18 June, 2010

Jabat Tangan

Jabat Tangan Setelah Sholat

Segala Puji hanya milik Allah.....sepertio biasa dhana selalu telat dan jarang update namun tak membuat dhana untuk males visited back for all friends...

Dari sahabat saya mas Wandi di depok yang sempat nggedabrus sampai masuk masalah FIQIH...ehm siapa lagi kalau buka dengan rujukan KH.Ali Yafie.
Kali ini bertemakan tentang jabat tangan setelah sholat.kita tahu berjabat tangan antara seorang muslim dengan muslim lainnya merupakan suatu hal yang baik,apalagi dalam langkah silaturahmi tentu terpuji.Hanya sja bila dikaitkan dengan sholat,memang tidak lazim berjabat tangan.Namun jika anda mau berjabat tangan,boleh saja.Yang tidak boleh adalah ketika jabat tangan dijadikan aturan.Rasulullah Saw saja tidak selalu berjabat tangan setelah selesai sholat.Beliau kadang-kadang saja.Artinya,kalau kita melakukannya sekali-sekali boleh saja.

Loh katanya ada yang mengatakan Bid'ah itu gimana????Langsung saja dengan contoh misalnya sudah menajadi aturan baku bahwa ibadah sholat dzuhur harus empat raka'at,kemudian dikerjakan lima raka'at,maka ini bisa dikatakan bid'ah,Sebab ini mengada-ada.Adapun sikap kita menanggapi bid'ah yang bermanfaat,hal itu dipastikan tidak berhubungan dengan ibadah.

Contohnya masjid pada zaman Rasulullah Saw,tidak seindah bangunan masjid Madinah sekarang,begitu jufga rumah Beliau,Beliaupun tidak pernah naik pesawat terbang,hal yang demikian boleh saja dan bukan termasuk bid'ah.
Perubahan ini disebabkan karena memang perbedaan budaya dan peradaban waktu itu dengan masa kini.
Namun perlu dicatat,sesuatu yang baru tidak mengandung ibadah diperbolehkan,asal tidak bertentangan dengan aturan agama,jika bertentangan,maka wajib dijauhkan,semisal pakaian wanita sekarang yang kian hari kian telanjang dengan menampakkan bagian-bagian tubuh yang seharusnya ditutupi.

Demikian penjelasan dari KH Ali Yafie yang pernah saya serap dan ahirnya saya sampaikan pada mas Wandi dengan gaya bahasa saya sendiri namun pengertian ya semoga dapat diterima.Karena blog ini pada intinya berbagi apa saja yang bermanfaat amien....


related Article:

40 Was Commented to “Jabat Tangan”

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo