01 December, 2009

Bersemangat Dalam Hidup




السلام عليكم جميعا ، والله معنا ، في بسم الله الرحمن الرحيم
Bersemangat Dalam Hidup

Semoga Allah yang Menggenggam langit dan bumi, membuka pintu hati kita semua agar dapat memahami hikmah di balik kejadian apapun yang menimpa. Dan, semoga Allah membimbing kita untuk bisa menyikapi kejadian apapun dengan sikap terbaik kita.Amien sob kok diem sich....
Saudaraku pernahkah anda  mengalami rasa kemunduran yang berakibat melemahnya semangat?Entah itu peristiwa jalinan asmara,menjalani hidup bahkan ngeblog  walah apa saja lah diperlukan semangat,ya jelas ta tanpa semangat  rasanya kurang banget iya kan????

Saudaraku, yang mahal dalam hidup ini adalah semangat dan kemampuan untuk mempertahankan semangat tersebut. Kita tidak akan pernah meraih apapun yang dalam hidup ini tanpa adanya semangat. Bahkan, kita pantas melupakan kesuksesan kalau kita tidak memiliki semangat.
Rahasia seorang pemimpin, rahasia seorang entrepreneur, dan seorang yang sukses adalah kemampuannya untuk selalu bersemangat dan mampu menularkannya pada orang lain. Dengan semangat yang menggebu, seseorang akan memiliki kemampuan untuk membaca peluang lebih banyak dibanding orang yang tidak bersemangat. Kalau orang sudah bersemangat dalam hidup, maka ia akan mampu berbuat lebih banyak. Dan, semangat itulah yang bisa menggerakkan. Seseorang rela berhujan-hujanan pergi ke pengajian. Apa sebabnya? Ia bersemangat mencari ilmu. Seorang pemuda rela pergi malam-malam ke rumah kekasihnya. Apa sebabnya? Ia bersemangat untuk bertemu dengan si dia.
Maka pertanyaan yang layak kita kemukakan adalah: bagaimana agar kita selalu bersemangat dalam hidup? Semangat akan tumbuh bila ada harapan. Setiap ada harapan, maka di sanalah ada semangat. Sebagai ilustrasi, ada seseorang terjebak dalam gua yang gelap. Badannya sudah lemah dan harapannya sudah hampir habis. Ketika itu ia melihat setitik cahaya dan terpaan semilir angin. Apa yang terjadi pada orang tersebut? Sudah dapat ditebak, semangatnya akan bangkit kembali. Ia menyangka bahwa di sekitarnya pasti ada lubang, dan ia pun akan berjuang untuk mencari lubang angin dan cahaya tersebut. Termasuk dalam bab cinta. Kita akan bersemangat mencintai seseorang, tatkala ada harapan untuk mendapatkannya.
Dari mana harapan itu datang? Ternyata, harapan tidak timbul dengan sendirinya. Harapan timbul dari input (informasi) yang kita dapatkan. Artinya, orang yang akan selalu bersemangat adalah orang yang memiliki kebiasaan (tradisi) mengumpulkan dan menghimpun informasi. Maka, kalau kita ingin menjadi orang yang selalu bersemangat dalam hidup, maka kita jangan pernah berhenti menghimpun informasi. Berhenti mencari informasi, harapan berkurang, maka semanagat pun pasti berkurang. Lalu, input atau informasi seperti apa yang harus kita dapatkan? Tentu input yang dapat dipertanggungjawabkan dan memenuhi standar BAL (benar, akurat, dan lengkap).
Sebuah keputusan yang tepat biasanya diawali dengan adanya tradisi pengumpulan informasi yang BAL. Kalau kita memiliki tradisi ini, kita akan semakin bersemangat dan memiliki peluang besar untuk menghasilkan keputusan yang tepat dalam hidup. Inilah modal yang paling mahal dari seorang yang ingin sukses dalam hidupnya.
Kalau kita menelaah Alquran, kata iqra sebagai kata pertama dari Alquran yang diturunkan pada Rasulullah SAW maknanya tidak sekadar membaca, tapi juga menghimpun informasi. Karena itu, tradisi mengumpulkan informasi jauh-jauh hari sudah diperintahkan Allah SWT. 

Masalahnya, tradisi menghimpun informasi ini belum menjadi keseharian kita. Kebanyakan, hari-hari kita berlalu begitu saja tanpa ada manfaat. Kalaupun ada informasi yang masuk, mekanisme kita sering salah, serampangan, dan tidak dipilah-pilah. Karena itu, yang timbul adalah semangat emosi bukan semangat solusi. Jadi, kita harus mulai mengubah cara berpikir atau paradigma tentang informasi. Uang yang kita gunakan untuk menghimpun informasi bukan sebuah pengeluaran, tapi investasi.
Marilah kita iqra, punya tradisi, perangkat, uang untuk selalu bergerak berdasarkan informasi yang BAL agar tindakan kita benar-benar akurat. Kalau kita kaya dengan informasi, otomatis kita akan kaya dengan harapan, kaya dengan semangat, dan tindakan kita akan selalu tepat dan akurat. Pergi ke mana saja kita harus menjadi penghimpun informasi. 

Artinya, bercita-cita apapun kita, pertanyaannya, sejauh mana kita gemar terhadap informasi yang BAL? Informasi bisa lewat buku, media cetak, televisi, internet, atau seorang guru. Karena itu, kalau kita berjumpa dengan seseorang, maka usahakan perjumpaan tersebut bisa menambah input yang benar bagi kita. Lihat pemilu, seharusnya mampu mendatangkan input bagi peningkatan kualitas diri kita. Intinya, dalam kondisi apapun jadikanlah kita penampung informasi yang BAL. Bila ini yang terjadi, insya Allah hidup akan terasa lebih mudah. Wallahu a'lam bish-shawab.
Sekarang rasakan adakah kapsul motivasi pada diri Sahabat setelah membaca artikel saya?rasakan dan renungkan,eh saya juga ikut merenungkan ada sesuatu yang luar biasa terkuak dalam diri kita.Good luck ya

by:.dhana戴安娜 KH Abdullah Gymnastiar leaving Chat



related Article:

32 Was Commented to “Bersemangat Dalam Hidup”

  • December 1, 2009 at 3:56 PM
    ArCaMo says:

    uh,... berat banget.. tapi setuju ...

    ssseeeeeeemmmmmmaanggggaaat

  • December 1, 2009 at 4:50 PM

    @arca>thnxs ya

  • December 1, 2009 at 4:58 PM
    becce_lawo says:

    setujuuuuu mbak dhana

    makanya kita dikasih
    2 telinga untuk lebih banyak mendengar informasi
    2 mata untuk membaca informasi
    2 tangan untuk untuk menyimpan informasi

    postingan mantap mbak dhana..

    semangat!!!

  • December 1, 2009 at 5:05 PM
    Gus IKHWAN says:

    Bener banget tu semangat dalam menjalani roda penghidupan...

    Mau nanya ni mbak, tiap aku buka rumah sahabat kok loading pagenya lemot sih, apa komputerQ apa emang kenamyakan script terus lemot ya....

    Numpang tenar juga
    hack mozilla firefox, biar ngebut . . . !!
    Buat kamu pengguna mozilla dan suka browsing tapi koneksi lemotzz . . nih ada tips buat hack mozilla firefox biar ngebut dan was wus was wus . . .

    Tautan
    http://www.ikhwaners.co.cc/2009/11/hack-mozilla-firefox-biar-ngebut.html

  • December 1, 2009 at 5:36 PM
    attayaya says:

    semangatttttttt
    akan menjadikan hidup lebih berarti

  • December 1, 2009 at 5:47 PM

    ikut merenungi mas
    :)

  • December 1, 2009 at 8:16 PM

    sebuah renungan yang sangat menyentuh qalbu para insan yang mencari kebenaran. saya setuju 100

  • December 1, 2009 at 11:25 PM
    Rizky2009 says:

    Semangat2.. Sesemangat rizky blogwalking via hp, 5f mb' rizky g bs ninggalin jejak d shoutmix cz SM g bs terbaca d hp, rizky kngen mb'

  • December 2, 2009 at 6:00 AM

    @all friends thnxs

  • December 2, 2009 at 7:02 AM
    Ali Mas'adi says:

    salam super... layaknya mario teguh... motivator pemberi semangat..

  • December 2, 2009 at 7:14 AM
    Clara says:

    bener mbak, saaya juga melalui bulan-bulan belakangan tanpa menghasilkan sesuatu yang bener-bener berarti...hanya sedang mengusahakan sesuatu itu menjadi hal yang berarti...

    mudah-mudahan bisa menjadi berati ^^

  • December 2, 2009 at 2:39 PM
    Rival Aditya says:

    bener jg tu mbak kita harus sllu semangat .... keep post

  • December 2, 2009 at 4:15 PM
    Rosi aja says:

    yup meningkatkan kualitas diri termasuk dengan membaca tulisan ini. nice post sobat. salam kenal

  • December 2, 2009 at 5:25 PM
    Rizky2009 says:

    baju baru nih mbak keren2.... oy mbak recentpos, link list,label d tata lagi mbak biar terlihat rapi gt, oy maaf y mbak yg q pake kemaren malem 2 h hpnya kakak q, kalau hap q sendiri hp jadul..... Rizky kanen mbak dhana

  • December 2, 2009 at 11:19 PM
    AriE ONly says:

    makasi artikelnya dhana,

    alhamdulillah setelah ari berani bertanggung jawab atas yg ari lakuin selama setahun ini, rasanya ari dapetin semangat baru lagi,terlebih setelah ari kenal sama semua blog2 keren sahabat yg ngasi motivasi hidup =))

    Oy, ganti baju ni blognya dhan? yg lama kemana?dah koyak, kan bisa di jahit? :))

  • December 3, 2009 at 3:52 AM

    thanxs all friends...

  • December 5, 2009 at 9:57 AM
    Ipin says:

    Keep the spirit "Nice info dear friend"

  • December 11, 2009 at 5:54 AM
    khusnul says:

    :-t
    Semangat di tambah kesabaran mbak.
    sabar dan ingat pada yang maha Kuasa.

  • October 22, 2010 at 9:03 AM
    2mind says:

    ya kak tetap semangat walau hidup saya susah , tapi berusaha bisa jadi lebih baik dengan kata " semanga"

  • July 3, 2012 at 1:09 PM

    walaupun kita sering gagal dalam penghadapi permasalahan..kita harus tetep semangat untuk mencari peluang hidup yang lebih baik.jangan menyerah

  • July 23, 2013 at 9:13 AM

    tetap semangat jalani hidup.

  • January 7, 2015 at 6:17 PM

    Terima kasih atas informasinya sangat bermanfaat dan menarik

  • March 24, 2015 at 12:28 PM

    Yupss betul dalam menjalani hidup memang harus bersemangat, karena semangat merupakan suatu bentuk kemauan, spirit, dan tenaga kalo hidup tanpa semangat pasti semua akan susah dan berat, sama kaya menjalani usaha semua harus ada semangat dan passion kalau belum ada, maka carilah.

    Salam indocom penyedia mesin PABX panasonic

  • March 26, 2015 at 4:46 PM

    Saya setuju, karena jika kita bersemangat dlm hidup, itu akan membwt km lebih cepat menggapai cita-cita yg dr kcil km inginkan

  • September 8, 2015 at 4:25 PM

    Ya itu benar jika menjalani hidup dengan semangat maka proses kehidupan yang sedang dijalani akan begitu ringan. Masalah pasti ada namun dengan adanya semangat itu yang membuat kita semakin maju dan bertahan. Salam semangat PT.Teknik Abadi

  • September 23, 2015 at 9:26 PM

    Bersemangat dalam hidup memang sangat diperlukan, karena itu akan sangat berguna dalam menjalani hidup. Salam guru les privat

  • November 18, 2015 at 9:21 AM
    truck mixer says:

    Apabila kita memiliki semangat dalam hidup ataupun keinginan untuk menggapai sesuatu dan selalu bersemangat setiap harinya, maka itu akan membuat hidup menjadi lebih indah dan mudah untuk dijalani

  • December 7, 2015 at 11:04 AM

    - obat pelangsing badan
    - jual obat pelangsing badan
    www.jualobatpelangsingbadan.org

  • December 7, 2015 at 2:47 PM

    makasih motivasi nya mba.

  • April 2, 2016 at 2:10 PM

    I held my heart back from positively accepting anything, since I was afraid of another fall, and in this condition of suspense I was being all the more killed.

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo