12 December, 2010

Islam In Shanghai Dhana Views

Islam in Shanghai Dhana Views
伊斯兰教在上海dhana意见
Karena saya lebih sliweran di Shanghai dari pada Macau,Hongkong,Shen zhen,maka saya mengulas tentang Islam in Shanghai Dhana Views(Islam di Shanghai menurut pandangan Dhana).

DhanaArsega:China merupakan negara berpenduduk terbesar dengan jumlah populasi lebih dari 1.3 milyar dengan perkiraan 95%penduduk berbangsa HAN.Dari letak geografis China merupakan negara terbesar di Asia timur dan merupakan ketiga terbesar setelah Rusia dan Kanada.
Mari Go Cina Kalau mengulas Islam di China saya mengenal sejarahnya Islam diperkirakan menyebar pada tahun 1300,Sedangkan mulai berkembang pada tahun 651 Masehi dipegang oleh dinasti TANG dimana dinasti tersebut merupakan dinasti yang paling makmur waktu itu.

Kalau di China sendiri terdapat lebih dari 20 juta penduduk dari 10 suku bangsa yang beragaman Islam,sedangkan bahasa beragam sampai 56 bahasa(kalau saya hanya menguasai  4 rgam bahasa Cina xixixi).
Sejak diresmikan tahun 1949 agama Islam berkembang pesat.Kita mengenal dasar China bagi yang meninggal DIBAKAR kalau sekarang pemerintah Cina menyediakan tanah khusus untuk umat Islam yang dikebumikan.Pemerintah juga memberikan sebuah subsidi kepada Masjid dan persatuan Islam di China untuk meperbaiki bangunan(masjid).Sekarang kawasan islam di Beijing dalam distric XUANWU吴璇 semakin indah.


Nah Islam in Shanghai上海 Dhana views ini terdapat pandangan tersendiri,shanghai merupakan kota utama di China.Di tempat ini juga terdapat 7 masjid,14 orang sebagai Imam yang khusus,kalau ditanya jumlah penduduk Islam di shanghai ini berkisar mencapai 60 ribu orang.


Sedangkan Islam diperkenalkan di Shanghai pada zaman dinasti Ming,pada waktu itu tentara telah ditempatkan di kawasan Shanghai yang dimana para pasukan menganut agama islam sehingga praktek perkenalan Islam ini berkembang dengan cepat.Masjid tertua dan merupakan masjid pertama di Shanghai Songjiang.

Dari perkembangan itu sekarang telah banyak umat islam,beberapa masjid Caoxiwen(曹曦文),masjid jalan Zejiang泽江,masjid Xiaotaoyuan(肖桃元),lain lain telah berkembang dan lahir di kawasan Shanghai.
Dhana sendiri sering menjumpai beberapa rekan yang kebetulan dari negri setanah Air entah itu sekedar melancong atau memang tinggal di Shanghai.





Sekarang Shanghai memiliki tempat yang bernuansa Islam baik sekolah,restoran,hotel,rumah sakit,pabrik makanan,pabrik pemotong hewan halal.sehingga saya merasa aman dan nyaman dari firus babi hehehe.
Demikian Islam in Shanghai Dhana Views atau perkembangan Islam di Shanghai dari pandangan Dhana.Untuk cewek-cewek ABG Shanghai menyusul yach karena saya juga belum sempat jepret mereka xixixi.


related Article:

78 Was Commented to “Islam In Shanghai Dhana Views”

  • December 12, 2010 at 10:06 AM

    السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    ——
    Masya ALLAh, gak menyangka..naunsa Islam memang sudah membau ke seluruh penjuru ya mba..

    jadi terharu...

    Tiba-tiba saya ingat juga cerita guru saya..

    ——

    صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد – صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

  • December 12, 2010 at 10:09 AM
    Common Cyber says:

    Salam Sahabat Common Cyber
    *********************************

    Maaf agak OOT,,,mba Dyhana bs 4 macam bahasa China..keren ouh mba? Saya gak bs sama sekali...
    Cuma bs bahasa asli indo, dtambah Jawa dan inggris...
    kalo mba bs china berarti jd 7..wah..wah

  • December 12, 2010 at 10:10 AM
    sibutiz says:

    wach,keren banget ya mbak masjidnya disana....
    jadi pingin kesana....

  • December 12, 2010 at 10:44 AM
    BLOG-SANTAI says:

    wah.. Hebat mbah dhana bisa paham 4 ragam habasa sana.. Kalo di Indonesia mungkin ragam bahasa daerahnya kali ya?

    Btw, dokumentasinya mantab & informatif :)

  • December 12, 2010 at 11:21 AM
    kira says:

    islam gitu loh, emang mantab. hehehehe
    tapi aku ingin foto2 jg disana, ajak jg donk...
    wkwkwkwkwkwkwk

  • December 12, 2010 at 12:19 PM
    TOP BLOG® says:

    Wah seneng nya Liat Foto2 ini....

  • December 12, 2010 at 12:22 PM

    Subhanallah..................

  • December 12, 2010 at 12:27 PM
    Yopi Bukhori says:

    Wah gak nyangka mbak dhana sudah jalan-jalan ke sana lain kali ajak-ajak ya mbak... ^_^ oh ya menurut artikel yang pernah saya baca kabarnya Wong Fei Hung seorang Muslim.

  • December 12, 2010 at 12:39 PM

    Salam BLogger mbak,,,
    wuih mantep,,,,
    makash mbak,,,,artikelnya,,,

  • December 12, 2010 at 12:52 PM
    Hammsidh says:

    Salam Sahabat
    Waw, masjidnya unik - unik ya mbak

  • December 12, 2010 at 2:07 PM
    Pakies SM says:

    aww mbak, ketika musim haji jamaah dari cina kayaknya banyak juga, mereka selalu berseragam sehingga gampang dikenali.
    Pict masjid paling atas mirip pagoda ya mbak

  • December 12, 2010 at 2:47 PM
    Faril says:

    wah,,orang di negeri China juga banyak yang muslim ya..nggak nyangka bisa sebanyak itu..apalagi Shanghai yang terkenal sebagai salah satu pusat peradaban China..
    Masjidnya juga punya ciri khas tersendiri,,lebih mirip ke budaya asli..tidak perlu mengadopsi bentukan Masjid di Timteng..lebih bagus menurut saya..

  • December 12, 2010 at 4:41 PM

    semoga islam di china makin maju dan makin banyak pengikutnya ya mbak... Amin....

  • December 12, 2010 at 5:00 PM
    Anonymous says:

    carilah ilmu walau ke negri cina (hadis dhoif, tapi bagus buat penyemangat)


    Linduaji Masman

  • December 12, 2010 at 5:13 PM
    Padly says:

    Dengar-dengar seorang Wong Fei Hung -yang filmnya diperankan Jet Li- juga seorang tabib muslim, tapi karena ada konspirasi untuk mengucilkan Islam... muslimnya Wong Fei Hung tidak di ekspose.

    Yeah, sejarah memang milik para pengusa ya?

  • December 12, 2010 at 8:06 PM
    fb says:

    Wah hebat Mbak Dhana bisa 4 bahasa China.. yg sering itu KAnton sama Mandarin ya Mbak?.. BTW itu China cuma 56 bahasa aaja ya.. Kalah dong sama Indonesia bahasanya lebih banyak.. :D

  • December 12, 2010 at 8:09 PM
    bippi says:

    masjidnya unik mba... :D

  • December 12, 2010 at 8:30 PM
    Teras Info says:

    Subhanallah, alhamdulillah...ternyata di Shanghai banyak juga umat Islamnya ya......

    tapi, ngomong2 kapan saya bisa bertandang ke Shanghai ya...he..he..

  • December 12, 2010 at 9:09 PM
    Kelpo says:

    Wah keren ya, semua ada di China ... ;)

  • December 12, 2010 at 9:27 PM
    Rchymera says:

    Wach jadi ingin kesana dan melihat keanekaragaman budayanya tapi apa daya kantok tak sampai,masjid disana benar2 sangat bagus dan ingin juga rasanya melaksanakan ibadah disana.

  • December 12, 2010 at 9:38 PM

    mengikuti mba...^_^ walau tanpa jejak di belakang....

  • December 12, 2010 at 11:53 PM

    wah.. penganut islam ternyata di cina juga banyak ya bu??

  • December 13, 2010 at 2:01 AM
    Ahmad Roni says:

    Subhannallah. . . . .
    Ternyata Arsitekstur Masjid nya, Arsitekstur bangunan Cina asli. . . .

  • December 13, 2010 at 6:33 AM

    keren ya kalo sholat di luar negeri
    \pasti beda...

  • December 13, 2010 at 7:10 AM

    Salut....memang dari dulu salah satu keunggulan Islam adalah mampu menyesuaikan diri dgn situasi dimana Islam itu berkembang. Jangankan di Cina, di negeri Paman Sam saja Islam bisa tumbuh subur.
    Sekarang tinggal tugas umat Islam adalah, mari.....warnai ke-Islaman kita dengan mewujudkan ajaran Islam dengan baik dan benar entah di negara manupun kita berada.

  • December 13, 2010 at 7:36 AM
    safru says:

    Jadi tahu nich sejarah Islam di China n foto masjid Xian nya bagus mbak

  • December 13, 2010 at 8:18 AM

    lumayan banyak juga yach mbak pengikut islam di shanghai china....

  • December 13, 2010 at 11:37 AM
    Newbiez Jr says:

    wah, jadi takjub dengan umat islam di shanghai..
    =D

  • December 14, 2010 at 4:57 AM

    @Ahmad Bumi Fattahiya begitukah kultur umat muslimnya

  • December 14, 2010 at 4:58 AM

    @Common Cyberiya sekalian buat belajar sis

  • December 14, 2010 at 4:59 AM

    @sibutiziya silahkan datanag sis aku jemut ntar hehhee

  • December 14, 2010 at 4:59 AM

    @BLOG-SANTAIiya mas memang bahasa beragam gitu

  • December 14, 2010 at 5:00 AM

    @kiraya silahkan kalau mau ayo datang hehhe

  • December 14, 2010 at 5:02 AM

    @TOP BLOG®ya silahkan di lihat lihat mas

  • December 14, 2010 at 5:04 AM

    @Dedi SuparmanwalhamduLillah mas

  • December 14, 2010 at 5:05 AM

    @Yopi Bukhoriwah malah blum tahu mas

  • December 14, 2010 at 5:08 AM

    @Rumah Imajinasi - Gudang Artikelmakasih juga yah

  • December 14, 2010 at 5:09 AM

    @Hammsidhiya uni unik masjidnya mas

  • December 14, 2010 at 5:11 AM

    @Pakies SMbener sekalai memang dah banyak dan meman mirip pagoda mas

  • December 14, 2010 at 5:12 AM

    @Fariliya mas faril lebih bagus yach

  • December 14, 2010 at 5:12 AM

    @Fariliya mas faril lebih bagus yach

  • December 14, 2010 at 5:14 AM

    @Indonesia Siap Bersaing Di SERPamien terima kasih yach

  • December 14, 2010 at 5:15 AM

    @Anonymousterima kasih ma slindu aji kok tumben gak hidup link nya

  • December 14, 2010 at 5:16 AM

    @Padlyiya mas tapi secara konkgritnya saya belum tahu

  • December 14, 2010 at 5:19 AM

    @fbiya mas itu yang saya ketahui kkhoh

  • December 14, 2010 at 5:21 AM

    @bippiiya mas bippi unik banget

  • December 14, 2010 at 5:28 AM

    @Teras Infoiya mas makasih yach

  • December 14, 2010 at 5:30 AM

    @Kelpoiya mas keren keren

  • December 14, 2010 at 5:31 AM

    @Rchymerakalau ingin silahkan dateng kalo gitu mas

  • December 14, 2010 at 5:32 AM

    @aryadevi sudut kelashehehe silahkan gak ppa mas dari belakang

  • December 14, 2010 at 5:33 AM

    @mobil keluarga ideal terbaik indonesiaiya banyak mas penganut islam di China

  • December 14, 2010 at 5:34 AM

    @Ahmad Roniiya mas emua memang asli

  • December 14, 2010 at 5:36 AM

    @rezKY p-RA-tamaiya makanya datang aja keluar negri hehehe

  • December 14, 2010 at 5:37 AM

    @belajar_komputeriya mas perkembangan yang abgus umat islam di china

  • December 14, 2010 at 5:39 AM

    @safruiya mas memang bagus

  • December 14, 2010 at 5:41 AM

    @Asis Sugiantoiya mas banyak sekarang

  • December 14, 2010 at 5:42 AM

    @Newbiez Jrhehehe memang keindahan Shanghai memukau mas

  • December 14, 2010 at 2:57 PM

    Wah ternyata tidak sedikit juga yang memeluk Islam di Shianghai. Kapan ya bisa berkunjung ke negeri Ilmu
    seperti pepatah mengataan
    Tuntutlah Ilmu sampai ke Negeri China
    hehehehee

  • December 14, 2010 at 7:33 PM

    @Media Semarangiya mas lha iya kapan ke shanghai saya tunggu mas xixixi

  • December 14, 2010 at 7:33 PM

    @Media Semarangiya mas lha iya kapan ke shanghai saya tunggu mas xixixi

  • April 13, 2011 at 12:31 PM

    Aw this was a actually abundant post In approach I d like to address like this aswell demography time and absolute accomplishment to accomplish a acceptable article but what can I say I adjourn alot and never assume to get something done

  • December 19, 2012 at 8:47 AM

    ragam bahasa sampai 56..... masih banyakan Indonesia

  • May 30, 2013 at 12:54 AM

    wah keren sekali ya mbak,,islam memang agama indah...di tandai dengan bangunan mesjid diseluruh dunia termasuk Cina

  • June 5, 2013 at 11:44 PM

    saya juga pernah membaca artikel, meskipun minoritas tetapi pemeluk agama islam mendapatkan kesempatan yang sama dengan pemeluk agama budha untuk merayakannya...toleransi beragama yang indah di negara RRC

  • June 7, 2013 at 5:16 PM
    Read More says:

    Subhanallah....
    Ternyata Arsitekstur Masjid nya, Arsitekstur bangunan Cina asli. . . .

  • July 2, 2013 at 8:42 AM
    gaji dobel says:

    arsitektur masjid di shanghai, unik juga ya

  • July 19, 2013 at 2:18 PM
    hartono says:

    infonya bagus dan sangat menarik

  • August 19, 2013 at 7:10 PM

    Ternyata Islam disana berkembang pesat ya, jadi kepengen berkunjung kesana.

  • August 21, 2013 at 7:04 AM

    Memang sejarah tidak pernah salah bila Islam sudah berkembang sejak dulu di Cina, semoga kita bisa saling membantu dengan saudara kita yang jauh disana.
    Thanks
    Toko Lady Fem

  • October 29, 2013 at 10:35 AM

    artikel yg bagus dan sangat bermanfaat

  • November 9, 2013 at 3:02 AM

    ternyata orang di negeri China juga banyak yang muslim ya, makasih mbak Dhana atas infonya!

  • January 21, 2014 at 7:13 PM

    baru tahu nih makasih infonya gan

  • December 1, 2014 at 9:11 AM
    septick tank says:

    salam sukses terus mba dhana .....

  • December 1, 2014 at 9:13 AM

    waaahh jadi pengen kesana ....

  • December 1, 2014 at 9:16 AM
    stp biotech says:

    thx postingan y mba ....

  • December 29, 2014 at 3:36 PM

    Masjidnya bener-bener kental dengan bangsa China. Terima kasih mba sudah berbagi sangat menarik dan memberikan pengetahuan baru

  • March 23, 2016 at 2:54 PM

    Let's think the unthinkable, let's do the undoable. Let us prepare to grapple with the ineffable itself, and see if we may not eff it after all.

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo