09 December, 2010

Tips Mudah Membuat Puisi

Tips Mudah Membuat Puisi
Sahabat yang mampir di Dhana Arsega sering menemukan beberapa Puisi kan?Nah memang bakat membuat puisi ini juga tidak dapat ditebak-tebak.
Bagi yang pemula di bidang syair atau puisi maka akan merasa sulit untuk meluncurkan gagasan sebuah puisi.Berikut Tips mudah membuat puisi:
0>Percaya diri,
ya dengan percaya diri akan puisi yang dibuat akan melahirkan sebuah ungkapan yang mampu mendobrak Anda untuk berkarya,memang kesan pertama kali membuat puisi memiliki kesan kurang baik dan kurang menarik,namun teruskan saja.

0>Banyak membaca sebuah wacana yang berkaitan dengan puisi,
hal ini juga dipengaruhi oleh seberapa Anda menyerapi,memaknai dan seberapa Anda mengingat kata-kata dalam menghasilan puisi.

0>Jangan takut atau ragu,
bila puisi yang telah kita hasilkan dianggap jelek,anggaplah itu semua sebagai bahan proses melahirkan yang lebih baik lagi.

0>Memilih tempat yang tepat,
misalnya sepi dan tenang karena dari tempat itu akan mucul sebuah ketenangan mutlak yang memberikan ide dan gagasan.sekarang coba Anda membuat puisi ditengah keramaian mungkin Anda bisa menghasilkan namun dari segi makna dan olah kata bisa dikatakan puisi jadul karena kurang menghayati.

0>Puisi lahir dari perasaan dan pikiran yang berporos dari hati,
sehingga tulislah puisi dari perasaan dan pikiran Anda,biarkan pena dan tangan menari diatas secarik kertas mengikuti isyarat hati Anda,jangan menebak dan memberikan kesan memikirkan logika

0>Perhatikan makna kata,
Bila puisi telah dibuat perhatikan kata-kata yang telah dibuat,karena tiap tiap kata pasti memiliki arti tersendiri,Nah dari sini terlahir sebuah ide yang bagus sehingga Andapun akan menghasilkan sebuah puisi bahkan menjadi MAHIR bila puisi uyang dibuat memang pada tahap PUISI yang BERMAKNA.

0>Bermain kata dan bermain huruf,ini diharapkan dengan memilah-milah dari tata letak yang horizontal dan vertikal.

0>Perhatikan kata-kata yang ada,
Bagi yang ingin membuat dan mengeksspresikan dalam bentuk bahasa inggris perhatikan perhatikan kata-kata yang ada baik dari segi perbandingan kata makna dengan sebuah parafgraf yang tertulis.
    Contoh:
    Suara menggelora dari hati yang membara
    Oleh sebuah rasa diselimuti asa
    Coba dan aku terus mencoba agar bisa
    Cinta yang membuatku jatuh dan binasa
    Entah sampai kapan aku bangkit dari keterpurukan cinta membawa asa
    Rasa letih dan lelah terpesona hanya membuahkan hati tersiksa

    Lie you make me cry
    Otherwise you make smily
    Zany its make everyone gettruelly
    Zigzag form your say
    You are is perfect

    Nah dari kedua contoh puisi diatas memberikan gambaran:
    Obyek dan subyek pada perasaan HATI sementara pada puisi yang berbahasa inggris merupakan ungkapan PERASAAN yang menggelitik.

    Tetaplah berkarya meski karya puisi Anda dianggap belum sempurna,tetaplah membuat dengan ekspresi hati Anda pada akhirnya Anda akan mampu melahirkan sebuah puisi akan melangkah pada tahap yang lebih bagus dan tinggi yakni berpuisi yang melahirkan Makna pada tiap Wacana.

    Dari puisi kita bisa berEKSPRESI,dari ekspresi puisi kita mengolah IMAJINASI sedangkan dari imajinasi mampu menguak ISNPIRASI dan MOTIVASI itulah pentingnya dasar bisa mengolah puisi sehingga tips cara mudah membuat Puisi ini sangat berperan penting menurut saya xixixixi.

    Demikianlah yang disampaikan oleh peraih juara 2 lomba puisi tingkat kabupaten Malang(1998) dan peraih juara 3 tingkat Propinsi(2001) siapa lagi kalau bukan saya si Anna Nurjannah hehehehe.


    related Article:

    81 Was Commented to “Tips Mudah Membuat Puisi”

    Post a Comment

    Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
    感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

     

    Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo