutama pria melakukan jaga malam untuk bersiap-siap membangunkan keluarga bila terjadinya kembali terjadi gempa besar. Beberapa warga mulai berdatangan untuk berrsama-sama melakukan ronda malam dan sesekali mengecek air pantai dikhawatirkan terjadi tsunami.

Sebagian warga tidur di rumah tetangga untuk berkumpul dan sebagian membawa kasur ke luar rumah, sebagai antisipasi kalau getaran gempa itu akan lebih besar dan memaksa mereka harus tidur di luar rumah. "Kami sekeluarga membawa kasur untuk antisipasi kalau gempa ini akan besar, dan mengharuskan kita tidur di tempat yang lebih tinggi," kata Budi salah satu warga Desa Serangai.Ia menambahkan, setelah mendengar keterangan yang diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  gempa tersebut terjadi pada episentrum 0,84 lintang selatan (LS) dan 99,65 bujur timur (BT) warga menjadi cemas karena berkekuatan 7,6 Skala Richter (SR).

Samsul, salah satu warga Desa Urai, Kecamatan ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara mengatakan, setelah terjadinya gempa warga secara swadaya melakukan jaga malam untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan. "Pusat gempa itu berada pada 57  Km barat laut Pariaman Provinsi Sumbar dengan kedalaman 71 Km cukup dekat dengan Bengkulu dan warga harus waspada," katanya.Hingga Rabu malam warga masih melakukan kegiatan ronda bersama warga lain yang berada dekat dengan pantai.
Semoga warga yang ditinggalkan sabar dan tabah menjalaninya,semua ini ada hikmah,Ya Allah jagalah negri kami dari bencana...


related Article:

18 Was Commented to “gempa di SumBar”

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo