20 February, 2010

Kesendirian Dalam Kedamaian

لسلام عليكم جميعا ، والله معنا ، في بسم الله الرحمن

Kesendirian Dalam Kedamaian
''Yang kagak punya  pacar kan gue.Gue aja kagak malu,ngapain loe musti malu?'
Segala puji hanya milik-Nya sehingga sayapun dapat berposting ria,sengaja saya curahkan isi hati saya mengenahi diri saya,yang pada akhirnya semoga sahabat bisa mengambil hikmahnya amien.

Ya kalimat di atas itulah yang sering dilontarkan,pada adik saya mengingat saya masih single hiks..hiks..
''Rina..besok malem kemana?''belajar bareng yuk!''ajak Titin
''Dimana di rumahku aja ya?''jawab yati
''Eh di rumahku aja sekalian ngelirik cowok-nya kakak saya hiks..hiks..''jawab ella layaknya promosi
Mereka bertiga memang kompak apalagi jarak rumah mereka berdekatan.
''itulah kalau punya kakak laris manis,kakak gue kan gaul.nggak kayak kakak loe Rin,rugi Rina..,cantik cantik kagak laku''goda ella pada Rina
Bukan pertama kali teman-teman Rina meledek.Entah sudah berapa kali sebutan ''Bunga Layu Ora Payu'' ia dengar untuk menggodanya.Namun Rina selalu bisa erkelit.Tunggu bulan depan,kakak gue pasti punya pacar.Atau tunggu tiga bulan lagi,jangan kaget kalau tiba-tiba ada undangan buat kalian untuk menjadi penerima tamu di acara pernikahannya.
Tapi untuk ledekan yang kali ini Rina benar-benar tidak bisa mencari jawaban yang pas.Lagian nyatanya sampai sekarang,kakaknya belum ada tanda-tanda punya pacar.

Rina sewot,pamitan dan lari langsung menuju rumah tanpa salam kepada Bapak,Ibu dan kakaknya(Dhana)
Setelah malam tiba Rina dan Dhana duduk berdua di teras depan.Agak ragu Rina mangatakan hasil renungannya,namun karena ejekan teman-temannya diapun tak peduli walau mungkin membuat kakanya tersinggung.
''Mbak Dhana,pacaran gak sich?''tanya Rina
''Pacaran?''kaget Dhana mendengarnya
''Iya,gak pernah mbak?''desak Rina
''Pernah''jawab Dhana dingin
''sekarang?''tanya Rina harap-harap cemas
''Enggak,dulluu...waktu ABG''
''Norak ah diajak ngomong serius malah selengean ta kak'',balas Rina kesal
Bibir Rina seketika jadi monyong,cemberut,terdiam.Dhana tidak tahu sebenarnya yang membuatnya begitu,tak ada angin tak ada hujan tiba-tiba adikknya bertanya soal pacar.
''Eh Rin..hari gini masih ngomongin pacar,basi tahu gak?''memulai pembicaraan.
''Aku tidak peduli apapun alasan kakak.Pokoknya mulai hari ini mbak Dhana harus nyari cowok,Rina malu diledekin teman-teman melulu.''

Dhana masih tidak paham dengan maksud adiknya,Ngapain sich harus pacaran,lagian gak punnya pacar kok dipaksa.Cowok toh bukan barang yang dijajakin di pinggir  jalan,atau mie instant tinggal seduh,lima atau tujuh menit enak dimakan.dan kalo sudah ludes tinggal buang kotaknya,selesai.terang Dhana
''Apa hubungannya gue sama temen-temen loe Rina,mau gue punya cowok atau tidak urusan apa mereka?sebel sich tuh bilangin sama temen-temen kamu jangan sok usil''tambah dhana rada sewot
''Lagian Mbak Dhan..sich..apa gunanya cantik kalau gak laku''?ujar Rina sewot.
Disebut nggak laku,Dhana tercengang,matanya melotot,lalu diam sebentar,kemudian mendekati adikkya.


''Adikku Rina sayang..apa yang adik ketahui tentang pacar?apa yang adik pahami tentang cinta?Bilang ke teman-teman kamu,gue bukannya kagak laku,tapi memang gue yang ga mau.pacaran itu tidak bagitu baik,banyak mudhorotnya.
Buang buang waktu,tenaga,mending mikirin kamu Rin.mikirin kamu aja kepale pusing,apalagi mikirin pacar segala,bisa-bisa kepale botak sebelum nikah''kata si Dhana sambil cengengesan
''Tapi Rina kan malu mbak,setiap hari temen-temen selalu mengolok-olokku''
''Yang kagak punya pacar kan saya.Saya aja kagak malu kenapa kamu musti malu?''
''Rina..bukannya mbak gak ingin  pacaran ,siapa sich yang ga ingin ada yang merindukan,menyayangi  atau memperhatikan,Tapi kalau masih pacaran itu semu.Biar Mbak pacaran sampai 10tahun kalau memang dia bukan jodoh,pasti akan putus,nggak di pacarin kalau memang jodoh pasti nyambung.Apalagi pacaran kan butuh modal gedhe,diapeli,nonton,jajan agh....mending buat modal nikah aja,tul gak?''Rina manggut-manggut membenarkan uraian kakaknya
''Bersyukurlah anak nakal,karena sampai sekarang gue bisa memanjakan kamu.Ada faedahnya kan?so kagak perlu malu,karena kakak kamu kagak punya pacar''.
''ok dech Mbak,mulai sekarang Rina gak akan malu lagi punya kakak nggak laku alias bunga layu durung payu,anggaran pacaran kan bisa mbakDhan kasih ke Rina.''akhirnya tertawa serempak....(cerpen ini yang pernah diterbitkan di majalah islami china)

Nah dari cerpen kisah saya di atas dapat saya jalani dengan seadanya,sewajarnya dan bersabar ,setelah setahun kembali merantau saya dikenalkan seorang cowok,dari batam oleh budhe saya yang tinggal di Batam,saya tahu lelaki ini belum saya ketahui dengan jelas bahkan wajah/rupa tahu lewat foto yang dikirimkan pada saya namun setelah Budhe dan kedua orang tua saya menanyakan keberadaan dan semua tentang lelaki itu syukur alhamduLillah dia sosok lelaki yang sederhana,dan bisa dijadikan imam buat saya.karena kata hati sayapun menerimanya,ya pas hari ultah kado terindah di khitbah amien....Barokallu laka ya Robb.
Jadi teringat dalam kitab kisah NIKAH ZAMAN RASUL yang dialami oleh wanita teladan Atikah binti Yazid hiks..hiks..KESENDIRIAN DALAM KEDAMAIAN akhirnya berbuah manis dan berkah dengan sikap yang sabar dan perajuk seperti yang telah di adaptasi dari Nisa' min Ash at-Tabi'in karya Ahmad Khalid Jum'ah.
Sementara postingan Korespondensi Rasulullah masih saya tunda hiks..hiks..


related Article:

33 Was Commented to “Kesendirian Dalam Kedamaian”

  • February 20, 2010 at 1:26 AM
    Odorica Ion says:

    Salutari, din Romania !

  • February 20, 2010 at 1:33 AM

    odo-->thnxs for visited

  • February 20, 2010 at 1:52 AM
    haniseh says:

    semoga cowok itu impian dan harapan yang di impikan oleh dhanar..klo udah seperti itu pasti berlanjut kepernikahan nih sepertinya...

  • February 20, 2010 at 1:58 AM
    NURMANTO says:

    Ternyata ech ternyata..... senasib xixixixixixi

  • February 20, 2010 at 4:13 AM
    aryadevi says:

    ass, ya kesendirian dalam kedamaian...dilandasi iman, manisnya membuat gulapun mencair.

  • February 20, 2010 at 4:41 AM
    Ronaldoedi says:

    kata2 yang indah, dan selalu teringat pada sang pencipta, selamat pagi.....

  • February 20, 2010 at 5:58 AM
    harto says:

    sendiri tuk merenungkan diri agar bisa berinstropeksi diri memang sangat mengasyikkan.

    sendiri, sendiri kini ku seeendiri lagiii.

  • February 20, 2010 at 7:36 AM
    angger says:

    assalamualaikum,selamat pagi mbak,
    semoga mbak dhana cepat menemukan cowok idamannya.^__^

  • February 20, 2010 at 7:37 AM
    angger says:

    assalamualaikum,selamat pagi mbak,
    semoga mbak dhana cepat menemukan cowok idamannya.^__^

  • February 20, 2010 at 7:38 AM
    angger says:

    assalamualaikum,selamat pagi mbak,
    semoga mbak dhana cepat menemukan cowok idamannya.^__^

  • February 20, 2010 at 7:38 AM

    haniseh-->amien jazhakillah ukhti

    mas NUr-->ehm jadi kita punya cerita sama thnxs ya

    arya-->walaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh,bener juga thnxs ya

  • February 20, 2010 at 8:00 AM
    heru says:

    semoga selalu mendapatkan kebahagian sobat

  • February 20, 2010 at 8:11 AM
    nuansa pena says:

    Alhamdulillah, semoga Allah meridhainya! Mungkin ada yang tidak tahu akan arti "khitbah", menurut buku alfiqhul islami wa’adillatuhu, karya syaikh wahbab az-zuhaidi , ialah menjelaskan rasa suka untuk menikahi seorang perempuan tertentu, dan memberitahu walinya bahwa ia suka. "khitbah" ini bisa disampaikan oleh wali pelamar atau langsung. khitbah dikatakan sah (sempurna) jika wanita yang dilamar atau walinya menyetujuinya.
    Harapan saya semoga cepat kepelaminan! Amin!

  • February 20, 2010 at 8:24 AM
    amcied says:

    wauuu...!!!
    kok smama dngn ak ya ..hehee
    blm wkt'y mkin mba, ntr klu dah dpt wkt'y dpt yg ++
    doa ku kan slalu menyertai mu shobat.hehee

  • February 20, 2010 at 9:09 AM
    shanushy0809 says:

    Tuhan memberikan kita dua kaki untuk berjalan, dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat. Tetapi mengapa Tuhan hanya menganugerahkan sekeping hati pada kita ? Karena Tuhan telah memberikan sekeping lagi hati pada seseorang untuk kita mencarinya......
    tapi.....
    aq belum menemukannya ....

  • February 20, 2010 at 10:50 AM

    Ah ternyata.... , disangka cerita awal di atas beneran , cerpen tapi asyik juga untuk dimengerti oleh para remaja bahwa berpacaran memang banyak mudhoratnya dan yang jelas memang dalam konteks Islam sih, berpacaran tidak ada ya?...., yang ada silaturrahmi yang secara umum tapi tidak dengan lawan jenis , yang bukan muhrim.Syukur Mba' bisa menerapkan konsep yang diinginkan Islam.

    Itu lebih indah, berpacaran dalam mahligai rumah tangga wah asyi..iik, dalam konteks terikat dengan ijab-qobul tanda jadi suami Istri, resmi lebih menarik.wuiii.

    Dalam konteks lain, bunga layu durung payu,lebih baik tuk mempertahankan prinsip, akan tetapi yang kita takutkan adalah seperti pepatah " bunga layu sebelum berkembang" yang tak diharapkan , dan jangan jadikan diri bunga liar, bunga yang mudah dipetik dan terkadang bermakna boleh dipetik oleh orang sembarangan, dan yang jelas mudah layu karena prinsip pemetik" habis manis sepah dibuang"kasian kan.

    Bersyukur, jadilah bunga di taman, bunga yang terpelihara, terawat dan terjaga sepanjang zaman,bunga yang diharapkan oleh semua orang,indah dipandang dan indah untuk dikenang, indah untuk diidam-idamkan semua orang.

    Jadilah bunga ditaman ,zahrotulfirdausi,yang didambakan.zahrotulfirdausi yang nyaan.weleh kepanjangan.......selamat ok.

  • February 20, 2010 at 11:40 AM
    Rizky2009 says:

    pacaran tuh enak loh tp syaratnya harus sudah punya SIM (surat izin menikah) gt

  • February 20, 2010 at 11:43 AM
    bonk ava says:

    cerpenya bagus, dalam , hebat cerpenya pernah di buat di majalah, sebenarnya maseh ada kekurangan dalam cerpen ntu! tapi bagus kok cerpenya!

    cerpenya menjadi inspirasi buat orang lain! keep blogging!

  • February 20, 2010 at 12:09 PM
    kang tejo says:

    alhamdulilah mbak..insyaallah wanita yg soleha untuk lelaki yg soleh begitupula sebaliknya

  • February 20, 2010 at 12:58 PM

    mas Ronal-->amien semoga berkah

    mas Harto-->bener mas Har

    mas angger-->walaikumsalam waRohmatullahi waBarokatuh amien semoga ketemu ya mas

  • February 20, 2010 at 2:16 PM

    heru-->amien makasih ya mas

    mas Nu-->bener mas thnxs ya

    amcied-->amien jazhakallahu ya

    mas sanushy-->sabar mas belum dateng he..he..

    mas subandi->wah siip makasih banyak ya

    rizky-->bener riz makasih

    bonk ava-->ehm kalo boleh tahu kurang apanya ya?thnxs sebelumnya

  • February 20, 2010 at 3:16 PM
    Ambar says:

    halo mba dhana.. apa kabar nie?? sibuk ya??

  • February 20, 2010 at 8:05 PM

    Selamat ya Mbak... akhirnya laku hehehehe.
    Iya nih pacaran jaman sekarang orientasinya berbeda dengan jaman dulu, tapi kata "pak guru" jika jodoh pasti ketemu walau tidak dengan pacaran.
    Salam buat adiknya... Rina, hiks

  • February 20, 2010 at 8:32 PM

    sis ambar-->halo juga alhamduLillah kabar baik

    mas ABC-->eh mas Kam...makasih,iya akan saya sampaikan salamnya thnxs ya

  • February 20, 2010 at 10:25 PM
    Ambar says:

    mba dhana dateng lagi nie.. mau lapor tag selese dikerjakan.. maap lama..

  • April 13, 2011 at 3:22 PM

    Love the blog here Nice colors I am absolutely blockage acquainted to this one Hope to see more

  • November 14, 2012 at 5:36 AM

    jangan hawatir, Jodoh itu sudah ada yang ngatur,kesendirian kadan indah lho..agar kita bisa memnfaatkan ksendirian itu dengan sikap positif

  • November 15, 2012 at 3:41 PM

    Manfaatkan kesendirian untuk mencari jatidiri.

  • June 12, 2013 at 6:47 PM

    artikel yang bagus

  • March 31, 2016 at 3:41 PM

    What I’ve realized is that life doesn’t count for much unless you’re willing to do your small part to leave our children — all of our children — a better world. Any fool can have a child. That doesn’t make you a father. It’s the courage to raise a child that makes you a father

  • October 27, 2016 at 2:36 AM
    Rudy Lay says:

    Super website with a great sharing and amazing stories is ur web.. please keep doing what u do now.. thanks to you.
    Agen Bandarq

    Agen domino

    Domino Online

    agen Bandarq

    Bandar domino99
    agen domino online

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo