17 March, 2011

Wajah Kehidupan Modern

Segala Puji hanya milik Allah Swt.

Kehidupan modern identik dengan kehidupan maju,dan menjanjikan berbagai fasilitas kenyamanan hidup.Mulai makanan,minuman,pakaian,transportasi,komunikasi sampai dunia hiburan.Wajah alamiah lingkungan kita telah berubah menjadi semakin sintesia dan instan. Manusia modern yang dimanjakan oleh berbagai penemuan teknologi yang berkembang pesat,diantaranya transportasi dan komunikasi.Kita tidak perlu repot dan capek untuk menempuh jarak yang jauh,katakanlah Surabaya-Jakarta.Jarak sekiatr 5oo km itu kini bisa kita tempuh dengan pesawat hanya dalam waktu sekitar 1jam.Bahkan Surabaya-Jeddah yang berjarak ribuan kilometer,bisa ditempuh hanya dalam waktu 9-10 jam.Nah akankah serinring berjalan memang beralih dengan wajah kehidupan modern yang membuncah?


Perkembangan dunia informasi jauh lebih dahsyat lagi,komunikasi antar-kota,antar negara bukan soal yang sulit lagi.Bisa dilakukan secara online dan live,pada saat itu juga.Demikian juga dengan kejadian-kejadian di seluruh penjuru Bumi bisa diketahui oleh penduduk bumi lainnya di pelosok yang berbeda dalam waktu yang hampir bersamaan.Ini semua karena perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang luar biasa pesat. Planet bumi telah menjadi tempat yang kecil bagi dunia telekomunikasi dan informasi.Just small village,bagaikan sebuah desa kecil,dimana penduduk desa itu bisa saling berhubungan lancar dan kenal satu sama lainnya.Peradapan manusia yang maju sangat menakjubkan itu telah merubah pola dan gaya hidup kita secara signifikan sebagai penampakan yang merupakan wajah kehidupan modern sudah sangat luas. 

Dan lebih jauh,kemajuan peradapan juga telah semakin menakjubkan sosok manusia sebagai fitrahnya sendiri sebagai makhluk spiritual.Seringkali,agama justru dianggap sebagai belenggu dan beban dalam kehidupan manusia.Sehingga beragama telah berubah menjadi sekedar formalitas dan ritual belaka.Atau,bahkan banyak yang mulai menanggalkannya dari keseharian hidupnya,meskipun KTP-nya masih menunjukkan bahwa ia beragama. Maka,apakah yang mesti kita lakukan???Kuncinya,agaknya cuma satu,yaitu kembali kepada keseimbangan penciptaan kita sebagai manusia yang diserahi menjadi khalifatu fil ardhi-manajer planet Bumi yang bijaksana.

Dimanakah 'juklak'(petunjuk pelaksanaannya) bisa diperoleh?Ada di dalam firman -firman Allah di dalam al-Qur'an al karim.... Nah bagaimana wajah Anda di kehidupan modern ini?apakah terbius oleh arus teknologi informasi tanpa memperhatikan keridor agama?apa yang seharusnya kita lakukan agar seimbang antara teknologi intelektual dan spiritual?jawabnya Anda sendirilah yang mengetahui....Semoga bermanfaat salam blogger dan salam sukses.
(corpoorate by Agus Mustofa-malang)


related Article:

101 Was Commented to “Wajah Kehidupan Modern”

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo