24 September, 2009

3 golongan manusia

Manusia Terdiri 3 Golongan
Ehm.....judul postingan di atas aku ambil dan kurasa tepat sekali,kemarin sore sempat berkunjung di Masjid Kowloon tanpa sengaja aq nguping he..he..nguping ceramah maksude,ustadzah kali ini datang dari negri Timur tengah,seperti biasa ceramah akan memakai bahasa inggris yang kadang bikin aku nyegir meringis dan bikin naik turunkan alis.Dimulailah pada pokok bahasan yakni tentang 3 golongan manusia:

Dengan kalimat muqodimah akhirnya ustazdah tersebut mengisahkan
''Ayyub ibnu Qoryah berkata:Manusia terbagi dalam 3 golongan yakni:orang yang berakal,orang yang dungu,dan orang yang durhaka/fajir/perusak.
Orang yang berakal menjadikan agama sebagai syari'atnya,sabar dan tenang adalah tabiatnya,pandangan dan pikiran sehat menjadi  pedomannya.Orang yang berakal bila ditanya akan menjawab dengan baik,.Kalau berbicara selalu tepat.Kalau mendengarkan uraian ilmu maka ditekuninya dan kalau bercerita ia mengambil dari sumber riwayat.
Orang yang dungu,kalau berbicara mengecewakan orang,kalau bercerita menakut-nakuti dan kalau mengemukakan pendapat  maka pendapatnya tidak bebobot.
Orang yang durhaka/fajir atau perusak ,apabila diberikan amanah maka ia akan berkhianat,bila diajak berbicara maka akan memburuk-burukkanmu,kalau engkau menolongnya maka dia tidak akan melihat kebaikanmu,tidak mampu menyimpan rahasiamu.Kalau kamu belajar ia tidak mau mengambil pelajaran dan hikmahnya,kalau berbicara ia tidak mau mengerti,kalau dibimbing agama ia tidak mau memahami.''
ehm...menurutku ungkapan tausiyah ini penuh bobot he..he..termasuk golonagn mana kita???yang jelas Anda sendiri yang tahu,semoga kita menjadi orang-orang yang termasuk golongan orang-orang yang berakal/selalu berserah diri untuk menggapai Ridho-Nya amien...


related Article:

10 Was Commented to “3 golongan manusia”

  • September 24, 2009 at 4:07 PM
    ~PakKaramu~ says:

    Berhari raya dengan maksud takbir

  • September 24, 2009 at 9:14 PM
    Unknown says:

    ya semua itu atas kekuasaan Allah yang Maha Besar,thnxs for coment ya...

  • September 25, 2009 at 12:18 PM
    shanushy0809 says:

    semoga aja aku jadi orang yang masuk dalam golongan yang baik.
    dan selalu berusaha untuk menjadi golongan yang baik

  • September 26, 2009 at 1:15 AM

    Mudah-mudahan kita semua termasuk golongan orang-orang berakal,Amien...

  • September 26, 2009 at 2:51 PM
    Unknown says:

    @kakSanushy dan kak Baharuddin>amien istiqomah ya kak

  • June 2, 2013 at 5:35 AM

    terimakasih ya, artikel yang sangat bermanfaat sekali untuk saya tentang 3 golongan manusia ini. Salam kenal dan sukses selalu, blog mbak sangat bagus!

  • June 10, 2013 at 12:41 PM

    thanks ilmunya mba, semoga bermanfaat bagi kita semua... :D

  • June 11, 2013 at 11:49 PM
    mobil toyota says:

    kadangkala ada golongan korupsi untuk orang indonesia
    biar gimanapun tetep korupsi terus menerus

  • July 6, 2013 at 10:39 AM

    jadilah manusia yang tergolong baik dan suka berbagi

  • April 3, 2016 at 2:32 PM

    How aware are we of our own inner life, our spirituality-something so intangible yet so priceless? How much effort do we make to perceive that which is not obvious, which can neither be seen nor heard? I believe the exploration and enrichment of the human spirit is what determines our very humanity. Such enrichment provides an inner compass that can lead civilizations to greatness.

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo