10 August, 2010

Don't Charity

Don't Charity alias ojo sodaqoh
Segala puji di Langit dan di Bumi memuji kebesaran ciptaanNYA,NikmatNya,Karunia sehingga saya dapat berposting ria lagi Allahumma amien.

Bulan penuh berkah,maghfirah telah datang,ayo akeh amale,sregep ibadahe,ojo lali sodaqohe(banyak amal,rajin ibadah,benyak sedekah..red).Saya tak tega bila melihat pemandangan orang tua dijalan ngatungne tangan(menjulurkan tangan)mengharap sedekah para penderma....simbah-simbah pakai kerudungantrian njaluk amale sopo seng gelem amal(like image in top)
Justru saya melek merem kedap-kedip saat membaca berita ID NEWS jakarta yang bilang OJO SODAQOH(Don't Charity),lhoh bukannya sedekah itu sangat dianjurkan dan merupakan amalan yang baik??kenapa dilarang?kok ada CAMPUR TANGAN PEMERINTAH mengenahi sedekah ini.Tahu sendiri kan sedekah untuk PENGEMIS kok dilarang,Alasan apa hingga pemerintah melu campur tangan??

Ehm seng sugih tambah megah,seng mlarat tambah sekarat hiks..hiks...(yang kaya makin jaya,yang miskin semakin jhaikin(hidup susah))

Masyarakat diimbau tidak memberi sedekah kepada pengemis, agar mereka kapok dan tidak kembali ke jalan.
"Sebab, masih banyak cara yang bijak yang bisa dilakukan untuk bersedekah di bulan Ramadhan," kata Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Kian Kelana, di Jakarta, Senin.
Selain itu, menurut dia, memberi sedekah kepada pengemis juga bisa berbuah musibah, sebagaimana diatur Peraturan Daerah (Perda) No7/2007 tentang Ketertiban Umum (Tibum) pasal 40 huruf c.
Dalam pasal tersebut dijelaskan, setiap orang atau badan dilarang memberikan sejumlah uang atau barang kepada pengemis, pengamen dan pengelap kaca mobil.
Bagi yang melanggar pasal tersebut, dikenakan ancaman pidana kurungan paling singkat 10 hari dan paling lama 60 hari. Atau denda paling sedikit Rp100 ribu dan paling banyak Rp20 juta.
Peraturan itu diterbitkan mengingat, banyak pengemis yang telah mendapatkan keterampilan dari panti sosial, tidak memanfaatkan keahliannya. Warga binaan itu, kembali kejalan dengan alasan tidak masuk akal.
"Mereka senang menjadi pengemis, karena kerjanya mudah/ringan tapi penghasilannya besar," kata Kian.
Untuk membumihanguskan mental pemalas itu, ada baiknya warga tidak memberi sedekah kepada pengemis.
Sedekah menurut Kian, masih bisa dilakukan di tempat-tempat yang tepat. Salah satunya, di tempat-tempat pengumpulan Zakat Infak dan Sadakah (Zis). Bisa melalui, RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, dan sebagainya.
"Zis itu jelas penyalurannya. Melalui Bazis," jelas Kian.
Selain itu, Kian juga menyatakan, pengemis saat ini sudah banyak berdatangan ke Jakarta. Tujuannya satu, mengalap berkah dari warga yang ingin mencari pahala dari bersedekah.
Untuk itu, genderang perang kepada mereka juga sudah di tabuh. Sejak 14 Juni sampai 8 Agustus ini ribuan pengemis diserahkan ke Panti Sosial.
"Detil jumlahnya tidak jelas betul. Yang pasti sekitar 1.500 orang," ujar Kian.
Operasi terhadap pengemis itu dikenal dengan sandi Operasi Praja I, 2 dan 3. Dimulai 14 Juni sampai 14 September 2010.

Nah dari artikel diatas memberikan gambaran kepada kita untuk bisa melihat bagaimana dan menempatkan diri untuk beramal..
walah amal wae ono aturane yo hehehehe........

Demikian semoga menjadikan gambaran yang bermanfaat.....Salam blogger mania


related Article:

33 Was Commented to “Don't Charity”

  • August 10, 2010 at 6:59 AM
    Reza Saputra says:

    sok kaya emang tuh pemerintah, kayanya juga dari rakyat juga....

  • August 10, 2010 at 7:00 AM
    aryadevi says:

    lebih teratur maksudnya, dapat memperdayakan kemampuan yang lebih terhormat dari pada jadi pemalas.

  • August 10, 2010 at 8:39 AM
    Fauzi says:

    Menempatkan pada tempatnya pasti akan lebih KONDUSIF...

  • August 10, 2010 at 10:37 AM
    RAJA FRESH says:

    sebetulnya sedeqah ya boleh2 saja, lha wong mau lebaran kan mereka banyak butuh, sekali2 memberi lah kan gpp, klo urusan pengemis jadi kaya ya serahkan saja pada TUhan.

  • August 10, 2010 at 10:56 AM

    mampir sobat

    keep blogging

  • August 10, 2010 at 11:49 AM
    fb says:

    dendanya bisa 20 juta.. Banyak sekali..

  • August 10, 2010 at 1:27 PM
    Perawatan AC says:

    memang ada baik nya peraturan pemerintah tsb, tapi kasihan yang pengemis betulan donkk yg benar2 gak mampu dan gak punya rumah sbg tenmpat tinggal.
    ngasih sedekah kepada pengemis bisa kena denda..huuuuhh..!

    Buat aja sidang majelis pengemis kali yahh hehhe

  • August 10, 2010 at 2:04 PM

    mas reza»»bener juga tuh thnxs ya

    mas arya»»»realitanya mas

    mas fauzi»»bener sekali

    raja»»langkah yang tepat

    warung»»ok silahkan

    FB»»»makan rakyat

    mas ipin»»»sangat disayangkan mas,susah banget zaman sekarang ruwet

  • August 10, 2010 at 4:35 PM
    ANDI WONG says:

    bersedekah di bulan puasa malah lebih baik lagi nilai amalnya.. btw met menunaikan ibadah puasa..mohon maaf lahir & batin ya... :)

  • August 11, 2010 at 11:24 AM

    sebenarnya kita harus bisa melihat dari beberapa aspek. jangan melihat dari aspek sodaqoh saja tetapi juga penganggapan bahwa mengemis adalah suatu pekerjaan. Bahkan sekarang ada beberapa kampung yang rata-rata penduduknya berprofesi sebagai pengemis. Mengemis bukan lagi orang yang kesusahan yang harus dibantu tetapi orang yang malas untuk bekerja. Padahal ia mampu untuk itu.

  • August 11, 2010 at 11:25 AM
    kamasutra says:

    Setuju sama diatas saya

  • August 11, 2010 at 12:00 PM
    safrudin says:

    Memang jaman sekarang susah untuk membedakan antara yang benar2x susah sama yang pura2x susah

  • August 11, 2010 at 12:57 PM
    narti says:

    bingung kalau mengomentari hal yang satu ini...

    mohon maaf lahir dan batin, selamat menunaikan ibadah shaum ramadhan 1431 H.

  • August 11, 2010 at 2:30 PM
    darma_ccti says:

    Waduh harus bela siapa nech?
    serba binun
    :-(

  • August 11, 2010 at 2:35 PM

    ane mah gak terlalu mikir spt pemerintah itu...

  • August 11, 2010 at 2:42 PM

    This is my first time i visit here. I found so many entertaining stuff in your blog, especially its discussion. From the tons of comments on your articles, I guess I am not the only one having all the enjoyment here! Keep up the good work.

  • August 11, 2010 at 2:45 PM
    i-Komputer says:

    What youre saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I also love the images you put in here. They fit so well with what youre trying to say. Im sure youll reach so many people with what youve got to say.

  • August 11, 2010 at 2:46 PM
    jaya says:

    Menurutku Pemerintah ada benarnya juga...
    Karna jika pemerintah membiarkan itu semua, bisa jadi semua masyarakat berpindah propesi jadi pengemis. padahal masih banyak pekerjaan yang bisa di lakukan.
    terkadang ada juga pengemis yang sengaja menjadi pengemis bukan alasan karna miskin. tapi memang berpindah propesi jadi pengemis. karna lebih mudah mendapatkan uang.

    SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA

  • August 11, 2010 at 2:48 PM
    My Spyware says:

    The beauty of these blogging engines and CMS platforms is the lack of limitations and ease of manipulation that allows developers to implement rich content and 'skin' the site in such a way that with very little effort one would never notice what it is making the site tick all without limiting content and effectiveness.

  • August 11, 2010 at 2:50 PM

    Thank you for another essential article. Where else could anyone get that kind of information in such a complete way of writing? I have a presentation incoming week, and I am on the lookout for such information.

  • August 11, 2010 at 2:53 PM
    My Spyware says:

    Finally, an issue that I am passionate about. I have looked for information of this caliber for the last several hours. Your site is greatly appreciated.

  • August 11, 2010 at 2:54 PM
    i-Komputer says:

    Finally, an issue that I am passionate about. I have looked for information of this caliber for the last several hours. Your site is greatly appreciated.

  • August 11, 2010 at 3:58 PM
    Blog News says:

    Ternyata menemukan blog keren disini :D

  • August 11, 2010 at 4:35 PM
    Ipin's cool says:

    Klau kata Ust Yusuf mansyur yang selalu menyarankan untuk bersodaqoh kepada siapa saja bahkan kepada orang kaya sekalipun, berbahagialah kita karena masih bisa memberi kepada sesama,"Tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah"

  • August 11, 2010 at 5:10 PM
    Maswins says:

    Sedekah kok dilarang...!!

    Memang banyak pengemis gadungan, alias pengemis yang sebenarnya kaya. Tapi tak kalah banyak juga yang benar2 miskin hidup susah..

    So, Jika kita mau sedekah dan hanya mengharap ridho Alloh,, gak perlu berfikir yang macam2. Tetap sedekah!! OKE!

  • August 11, 2010 at 6:53 PM

    Thnks sob infonya..bermanfaat bagi yang membaca terutama saya khususnya..
    salam sukses selalu yah..selamat menjalankan ibadah puasa juga..ditunggu komment baliknya sob..

  • August 11, 2010 at 8:16 PM

    Selamat menunaikan Ibadah Puasa sob...

    saya juga udh follow balik tuh...

  • August 12, 2010 at 4:07 PM

    orang mau sedekah ko malah di denda ya

  • April 13, 2011 at 11:19 AM

    This makes me somewhat upset I m not pointing fingers at you though I anticipate it is anybody abroad out there that isn t demography notice

  • April 30, 2013 at 9:21 PM

    Masih banyak cara untuk beramal...

  • January 23, 2014 at 10:58 AM

    follback dong

  • March 31, 2016 at 12:26 PM

    I know in my heart that man is good, that what is right will always eventually triumph, and there is purpose and worth to each and every life.

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo