24 December, 2010

Jaga Kebersihan Hati

Sekian banyak orang yang lebih senang dipermainkan hati,tidaklah mereka yang menjaga kebersihan hati dan mempermainkan hati tetapi justru hatilah yang mempermainkan mereka.Setidak-tidaknya kita harus belajar bagaimana menjaga hati atau lebih cocoknya membiasakan mengelola hati dengan bersih dan baik. Sebagai contoh,seorang pembantu yang merasa sedih dan mendongkol mendengar kata-kata majikan yang cenderung kasar dan memang majikan ingin serba benar,tak sedikit pembantu yang mengalami hal itu justru mengikuti permainan hati,situasi hati yang merasa sedih dan mendongkol sengaja diperturutkan dengan melakukan hal-hal yang menurut dugaannya akan memberikan peredaan dan menenangkan jiwanya,padahal justru sebaliknya membuat hati semakin membara.

Begitu juga seorang majikan yang melihat pembantunya tak bisa bekerja dan kalaupun bekerja dianggapnya serba salah dan tidak mau mendengarkan perintahnya,sehingga pembantu melampiaskan dengan mengubah raut wajah menjadi semurung mungkin,sebagian dengan menangis habis-habisan dan enggan menyapa,menjawab majikan,hal ini akan membingungkan majikan melihat pembantunya tiba-tiba berubah karakter,sebagian lagi memilih diam seribu bahasa. Lain halnya dengan majikan yang melampiaskan dengan marah-mrah,membentak-bentak atau berpidato panjang lebar,ada juga yang melampiaskan dengan membanting pintu,mendiami,melotot atau bahkan menonton TV dengan volume yang keras.

Saat hati merasa sedih menghampiri hendaknya mencari jalan untuk mengatasi kesedihan dengan mengingat kembali nikmat-nikmat yang Allah berikan dengan berzikir dan menghibur diri dengan ayat-ayat Allah,bila sesekali saat merasakan kesedihan dengan menangis,batasilah tangisan itu dengan kelapangan dan batas-batas kenormalan,kitapun tak akan rela wajah kita ditonton orang banyak,sikap inilah yang memalukan. Saat hati merasa muncul kedongkolan marilah atur nafas,berusaha menekan emosi,lalu mencari-cari berbagai kebaikan yang membuatnya mengubah mengkel/dongkol menjadi senyuman indah di bibir,Cobalah sesekali saat kedongkolan,emosi,kemarahan,kesuntukan tak terkendali,sebelum melontarkan sumpah serapah atau segala caci makian coba melihat wajah sejenak di depan cermin,akan terlihat betapa memalukan wajah itu lebih memalukan dari wajah orang yang mengejan buang air. 

Muhammad bin Hasan bin Ali At-tirmidzi pernah mengungkapkan''hati itu ibarat raja,sementara seluruh anggota tubuh ibarat para budak,masing-masing mengerjakan berbagai urusan namun tetap dengan kehendak hati,hati itu sendiri bergerak sesuai dengan kehendak Allah. Jadi orang yang kuat bukanlah orang yang menang dalam gulat,bukanlah orang yang sukses dalam debat melainkan orang yang kuat berkat mampu mengandalihan amarah yang mendarat. Bila perlu berdoalah kepada Allah ''Allahumma ya muqalibbal qulub tsabit qalbi 'alaa dinnika wa tha'atika''(Wahai Allah,Zat yang membolak-balikkan hati tetapkanlah hatiku dalam agama dan taat kepadaMu) ''Ya Allah janganlah Engkau ciptakan hati ini dengan kedengkian terhadap orang-orang yang baik''. 

Tidak ada yang bisa menjenguk atau membaca hati orang lain,Allah berhak untuk menghilangkan atau menanamkan segala sesuatu yang Dia kehendaki dalam hati seorang hamba namun seorang hamba hendaknya mampu menjaga kebersihan dan mengelola hatinya dalam kebaikan,karena hati menjadi pemutusan segala sesuatu dari hati juga yang memunculkan berbagai permasalahan,Anda adalah apa yang Anda tunjukkan dalam hati. Nah bagaimana dengan hati Anda?mampukah menjaga kebersihan hati dengan mengelola hati sebaik mungkin?...Terinspirasi dari curhat sahabat yang baru saya kenal saat pulang kerja,semoga dia tabah dan sabar.Semoga membawa sebuah renungan yang bermakna.


related Article:

67 Was Commented to “Jaga Kebersihan Hati”

  • December 24, 2010 at 4:57 AM
    falaky says:

    pertamaXXX,...

    Subhanallah, anti benar. Masalah hati juga pernah di utarakan Rasulullah shalallahu'alaihi wa sallam. salah satu hadits arba'in ada yang menyebutkan demikian. namun ane lupa hadits keberapa,..

    barokallohu fiik

  • December 24, 2010 at 5:56 AM
    yahya faqih says:

    ada pesan dari A'a gym "jagalah hati jangan kau nodai, jagalah hati lentera hidup ini".. Betapa hati sangat punya peran dlm prilaku seseorg, bila hati rusak rusaklah iman dan islam kita. Jangan sampai, mudah2an...

  • December 24, 2010 at 6:07 AM

    InsyaAllah mampu,waAllahua'lam :)

    Hal di atas yang akhir-akhir ini saya renungkan dan sebisa mungkin menjaga hati. Mengingat-Nya, mengatur nafas yahh dan selanjutnya tak perlu emosi.

    Jujur, susah mbak. Tapi saya terus berusaha :)

  • December 24, 2010 at 6:39 AM
    D.Durahman says:

    kata Ust. Yusuf Mansur.. beresihkanlah hati dengan diqrullah.. karena pemberisih hati yang kotr pengkilat hati yang bernoda hanya denagn diqrullah .. mari kita sama sama bertasbih kepada Allah..

  • December 24, 2010 at 6:42 AM

    menjaga kebersihan hati itu seperti selalu berkaca pada cermin, menjadi kebiasaan/rutinitas, kadang mengabur antara yang benar dan abu-abu.

  • December 24, 2010 at 7:09 AM

    hati memang perlu dijaga dan dibersihakn dari hal-hal yang negatif mbak... biar hidup kita tenang dan nyaman,,,,,

  • December 24, 2010 at 7:33 AM

    Yah aku ketinggalan banyak nih........yang penting hati kita bersihkan Mba...heheheheee

  • December 24, 2010 at 7:52 AM
    pakde sulas says:

    pakde sangat menyukai kalimat ini....."Jadi orang yang kuat bukanlah orang yang menang dalam gulat,bukanlah orang yang sukses dalam debat melainkan orang yang kuat berkat mampu mengandalihan amarah yang mendarat"

    moga kita bisa selalu menjaga kebersihan hati

  • December 24, 2010 at 8:26 AM
    BLOG-SANTAI says:

    insyaalah sy akan selalu berusaha, karena pada dasarnya kehidupan ini terdiri dari pembelajaran. Belajar hal-hal baru yg belum kita ketahui sebelumnya, termasuk di dalamnya belajar menjaga hari.
    bukankah hati merupakan pembeda manusia beradab dg manusia yg kurang punya adab?

  • December 24, 2010 at 9:13 AM
    elmoudy says:

    hati selalu berbolak balik...begitu mudahnya hati berubah terkadang mengikuti bagaimana nafsu dan pikiran ini bekerja...

  • December 24, 2010 at 9:16 AM
    sda says:

    makasih renungan paginya mba.

  • December 24, 2010 at 9:18 AM
    narti says:

    ketika marah datang, ambil air wudhu, berserah diri padanya.
    semua adalah kepunyaan-Nya.

  • December 24, 2010 at 9:55 AM

    yup betul sekali, jagalah hati jangan kau nodai, jagalah hati lentera hidup ini..
    =D

  • December 24, 2010 at 10:23 AM
    sibutiz says:

    wach,lagi lagi saya ketinggalan nich..
    yapz,Hati itu memang haru selalu bersih agar kita senantiasa berbuat kebaikan...
    makasih.

  • December 24, 2010 at 11:14 AM

    Hati adalah kunci dari segalanya
    jika hati kita tenang dalam keadaan susah pun tetap akan terasa tenang tetapi begitu juga sebaliknya.

  • December 24, 2010 at 11:33 AM

    Hati..
    hanya segumpal darah yang mempengaruhi sebagian besar siklus kehidupan manusia.
    Nice info Mbak

  • December 24, 2010 at 12:42 PM
    Cahcawas says:

    Yapp makasih mbk renungannya

  • December 24, 2010 at 12:46 PM
    seopuden says:

    jaga lah hati jangan kau Nodai,, Aku suka lagu ntu mbak

  • December 24, 2010 at 2:37 PM
    uchu says:

    sangat menyukai artikel ini Mba', Hati Harus di jaga setiap saat, kayanya ini mau ane jadikan postingan ane deh. Makasih yah Mba'

  • December 24, 2010 at 3:10 PM

    Jagalah hati ... jngan kau nodai..,
    jagalah hatii.. lentera hidup ini :)

  • December 24, 2010 at 3:10 PM

    Dalam samudera dapat diukur, namun dalamnya hati manusia tidak ada yang tahu. Berpikir positif dan berftawakal kepada Tuhan merupakan jalan terbaik untuk menjalankan kehidupan keseharian. Agar kita dapat selalu berpikir jernih, walaup pun memerlukan proses dalam hal ini.

    Dengan mengatasi permasalahan yang kecil; maka, kita dapat mengatasi permasalahan yang besar.

    Salam


    "Ejawantah's Blog"

  • December 24, 2010 at 4:03 PM

    karena semua dimulai dari hati

  • December 24, 2010 at 5:30 PM

    Irfan juga sedang membersihkan hati mbak dhana, sekarang sibuk nongkrong di kafe yach ngak pernah menjenguk gubuk saya lagi.

  • December 24, 2010 at 7:12 PM
    Aa Puji says:

    Hmmmm... betul betul..

    oh iya mbak Dhana mau tanya itu gimana cara buat komentar yang bisa langsung di "replay" gitu.. kayak punya mbak di atas... trims...

  • This comment has been removed by the author.
    December 24, 2010 at 7:13 PM
    Aa Puji says:

    This comment has been removed by the author.

  • December 24, 2010 at 9:16 PM

    maaf terlambat mba, ia mba segalanya berpulang kedalam hati jika ga ada ganjalan hidup rasanya flong juga.... jika harus ditanyakan ditanyakan saja ga usah ditunggu sehingga mempengaruhi hati (bisa deg-degan)...., nice post sob

  • December 24, 2010 at 9:19 PM
    asuransi21 says:

    berkunjung ke mba yg jauh syukur masih bisa baca postingannya kapan balik kampung...

  • December 24, 2010 at 9:23 PM

    cuplikan bagus "Bila perlu berdoalah kepada Allah ''Allahumma ya muqalibbal qulub tsabit qalbi 'alaa dinnika wa tha'atika''(Wahai Allah,Zat yang membolak-balikkan hati tetapkanlah hatiku dalam agama dan taat kepadaMu) ''Ya Allah janganlah Engkau ciptakan hati ini dengan kedengkian terhadap orang-orang yang baik''. " ini bagus mba..."TOP"

  • December 25, 2010 at 9:57 AM

    @falakysiip mas lanjutkan menjadi pertama

  • December 25, 2010 at 10:03 AM

    @yahya faqihiya mas terima kasih yach

  • December 25, 2010 at 10:05 AM

    @Ajeng Sari Rahayuamien kita saling berusaha yach sis

  • December 25, 2010 at 10:08 AM

    @D.Durahmanamien senantiasa kita bertasbih mas semoga istiqomah ya

  • December 25, 2010 at 10:10 AM

    @aryadevi sudut kelasbener sekali mas Arya sangat tepat dengan ungkapan itu,makasih ya

  • December 25, 2010 at 10:13 AM

    @Asis Sugiantobener sekali mas memang perlu dijaga

  • December 25, 2010 at 10:13 AM

    @Asis Sugiantobener sekali mas memang perlu dijaga

  • December 25, 2010 at 10:15 AM

    @Software New'sgak papa mas ketinggalan yg penting masih setia komentar

  • December 25, 2010 at 10:16 AM

    @pakde sulasterima kasih Pakde yach

  • December 25, 2010 at 10:19 AM

    @BLOG-SANTAIbener mas saya setuju dengan koemntar mas

  • December 25, 2010 at 10:21 AM

    @elmoudybener sekalu makanya kta harus pandai menjaga hati kita

  • December 25, 2010 at 10:23 AM

    @sdasama sama semoga bermanfaat ya

  • December 25, 2010 at 10:27 AM

    @nartibenar sis dan kita juga diperlukan untuk menata hati dengan baik

  • December 25, 2010 at 10:29 AM

    @Agung A. Kusumasiip mas semoga kita istiqomah ya

  • December 25, 2010 at 10:32 AM

    @sibutizgak papa sis saya malah telat 2 hari ketempatmu

  • December 25, 2010 at 10:42 AM

    @Media Semarangbener mas makasih ya

  • December 25, 2010 at 10:46 AM

    @PIK Remaja Al-Hikmahamien tareima kasih yach

  • December 25, 2010 at 10:47 AM

    @Cahcawassama sama semoga bermanfaat ya mas

  • December 25, 2010 at 10:49 AM

    @seopudenkalau begitu sama dnegan saya suka mas

  • December 25, 2010 at 10:50 AM

    @uchusama sama semoga ber,manfaat ya

  • December 25, 2010 at 10:51 AM

    @Muhammad Chandrasetuju mas mari kita jaga hati

  • December 25, 2010 at 10:51 AM

    @R. Indra Kusuma Sejatiamien terima kasih ya mas

  • December 25, 2010 at 10:53 AM

    @TUKANG CoLoNGiya mas semua dimulai dari hati

  • December 25, 2010 at 10:54 AM

    @irfan bachdimhehehe maaf mas Ge book saya lagi sok sibuk di cafe saya belum kunjung malahan

  • December 25, 2010 at 10:58 AM

    @Aa Pujimaaf telat mas udah saya posting xixixi

  • December 25, 2010 at 11:23 AM
    azhar says:

    jika hati itu bersih akan terlihat pada perilaku dan tuturkata seseorang...thanks ya

  • April 13, 2011 at 10:42 AM

    Your feeds are fed into added blogger s RSS feeders authoritative it amalgamated or putting in addition way humans out there will subscribe to them and accept online copies of your text

  • April 28, 2011 at 5:27 PM
    Nikmaya John says:

    Iya mbak,,, saya tersentuh dengan postingan mbak kali ini,, makasih mbak....

  • December 20, 2012 at 9:53 PM

    Jaga hati hidup akan damai

  • June 17, 2013 at 4:47 AM
    ayo kunjungi says:

    Ayo kita menjaga kebersihan hati..,makasih mbak Dhana.....

  • July 19, 2013 at 6:06 AM

    setuju, hati memang penting dijaga kebersihannya.

  • October 4, 2013 at 2:06 PM
    mugi says:


    makasiiiih gan :)

  • December 10, 2013 at 1:38 AM

    InsyaAllah saya akan berusaha untuk menjaga kebersihan hati..terimakasih mbak Dhana..

  • January 21, 2014 at 7:06 PM

    saya setuju mnjaga kebersihan hati sngat pnting

  • May 13, 2014 at 2:01 PM

    informasinya sungguh bermanfaat , terimakasih gan :)

  • December 29, 2014 at 3:00 PM

    Menjaga kebersihan hati merupakan salah satu sikap yang harus kita punya sebagai manusia, terima kasih sudah memberikan motivasi yang sangat bermanfaat.

  • March 23, 2016 at 2:17 PM

    The opposite of love is not hate, it's indifference. The opposite of art is not ugliness, it's indifference. The opposite of faith is not heresy, it's indifference. And the opposite of life is not death, it's indifference.

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo