05 October, 2009

makan bersama

Makan Bersama, Kenyangkan Perut Tenangkan Jiwa 


Teringat keluarga di kampung saat saat bersama berkumpul,kangen tenen aku iki......Kegiatan makan bersama dengan seluruh anggota keluarga, seakan makin terlupakan. Tuntutan aktivitas orangtua dan anak, menjadi salah satu alasan menampikkan kebiasaan tersebut. Padahal makan bersama memiliki manfaat psikologis, dari hanya sekedar mengenyangkan perut. Hal itu diungkap oleh Pakar Psikologi Universitas Indonesia, Rose Mini Adi Prianto yang biasa disapa dengan Mbak Romi, dalam diskusi bertajuk "Ayo Makan Bersama" yang digagas Rose.Menurut Romi, makan bersama bukanlah sekedar mengenayangkan perut tapi juga menyenangkan jiwa. Emosi positif lantas muncul dengan sendirinya. Dengan begitu, keharmonisan dan kekuatan dalam keluarga mudah terwujud.


Dia menilai, masyarakat Indonesia masih menganggap remeh ritual makan bersama. Padahal makan bersama bukan sebatas ritual basa-basi belaka. Lebih dari itu, Rose melihat makan bersama ibarat ibadah kepada yang Maha Kuasa. Dia berani berkata demikian lantaran kekuatan didalamnya mampu menyeimbangkan pikiran."Masing-masing anggota seolah memiliki wadah yang seharusnya. Rasa ragu dan segan seolah sirna," singkatnya.Namun, Romi menggarisbawahi pola komunikasi dan kedekatan antara keluarga turut mempengaruhi kualitas. Menurutnya, pola komunikasi dua arah dengan menunjukan rasa empati terhadap lawan bicara dirasa penting guna menghadirkan pembicara berkualitas. "Percuma, bila komunikasi terkesan kaku dan searah. Karena tujuan dari komunikasi urung terjadi," kata dia.

"Memahami pikiran dan hati lawan bicara tentu akan membuat komunikasi berjalan efektif dan interaksi timbal balik. Ini yang justru menciptakan suasana harmonis dan intens pada setiap anggota keluarga," tambahnya.

Hal senada dikatakan oleh Pakar Sosiologi Keluarga dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia, Erna Karim. Dia menuturkan, makan bersama keluarga tanpa disadari memiliki fungsi penting yaitu, mengenalkan diversifikasi makanan pada anak, membentuk pola sih anak dan mengikat kebersamaan suatu keluarga dalam masyarakat. Belum lagi, pola kasih sayang antar keluarga bisa tercermin dalam makan bersama.
"Fungsi-fungsi seperti itu yang akan membentuk pola harmonis dalam keluarga dan menghindarkan diri dari masalah seperti kasus suami tidak bertanggung jawab, ekonomi, cemburu, kekerasan dan poligami," tuturnya.

Komunikasi
Peran kedua orangtua memahami anak-anaknya sangat diperlukan. Apalagi, budaya timur yang berlaku di Indonesia masih menempatkan orangtua pada posisi yang tinggi dan menentukan. "Berbeda dengan budaya barat yang sejajar. Maka dari itu, awal komunikasi berasal dari orang tua," tegasnya.Romi menyarankan kepada para orang tua, saat menjalin komunikasi dengan para anggota keluarga perlu memperhatikan hal-hal semisal, observasi bahasa tubuh. Menurut ibu dari satu anak itu, pengetahuan terhadap bahasa tubuh bisa memudahkan orang tua memilih bahasa yang tepat dan cermat guna mencairkan suasana.
Tak lupa dia mengingatkan para orang tua agar menghindari intimidasi terhadap anak-anak. "Anak-anak biasanya tidak nyaman dengan kondisi seperti ini. Berlakukan anak sebagai teman atau sahabat, itu jauh lebih baik," katanya.

Tak hanya itu, perhatian terhadap jenjang pendidikan anak sebagai acuan pola komunikasi yang digunakan sangat penting. Menurut Rose, tidak mungkin gaya bahasa yang digunakan terhadap anak yang sedang menapaki jenjang SMA disamakan dengan anak yang berada pada jenjang TK. "Sebabnya, para orang tua tidak disarankan untuk menyama ratakan anak. Setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda dan karenannya memerlukan penanganan yang berbeda pula," tuturnya.Meski begitu, Rose turut mengingatkan agar makan bersama tidak dijadikan sebagai satu-satunya momen berkumpulnya keluarga. Tetapi akan lebih baik manfaatkan juga momen lain semisal liburan bersama atau momen-momen lain dimana membutuhkan kehadiran anggota keluarga secara utuh. "Tidak semua masalah selesai di meja makan," pungkasnya.


related Article:

17 Was Commented to “makan bersama”

  • October 5, 2009 at 8:54 AM
    Zippy says:

    Makan bersama merupakan suatu kenikmatan yang luar biasa...
    Sampai sekarang masih terus dibudidayakan :)

  • October 5, 2009 at 11:01 AM
    NURA says:

    salam sobat
    wah enak mba,,makan bersama dan kumpul dengan seluruh anggota keluarga...
    walaupun apa makanannya,dimana tempat makannya,,,pasti lebih menyenangkan.

    anggota keluarga mba DANA semua berapa ?

  • October 5, 2009 at 12:35 PM
    Unknown says:

    lawatan kembali yuk. lebih kemesraan jika makan bersama keluarga.

  • October 5, 2009 at 1:06 PM
    Unknown says:

    @kak Zip>iya kak jadi pingin pulang kampung
    @kakNura>anggota keluargaku 3,si kembar dhana(aku)dhnay(adikku yg udah nikah n punya 1 putra)dan itu di profil ada gambar ortu n saudaraku.makasih ya kak
    @budak>iya kak makasih

  • October 5, 2009 at 9:16 PM

    makan bersama memang banyak manfaatnya, sudah sepantasnya orang tua jaman sekarang membiasakn tradisi tersebut.

  • October 5, 2009 at 10:11 PM
    andrii says:

    title nya kenapa malah pilih warna hitam...?!?!? kan jd gag kliatan judulnya :(

  • October 5, 2009 at 10:38 PM
    Rizkyzone says:

    aq jarang dan hampir g pernah nakan bersama, makan bersma cuma setahun sekali, itupu pas buka puasa dan sahur

  • October 6, 2009 at 5:36 AM
    barok says:

    hmmm jdi kngn ma keluarga d rumah neh.
    kpengen makan bareng lg, nikmat bngt rasanya.

    salam knal N persahabatan mbak

  • October 6, 2009 at 7:47 AM
    rio2000 says:

    makan bersama juga masih sering di lakukan oleh keluarga Indonesia - Insya Allah

  • October 6, 2009 at 8:41 AM

    makan bersama keluarga memang menyeronokkan....

  • October 6, 2009 at 12:34 PM
    IHSYAH says:

    saya sudah memfollow balik. salam blogger!

  • October 7, 2009 at 6:29 AM
    Ambar says:

    wah mba dhana sungguh menyenangkan ya memiliki keluarga yang harmonis seperti keluarga mba dhana.. hehehe

  • December 26, 2012 at 11:20 PM

    Makan bersama memang indah dan nikmat

  • January 5, 2015 at 4:01 PM

    betul mba ,,,

    disitu ada y komunikasi ,,,

  • January 5, 2015 at 4:02 PM

    setuju mba ....

  • January 5, 2015 at 4:05 PM
    stp biotech says:

    thx for share ..............

  • April 3, 2016 at 1:51 PM

    life's kind of like a painting. A really bizarre, abstract painting. You could look at it and think that all it is, is a blur. And you could continue living your life thinking that all it is, is just a blur. But if you really look at it, really see it, focus on it, and use your imagination, life can become so much more. The painting could be of the sea, the sky, people,buildings, a butterfly on a flower, or anything except the blur you were once convinced it was.

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo