08 January, 2010

Walah Cuma Debat Kok Jadi Minggat



بِسْمِ اﷲِالرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم
Walah cuma Debat Kok Jadi Minggat...!!!
Weleh kabar seru sekalian menggemaskan dimintai tanggapan gimana solusinya,walah kayak psikologis opo ngunu he..he..
''Mbak kalo arah ke wanchai itu pakai bis no 111 baru bener,tadi tanya ama orang philipine pean mesti bingung tah???....tanpa nyas-nyus langsung saya sapa
''Loh pean wong jowo tah,lha ta kiro wong Malaysia opo maneh liat gawe seragam ngunu.jan matur nuwun tenan,asmane sinten Bu...??respon wanita itu
''Mbak saya belum nikah apalagi punya momongan,please dech don't call me ibu..panggil Dhana wae yo!!!''kumat sewot saya hiks..hiks..
''ouw maap yo,lha pean ki iso boso jowo tah,kulo Mia ,mbak Dhana...?''tanya wanita lagi
''ehm..mbak mia ya,orang jawa asli jawa tapi bahasa jawa saya hampir ilang melayang he..he..'' jawab saya
''mbak Sekalian numpak bis bareng,aku ape matur ojo di guyu yo???pinta sis Mia 
''monggo...silahkan menawi saya bisa ta bantu(weleh bahasaku semburat)''jawab saya sambil merapikan beberapa Dokument

Ehm..bisa saya tebak dia(sis Mia)merupakan pendatang baru di negri Hongking eh Hongkong maksud saya.setelah dia bercerita akhirnya saya merenungkan dan saya jawab lebih jelas sebagai penegas lewat telpon,karena berhubung saya harus turun di Central tempat saya bekerja.
Begini inti dari cerita keluh kesah sis Mia:
''mbak dhana umur saya 30 tahun(weleh lebih tua ,seharusnya saya yg panggil dia mbak he..he..kurang ajar saya ini,dia melanjutkan ceritanya)saya juga punya 1 putra berumur 5 tahun,juga tinggal mertua,sudah hampir 
4 tahun suami saya tidak bekerja,saat ini saya yang menafkahi keluarga,tentang suami saya berusaha mencarikan pekerjaan namun suami saya selalu menunda-nunda pekerjaan,saya kasih usul membuka usaha kecil-kecilan malah berontak dan tiap ada sesuatu hal justru patah arang dan berujung pada perdebatan,dan yang membuat saya lebih kesal tiap ada masalah keuangan dibicarakan sepertinya suami saya ''no comment''
>Sebagai seorang istri sayalah menjadi tulang punggung keluarga,apakah boleh seorang istri meninggalkan suami dan anak dengan jalan pulang ke orang tua untuk memberikan pelajaran kepada suami?
>Saya pernah membaca istri minta cerai kepada suaminya tidak akan mencium bau syurga,saya bingung apa yang harus saya lakukan hingga sampai saat ini saya masih merasakan tekanan batin,bagaimana mbak Dhana?
>Saya bingung apa yang harus saya lakukan,sudah tidak betah dengan suami saya,jika saya mengadu ke Pengadilan Agama,bagaimana prosedurnya?''

Wah.....sebuah rentetan petanyaan yang sungguh di luar batasan nalar saya,hingga saya harus njelasin dan minta konsultasi pada Romo via telp,dalam hati ''ehm...udah dapet bekal dan hikmah dengan pelajaran suami-stri nich he..he..''

Jawaban saya seadanya pada sis Mia yang begitu tertekan batin atau apa yach soalnya saya liat dari binar matanya tersimpan sebuah gravitasi poros cinta yang begitu tersiksa kayak ilmu fisika wae he.he..
>Tidak boleh mbak,itu salah,itu cara memberi pelajaran yang salah.Saran aya sebaiknya Mbak minta tolong pada pihak ketiga yang berwibawa untuk menasehati suami..semoga ada jalan yach
>Jika belum ada perceraian diantara mbka Mia dan suami maka kalian tetep beruami istri gitu,artinya mbak mia ini masih menjalankan kewajiban sebagai suami istri ngunu loh mbak...
>Hadits yang menyebutkan bahwa perempuan yang meminta cerai kepada suaminya lalu ia tidak akan bisa mencium bau syurga adalah bagi mereka yang meminta cerai kepada suami yang baik.Saat terjadi ''Haji Wada'',Nabi berkhutbah di hadapan para sahabat.''wahai para sahabat,kalian harus hati-hati.Nanti akhir zaman banyak perempuan yang masuk neraka.''sahabat bertanya''Siapa mereka wahai Rasul?''Nabi menjawab,''mereka adalah wanita yang kufur.''lalu sahabat Nabi bertanya lagi,''kufur kepada siapakah wahai Rasul???Nabi menjawab,''mereka kufur kepada suami mereka''nah dari sini dapat dijabarkan bahwa suami yang baik,memerikan nafkah,kasih sayang dan bertanggun jawab tapi istrinya minta cerai''
Nah dalam kasus mbak Mia kan suaminya termasuk orang yang tidak memerikan nafkah lahir bathin,kasih sayang suka marah,suka berdebat,maka istri boleh minta cerai,sementara dalam pernikahan biasanya pasutri yang baru biasanya membacakan taklik talak yang dimaksudkan segalanya terpenuhi bilamana terjadi atau jatuh talak cerai''sudah mbka cuma itu yang bisa saya sampaikan..

Bukannya bicara ngerti paham atau apa kok malah bilang''Suwun..mbak Dhana pinter juga dakwahnya yo,,koyok ustazdah wes mahir dengan gaya bicara nyelongor-nyelingir...''
''hush iki leh-ku matur liat hadist kok nyelongor kuwi opo ta''Asem kok pean iki sentak saya

Kontan saja membuat saya tersanjung dan nyengir apa sich artinya nyelongor-nyeligir????
Sobat tahu ga sich apa artinya????

Semoga kisah di atas mampu menjadikan inspirasi bagi pasutri atau bagi saya sendiri khususnya gimana menyikapi suami eh belum nikah kok maksud saya semoga dapat di jadikan hikmah gitu loh..amien..salam sahabat blog.site dan good luck yo.


related Article:

35 Was Commented to “Walah Cuma Debat Kok Jadi Minggat”

  • January 8, 2010 at 8:21 PM

    heheh kadang memang harus pahit menerima kenyataan kalau pendapat kita/maksud baik kita di anggap gak serius/becanda/ngejekin.tapi mbak juga harus tabah menghadapi org seperti itu

  • January 8, 2010 at 8:45 PM

    keduaxx aman^^
    tukeran lunk yuk^^?

    salam blogger:)

  • January 8, 2010 at 8:51 PM
    Rizkyzone says:

    waduh g bisa ikutan ngsih solusi nih, aq bukan ustadz, aq jadiin pelajaran aja deh

  • January 8, 2010 at 8:55 PM

    setuju sama jawaban ukhty, tapi klu suamix masih bisa berubah mngkn bisa dimaafkan... kasihan anak jika harus bercerai. hiks...

    smg Allah memberikn kita yg terbaik.

    apa kabarnya ukh? asaaki bikhaer!

  • January 8, 2010 at 8:56 PM

    oya ukh mau tanya tadi lupa, recent postx gimana cara buatnya? heh, 'afwan ya!

  • January 8, 2010 at 9:07 PM
    Unknown says:

    Sis anita>makasih ya..

    local>udah saya pasang kilo

    Rizky>bagus Riz..

    Ukhti>amatullah>amien ya.....liat saja pada blog tutorial saya cara buat recent comment ukhti..thnxs

  • January 8, 2010 at 10:02 PM
    Osi says:

    Nanya koq sama perawan.....

    Bahasa jawanya ku gak ngerti, tp kayaknya dia gak suka dengan sarannya Dhana...apa betul gitu ya artinya...

    Mb salut deh dgn jawabannya Dhana...sangat dewasa sekali....bener jg katanya "kayak ustadzah"

  • January 8, 2010 at 10:24 PM
    Unknown says:

    sis osi jade malu saya he...he...thnxs yach

  • January 8, 2010 at 10:39 PM
    mascipul says:

    ustadzdah dhana...hihihi

  • January 8, 2010 at 10:52 PM

    ramexxxx....
    << ikut menyimak dari bawah..

  • January 8, 2010 at 11:01 PM
    Unknown says:

    masCipul>belajar mas belum sampai situ

    masRandy>jhe suka bawah hi..hi...

  • January 9, 2010 at 8:38 AM
    rio2000 says:

    mbak dhana ga pernah komen lagi di blogku >,< padahal blog dapat trafik dari hongkong kan keren.... ^^

  • January 9, 2010 at 8:42 AM
    Unknown says:

    kita harus melihat penyebab perceraian itu apa...kita jangan melihat pada satu hadis yang mengatakan bahwa istri tidak akan mencium bau syurga jika menceraikan suaminya....
    Allah menghalalkan cerai tetapi juga membencinya...nah disinilah letak istimewa nya Islam ... agar kita berhati2 dalam hal perceraian apakah masuk dalam kategori halal, ataukah dibenci...tapi jika syarat2 yang telah diatur dalam islam sudah terpenuhi insya Allah perceraian itu akan halal...wallahu alam

  • January 9, 2010 at 9:54 AM
    Jaka Utama says:

    tak simak dlu mbak dhana

  • January 9, 2010 at 10:06 AM
    Unknown says:

    Rio>ehm maap kalo kalap.ok lah mulai saat ini saya coba koment ria ya

    siip kak wilyo semakin komplit thnxs ya

    mas jaka>monggo mas jaka

  • January 9, 2010 at 10:11 AM
    ina says:

    haduh mbak... denger judulnya ajah dah gag enak dihati,,,,
    maap ea,,, kasar bgt omongannya...

  • January 9, 2010 at 10:40 AM
    Unknown says:

    liat dulu maknanya dhek kok kayak takut ta????

  • January 9, 2010 at 11:01 AM

    Ap yang dibicarakan mba' dana benar, tapi yang diharapkan oleh mba' yang satu lagi bukan seperti itu. jadi ya dianggap gak seide.
    Pikiran mba tadi, nanya maksudnya, mumet berbaur kesal,yang dia butuhkan waktu itu adalah mba' dana mendukungnya dulu, kalo dia sudah merasa didukung baru sedikit demi sedikit memasuki pikirannya dengan ajaran kita.
    oke hanya sebuah kemungkinan, jangan diambil hati ya kalo ana ikut ikutan ngoment.
    dah ok salam sukses selalu buat kita semua
    gak pa-pa kan doa buat semua....

  • January 9, 2010 at 11:17 AM
    Unknown says:

    mas subandi thnxs ya....

  • January 9, 2010 at 12:22 PM
    asep canda says:

    kenapa minggat tuh sob

  • January 9, 2010 at 12:27 PM
    safru says:

    Numpang baca aja dech kalau soal cerai...waduh....g tahu he...he...

  • January 9, 2010 at 1:44 PM
    Unknown says:

    @mas Icut>silahkan mas

    @mas Asep>jelas ga aca nich kok tanya lagi he..he..

    @masSafru>silahkan..miris kalo soal cerai mas,thnxs ya

  • January 9, 2010 at 2:08 PM
    Admin says:

    memang cocok di sni dengan dhana untuk t4 curhat..hehehe..!koment apa yahh??..
    Tinggal kesabarandari sang istri saja mengahdapi suami yang suka marah2 atau melakukan kDRT, insya Allah ini adalah Ladang amal buat dia..!lolos ujian tsb naik pagerank dehh oppss..akan bertambah iman dan takwanya..

  • January 9, 2010 at 4:04 PM

    Wouw.... tempaltenya baru nih mbak...

  • January 9, 2010 at 4:05 PM

    banyak sekali yang berubah... terutama, tambah keren dengan penampilan yang elegant

  • January 9, 2010 at 4:05 PM

    Loadingnya juga ngacir....

  • January 9, 2010 at 4:06 PM

    Tapi kenapa yah?? nama saya sebagai top koment yang berjumlah lebih 80 bisa hilang??

  • January 9, 2010 at 4:07 PM

    Atau widget Top koment sekarang memang lagi bermasalah yah mbak??

  • January 9, 2010 at 7:47 PM
    Unknown says:

    @mas Ipin>terima kasih mas ipin

    @mas setiawan>langsung saya record mas untuk top koment saya juga tidak ngerti mas,setelah saya periksa kan ada keterkaitannya tentang komentar saya dengan komentar anda sehingga pas waktu itu terindek masih aktiv dan hanya beberapa hari saja belum dan hampir ilang maka status top koment-nya bisa berubah...thnxs ya

  • January 9, 2010 at 9:45 PM
    Rival Aditya says:

    wah klau buat msalah itu aq gak bsa kasih solusi mbak... nice blog... n happy blogging

  • October 20, 2015 at 1:25 AM
    unsgu says:

    Terimaksih telah berbagi infonya,,sukses selalu price Honda CBR1000RR SP , Modern Minimalist House design , price Kawasaki Ninja H2 and H2R , Minimalist House Design unique untuk info and websitenya,,,and be the best to the next info,,

  • December 2, 2015 at 9:33 AM
    unsgu says:

    Nice info,,terrimaksih banyak telah specification kia rio berbagi infonya..sukses selalu untuk info and websitenya be the best and do the best to the next information.. specification mitsubishi pajero sport

  • March 31, 2016 at 5:54 PM

    Friends can make you feel that the world is smaller and less sneaky than it really is, because you know people who have similar experiences.

  • June 20, 2016 at 9:40 AM
    Unknown says:

    Helpful once ya superbike yamaha news,
    thanks a lot ya pa admin has design for home given home and design this good news.

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo