06 August, 2011

Tempe Goreng Bumbu Kuning dan Manisan Buah Naga

Segala Puji hanya milik Allah sehingga saya kembali posting amien.
Meski dalam keterlambatan saya menjumpai Anda dengan sajian Edisi Ramadhan dengan Menu kita.
Banyak yang bilang Hobi ngeblog dan status kerjaan bidang electrical managemen system jangan disangka kalau saya ini juga hobi masak lhoh hehehhehe.

Terbukti setiap hari minggu jika tidak praktek di Kowloon Hospital saya tidak ambil cuti tapi saya gunakan untuk belajar memasak di rumah nenek dengan sajian khas masakan Chinese dan masakan Indonesia banget karena memang keluarga majikan tuh suka masakan Indonesian style.

AlhamduLillah pesenan tahun lalu dari MasDoyok dengan LEPET JAGUNG kali ini dari saya sendiri dengan tema Indonesian Style Banget hehehe.

Langsung saja saya shared dengan menu pertama yakni

Bahan:
Tempe               1/4 batangan(kira-kira irisan 8 potong)
Sayap Ayam      8 biji
Manisa 2 biji sebagai campuran

Bumbu:
Kunyit 1 potong(sebesar ibu jari)
Lengkuas 1 potong(sedikit aja)
Jintan manis  secukupnya
Jintan putih secukupnya
Ketumbar  setengah sendok teh
Minyak
Garam dan Gula
Cabe rawit 3 biji
Santan+air secukupnya

khusus bumbu ayam goreng hanya dibutuhkan sebuah tepung ayam.

Cara membuat
*Potong-potong dadu tempe tersebut,lalu goreng hingga kekuningan
*kupas manisa dan potong dadu lalu tumis sebentar
*Haluskan dan tumis bumbu didalam minyak secukupnya
*Masukkan manisa beserta tempe tumis hingga setengah matang lalu tambahkan air secukupnya
*Aduk dan tambahkan santan kental secukupnya lalu hampir matang tambahkan irisan cabe rawit
*Hampir 8 menit sudah matang dan Siap saji


*Baiklah untuk ayam sangat mudah sekali setelah di cuci bersih dan rendam dalam tepung ayam selama 15 menit
*Goreng ayam hingga matang


Tips:
Untuk menghindari tempe mudah lembek sebaiknya goreng hingga kuning dan hampir matang
Untuk manisa potong pada ujungnya lalu gosok-gosokkan kulitnya untuk menghilangkan getahnya
Kedua bahan(Tempe dan Manisa)merupakan jenis masakan yang susah meresap dalam bumbu sebaiknya masukkan bumbu dengan waktu hampir bersamaan dengan bahan.



Sangat kurang lengkap jika hanya masakan saja tanpa ada DESERT,kalau puasa ini bisa dijadikan sebagai menu buka karena dengan manisan akan membuat perut bersahabat.baiklah saya membuat dengan

Bahan:
Buah Naga    1 buah
Jeruk Segar   1 buah
Sari buah jeruk secukupnya
Bagi yang suka CREAM SODA bisa ditambahkan dengan ukuran 1 cangkir

Cara membuat:
*Kupas buah naga dan belah lalu lubangi pada tengahnya
*Kupas jeruk dan iris-iris dadu
*Masukkan irisan jeruk kedalam lubang buah Naga
*Siapkan mangkuk dan masukkan kedua buah tersebut
*Tambahkan sari buah jeruk kedalamnya dan siap saji
Dapat disajikan dengan selera yakni hangat atau dingin

Sangat terkesan saya membuatnya meski dengan kondisi berjauhan dengan suami namun dengan video cam saya merasa bersyukur saya membuat menu tersebut didampingi dan disaksikan suami melalui video cam.

Semoga Allah mengizinkan dan insyaAllah masih ada Ramadhan secara langsung saya memasak dan menyajikan untuk suami dan keluarga tercinta xixixi amien.

Demikian semoga bermanfaat yach.Ucapan terima kasih kepada mbak NARTI yang secara tidak langsung mengajari saya untuk OLAH DAPUR xixixixi.Masih tedapat banyak ragam masakan kreasi dapur Dhana lhoh hehehe tunggu dan tetap setia yach berkunjung di blog sederhana Dhana ini hehehe terima kasih.


related Article:

156 Was Commented to “Tempe Goreng Bumbu Kuning dan Manisan Buah Naga”

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo