21 July, 2011

Belajar Aksara Cina

Segala Puji hanya milik Allah sehingga saya kembali menjumpai Anda amien.
Seperti  sebelumnya yang teruraikan pada Dhana on Bing n Baidu dimana disitu semua menggunakan aksara Cina.Ada nas Denny pemilik blog Daw-xp.blogspot yang memberikan komentar bertuliskan Bingung saya bahasanya. Hanya satu pertanyaan yang bisa dikatakan "Gimana ya mb' Dhana bisa belajar bahasa Cina tersebut?" wkwkw :D hehehe kalau bahasa sich udah sebelum berangkat ke Cina kalau AKSARA CINA ini yang rumit xixixixi.

Nah dari pertanyaan itulah terbesit diri saya untuk berbagi Belajar Aksara Cina seperti yang saya lakukan dengan cara mudah dan otodidak tentunya karena sejak tiba di negeri Cina saya sama sekali tidak mengerti aksara ja'im ini.Setelah dipelajari ehm lumayan mudah juga xixixi.

Kok bisa belajar aksara Cina mbak?
Iya saya tiba ditempat kerja saya baru 4 bulan saya disekolahkan lagi di sebuah sekolah kesehatan Santa John ehm mungkin neng Tary kitty tahu tempat ini,yang bermarkas di Wanchai itu lhoh untuk prakteknya saya langsung di Kowwlon Hospital sampai sekarang jika ada waktu luang saya sempatkan menengok kelas yang dulu pernah saya duduki dimana hanya ada 1 orang Indonesia yang kuper,pendiam,hidung pesek siapa lagi kalau bukan pemilik blog Dhana ini hehehe.Disitulah awal saya belajar aksara Cina dimulai dari NOL BESAR hingga NOL GROWONG hehehehe...dibantu kakek saya yang sering mengajak tebak-tebakkan aksara Cina.

Bagaimana Mbak belajarnya?
Awalnya saya kaget banget aksara Cina sangat ribet mbulet ruwet pokoknya,sampai saya mumet hampir tidak sanggup akhirnya teringat ketika sekolah di Indonesia disitu kan ada kegiatan Pramuka yang menggunakan sandi rumput xixixixi....
langsung saja ya

Step One aksara Cina berdasarkan dasar huruf Alpha

Aēi
B
C西
D
E
F艾弗ài fú
G
H艾尺ài chǐ
Iài
Jjié
Kkāi
L艾勒ài lè
M艾马ài mǎ
N艾娜ài nà
Oó
P
Q吉吾jí wú
R艾儿ài ér
S艾丝ài sī
T
U伊吾yī wú
Vwéi
W豆贝尔维dòu bèi ěr wéi
X艾克斯yī kè sī
Y吾艾wú ài
Z贼德zéi dé

Step two dengan Angka 


ChinesePinyin
1
2èr
3sān
4
5
6liù
7
8
9jiǔ
10shí

0零 / 〇líng



Nah yang saya sebutkan semua yang pemula yakni BASIC,dari  kedua basic itulah saya berangkat dan menuju pada sebuah kata yang terbentuk satu persatu saya pelajari hingga saya bisa menuliskan nama saya sendiri dengan pensil yang waktu itu membuat saya bangga sendiri dalam hati xixixixi.....Meski ada LEARN CHINESSE BY ONLINE tetapi saya memilih langsung dipandu karena lebih memudahkan saya corat-coret gitu lhoh.

Dan kini akhirnya saya bisa membaca,menulis dan menerjemahkan aksara Cina meski masih jadul dan belum mahir namun saya sangat bersyukur sekali hingga buku harian saya sengaja saya tulis dengan aksara Cina hehehehe.

Jika terdapat salah kata atau salah ketik saya mohon maaf sebesar-besarnya yach
Akhirnya begitulah true story yang saya alami dari berangkat sekolah nol besar hingga nol growong membuat saya semakin ingin terus belajar dan memperdalam aksara Cina. amien semoga bermanfaat ya


related Article:

116 Was Commented to “Belajar Aksara Cina”

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo