26 February, 2010

N-Hexane Beracun?


بِسْمِ اﷲِالرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم
N-Hexane beracun???
Segala puji hanya milik Allah..Sebelumnya saya minta maaf pada semua visitor,komentator dan follower yang kemungkinan besar belum saya reply,belum saya kunjungi balik.afwan yach...semoga tidak kecewa dan tidak menjadikan kabur saat dateng ke rumah Dhana,saya masih berada di Shanghai  china so jadi ngadat dalam nge-blog,maklum ol pakai ponsel yang mudah ngambek dan roaming...
''Dhan loe dapat darimana info ini?''tanya inyong
''ouw ini saya dapet dari China Morning post cece''jawab saya
''kok isi hampir sama dengan dengan yang gue baca di yahoo news?''sergahnya
''loh masa sich?ehm kita oleh menyampaikan sama pada siapapun namun cara menyampaikan itulah yang beragam non..!''tegas saya
''ouw iyo dhan aku seneng dengan gaya bahasamu yang kadang bikin aku mumet..yo dilanjut opo lan piye Dhan?''pintanya
Ehm memang saya sebagai manusia biasa yang banyak salahnya,tapi saya berusaha sebaik mungkin untuk memberikan yang terbaik bagi siapapun gitu.

Setelah membaca pada koran South China Morning post saya menemukan artikel yang membuat saya tertegun,kenapa tertegun karena dari sini ada relevannya dengan ponsel dan tempat kerjasaya yang hampir berdekatan dan kebetulan pula soal electric pembuatan komponen...nah banyak vendor teknologi mengandalkan perusahaan China untuk membuat komponen. Namun sepertinya standar keamanan kurang diperhatikan di sebuah pabrik setelah puluhan pekerja perusahaan bernama Wintek dilaporkan keracunan.Katanya bilang on jun thai yat alias keselamatan adalah utama,weleh kok masih tidak memperhatikan yang satu ini ya?
Syukur bukan di Weidmand electric tempat saya yang kena sorotan tapi di Perusahaan Wintek yang berkantor pusat di Taiwan ini membuat berbagai komponen untuk para vendor ponsel seperti Nokia dan Apple. Salah satunya layar sentuh yang dipakai di produk Apple iPhone dan iPod Touch.Ehm sempat kaget karena saya berencana beli Aplee iPhone buat adik saya,tapi komponen luar di perusahaan kok dhan,lha kalo dipakai apa berpengaruh?maaf dhana belum tahu karena saya belum terjun langsung memakai Aplle iPhone tersebut
Nah, Wintek diberitakan menggunakan bahan kimia beracun bernama N-hexane dalam proses pembersihan layar. N-hexane mungkin adalah pembersih yang baik, namun dapat berbahaya bagi manusia.Kurang penelitian ya sehingga tidak tahu pasti kalau sebenarnya dampaknya sangat membahayakan pekerja.
Loh sebenarnya apa sich N-hexane Dhan???nah setelah saya terjemahkan N-hexane ini merupakan bahan kimia yang digunakan untuk cleaning up alias bahan pembersih komponen electric,zat ini memang agak keras dan tidak seperti zat lainnya yang bisa digunakan namun tidak sebersih H-hexane ini.tapi ya itu loh resikonya Jika dihirup dalam jangka panjang, N-hexane bisa mengganggu sistem saraf. Dari sini Terbukti 49 pekerja Wintek keracunan N-hexane dan dirawat di rumah sakit.
Sempat saya lihat di tayangan televisi CCTV mengenahi keracunan hal ini. Sebelum keracunan terjadi, sebagian pekerja di Wintek sudah pernah demonstrasi terkait buruknya kondisi kerja.Lha kalo seperti ini bisa bisa demo bikin parahnya keadaan perusahaan ya?Apalagi kasus itu memicu keprihatinan tersendiri mengingat kesehatan pekerja tampak diabaikan. Pihak pabrikan pun berhenti memakai N-hexane dan menghukum beberapa staff yang bertanggungjawab.Nah langkah yang diambil semoga memuat keselamatan para kekerja terjamin.
Menanggapi kasus ini, pihak Nokia menyatakan sudah memastikan proses produksi ponselnya tak memakai N-hexane. Sedangkan Apple belum berkomentar.Semoa ke depan perusahaan electric dapat memaksimalkan komponen-komponen yang digunakan dalam keterkaitan produksi barang-barang electric tentunya.
Demikian yang dapat dhana sampaikan semoga info ini bermanfaat dan terima kasih salam blogger and good luck ya.



related Article:

17 Was Commented to “N-Hexane Beracun?”

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo