26 February, 2010

N-Hexane Beracun?


بِسْمِ اﷲِالرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم
N-Hexane beracun???
Segala puji hanya milik Allah..Sebelumnya saya minta maaf pada semua visitor,komentator dan follower yang kemungkinan besar belum saya reply,belum saya kunjungi balik.afwan yach...semoga tidak kecewa dan tidak menjadikan kabur saat dateng ke rumah Dhana,saya masih berada di Shanghai  china so jadi ngadat dalam nge-blog,maklum ol pakai ponsel yang mudah ngambek dan roaming...
''Dhan loe dapat darimana info ini?''tanya inyong
''ouw ini saya dapet dari China Morning post cece''jawab saya
''kok isi hampir sama dengan dengan yang gue baca di yahoo news?''sergahnya
''loh masa sich?ehm kita oleh menyampaikan sama pada siapapun namun cara menyampaikan itulah yang beragam non..!''tegas saya
''ouw iyo dhan aku seneng dengan gaya bahasamu yang kadang bikin aku mumet..yo dilanjut opo lan piye Dhan?''pintanya
Ehm memang saya sebagai manusia biasa yang banyak salahnya,tapi saya berusaha sebaik mungkin untuk memberikan yang terbaik bagi siapapun gitu.

Setelah membaca pada koran South China Morning post saya menemukan artikel yang membuat saya tertegun,kenapa tertegun karena dari sini ada relevannya dengan ponsel dan tempat kerjasaya yang hampir berdekatan dan kebetulan pula soal electric pembuatan komponen...nah banyak vendor teknologi mengandalkan perusahaan China untuk membuat komponen. Namun sepertinya standar keamanan kurang diperhatikan di sebuah pabrik setelah puluhan pekerja perusahaan bernama Wintek dilaporkan keracunan.Katanya bilang on jun thai yat alias keselamatan adalah utama,weleh kok masih tidak memperhatikan yang satu ini ya?
Syukur bukan di Weidmand electric tempat saya yang kena sorotan tapi di Perusahaan Wintek yang berkantor pusat di Taiwan ini membuat berbagai komponen untuk para vendor ponsel seperti Nokia dan Apple. Salah satunya layar sentuh yang dipakai di produk Apple iPhone dan iPod Touch.Ehm sempat kaget karena saya berencana beli Aplee iPhone buat adik saya,tapi komponen luar di perusahaan kok dhan,lha kalo dipakai apa berpengaruh?maaf dhana belum tahu karena saya belum terjun langsung memakai Aplle iPhone tersebut
Nah, Wintek diberitakan menggunakan bahan kimia beracun bernama N-hexane dalam proses pembersihan layar. N-hexane mungkin adalah pembersih yang baik, namun dapat berbahaya bagi manusia.Kurang penelitian ya sehingga tidak tahu pasti kalau sebenarnya dampaknya sangat membahayakan pekerja.
Loh sebenarnya apa sich N-hexane Dhan???nah setelah saya terjemahkan N-hexane ini merupakan bahan kimia yang digunakan untuk cleaning up alias bahan pembersih komponen electric,zat ini memang agak keras dan tidak seperti zat lainnya yang bisa digunakan namun tidak sebersih H-hexane ini.tapi ya itu loh resikonya Jika dihirup dalam jangka panjang, N-hexane bisa mengganggu sistem saraf. Dari sini Terbukti 49 pekerja Wintek keracunan N-hexane dan dirawat di rumah sakit.
Sempat saya lihat di tayangan televisi CCTV mengenahi keracunan hal ini. Sebelum keracunan terjadi, sebagian pekerja di Wintek sudah pernah demonstrasi terkait buruknya kondisi kerja.Lha kalo seperti ini bisa bisa demo bikin parahnya keadaan perusahaan ya?Apalagi kasus itu memicu keprihatinan tersendiri mengingat kesehatan pekerja tampak diabaikan. Pihak pabrikan pun berhenti memakai N-hexane dan menghukum beberapa staff yang bertanggungjawab.Nah langkah yang diambil semoga memuat keselamatan para kekerja terjamin.
Menanggapi kasus ini, pihak Nokia menyatakan sudah memastikan proses produksi ponselnya tak memakai N-hexane. Sedangkan Apple belum berkomentar.Semoa ke depan perusahaan electric dapat memaksimalkan komponen-komponen yang digunakan dalam keterkaitan produksi barang-barang electric tentunya.
Demikian yang dapat dhana sampaikan semoga info ini bermanfaat dan terima kasih salam blogger and good luck ya.



related Article:

14 Was Commented to “N-Hexane Beracun?”

  • February 26, 2010 at 8:47 PM
    Amdhas says:

    nice info sobat,,jadi tau N-hexane

  • February 26, 2010 at 10:12 PM

    Hp saya kebetulan Nokia, tapi sudah agak lama..
    mudah mudahan gk beracun, hehe^^

    thanks for info^^

    salam blogger :D

  • February 26, 2010 at 10:29 PM

    berarti harus hati-hati ya, info yg benar-benar manfaat untuk jaga2..

  • February 26, 2010 at 10:31 PM
    sabirinnet says:

    patutnya perusahaan tersebut harus disetriilkan, dan yg sudah terjangkit benar-benar diobati maksimal, supaya tidak menjangkit kepada yg lain..

  • February 26, 2010 at 11:21 PM
    Rizkyzone says:

    wah HP q juga nokia mb' tp dah d ambang musium..... tp masih bisa dipakai walaupun g bisa lama, bentar2 ngeces.... rizky tunggu kedatangan mb' dhana

    Renungkan Wahai Sahabat Ku

  • February 27, 2010 at 5:54 AM

    Jangan jangan seperti kejadian tempo hari yang lalu, melamin.
    Wah Mbak Dhana mesti hati hati dong, jika pengen beliin Adeknya iPhone... kasian juga kan kalo konsumen kena imbas dari N Hexane.

  • February 27, 2010 at 6:00 AM
    Unknown says:

    mas ber-->semoga bermanfaat ya

    mas loc-->kebetulan pada hp rakitan dahulu tidak bermasalah kok

    rum-->iya harus hati hati mas thnxs ya

    mas sabiri-->bener mas pihak perusahaanlah yang harus menindaklanjuti dan juga para pekerja juga tentunya

    riz-->jgn bingung ntar aku belikan yg siip riz..

  • April 13, 2011 at 2:05 PM

    If they/you went for it afresh it accept to beggarly you like something in that field(family law) I wouldn t go for that just because of soo abounding activity belief and mistreats of accouchement and alarming annulment matters Law academy would be about the same just a altered aisle of a concentration

  • December 5, 2012 at 12:14 PM

    artikel yang sangat bermanfaat.

  • July 15, 2013 at 10:49 AM
    Ayo Lihat says:

    wah bahaya juga ya, apalagi ponsel itu seperti kebutuhan pokok bagi kita...

  • July 27, 2013 at 5:45 AM
    Aussie says:

    ponsel saat ini sudah merupakan kebutuhan pokok, jadi hati-hati saja dengan radiasinya.

  • September 8, 2013 at 10:48 AM

    berarti kita harus berhati-hati dengan itu...terimakasih mbak Dhana..

  • October 4, 2013 at 2:05 AM
    readmore says:

    wah berarti kita harus hati-hati ya..

  • March 31, 2016 at 2:59 PM

    We're so engaged in doing things to achieve purposes of outer value that we forget the inner value, the rapture that is associated with being alive, is what it is all about.

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo