30 December, 2009

Tan Malaka,Bapak Republik


بِسْمِ اﷲِالرَّحْمٰنِ الرَّحِيْ
 Tan Malaka Bapak Republik
Sejarahwan,Mohammad Yamin menyebut Tan Malaka sebagai ''Bapak Republik''tak ubahnya seperti Jefferson Washington merancangkan Republik Amerika Serikat sebelum kemerdekaannya tercapai atau Rizal Bonifacio meramalkan Philipina sebelum revolusi Philipina pecah''demikian Yamin menggambarakan Tan Malaka.
Siapa sebenarnya Tan Malaka???Tan malaka atau Sultan Ibrahim  gelar Datuk Tan malaka lahir di Nagari pandan Gadang suliki sumatera barat pada 2 juni 1897.Seorang aktivis yang berperan besar dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Sekitar 20 tahun(1922-1942) Tan malaka hidup dalam pembuangan tanpa didampingi teman seperjuangan.Beberapakali dia harus meringkuk di penjara saat berada di Philipina dan Hongkong,serta selama dua tahun dipenjarakan oleh pemerintah republik yang ia cita citakan.
Padahal Ia melahirkan gagasan yang jernih,asli,bahkan mengagetkan,gagasan Tan malaka tentang Republik Indonesia tersebar di banyak  buku.Ia tak punya kesempatan untuk menulis.Namun lewat buku Menuju republik Indonesia(1926)Soviet atau parlemen(1922),serta Madilog(1942) kita bisa menyatukan mozaik gagasan republik yang tercerai berai itu.

Tan memberikan perumpamaan tentang burung gelatik untuk menjelaskan republik yang ia angankan.Burung ini terlihat seperti makhluk yang lemah.Banyak mengancamnya,di dahan yang rendah,dia harus waspada terhada kucing yang siap menerkam.Tapi daha yang lebih tinggi juga bukan  merupakan tempat yang aman baginya.Ada elang yang siap menyantap gelatik sehingga hidupnya tak merdeka.Ia hidup penuh ketakutan dan dengan persaaan terancam serba tak bebas.
Nah dari sinilah dapat ditarik kesimpulan bahwa bener-bener butuh perjuangan yang kokh menghadapi musuh.Ketika para pejuang lain baru berpikir persatuan,Tan malaka sudah maju beberapa langkah memikirkan Republik Indonesia.Brisur Naarde  Republik Indonesia(menuju Republik indonesia) sudah ditulis di kanton china pada 1925 tiga tahun sebelum deklarasi sumpah pemuda.

Pada Februari 1949 Tan malaka hilang ditengah perjuangan bersama Gerilya Pembela Proklamasi di Pethok Kediri-Jawa Timur,tapi akhirnya misteri tersebut terungkap.Tan malaka ditembak mati pada tanggal 21 februari 1949 atas perintah Letda Soekotjo dari Bataliyon Sikatan,divisi Brawijaya.
Namun berdasarkan keputusan Presiden RI.no.53 yang ditanda tangani olehh Soekarno 28 maret 1963 menetapkan bahwa Tan Malaka seorang Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

Ehm..akhirnya gitu tah ceritanya???baru tahu yach???iya .weleh sekarang tertutup dengan artis baru sejarahwan dah lupa rek he..he..  good luck yach...


related Article:

18 Was Commented to “Tan Malaka,Bapak Republik”

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo