12 August, 2011

Tumisan Sayur dan Kolak Ketela

Segala Puji hanya Milik Allah Swt sehingga saya kembali posting.amien.
Panas bannget cuaca hari ini sehingga menggugah saya untuk semakin semangat menjadikan yang adem-adem dengan Menu Kita xixixi.

Kemungkinan ada yang bertanya kok ada bahan-bahan masakan ala Indonesia ya jelas adalah,kan ada perwakilan yang langsung menyediakan tuh Toko Indonesia maksudnya hehehe.
Seperti kata Kang Sofyan,''mbak kalau di Cina ada tidak kolak Pisang?''
langsung saya jawab ''jelas adalah tapi itu buatan saya sendiri hehehe...
Seperti mas Ari Purwoko juga yang lagi haus  bukan hanya Haus Cinta namun juga Haus Air alias ngelak katanya hehehe.

baiklah langsung pada Menu Kita yang mengisi Edisi Ramadhan kali ini.

Bahan:
Tumisan sayur
1 ikat kecil Sayur Sawi Ijo
2 batang Sosis Ayam
Kerupuk(beli xixixi)
Minyak sedikit

Bumbu:
Sedikit air Kaldu ayam
Kecap asin
1 ruas Jahe keprak
Garam

Bahan soup:
1 batang aja Wortel
2 buah tomat segar
2 batang kentang
Bumbu soup:
1/4 liter kaldu ayam
1 sdt merica bubuk
1 sdt garam
Air putih menurut selera

cara membuat Tumisan sayur
*Cuci bersih sayur,potong menurut selera,iris juga sosis ayam sesuai dengan selera Anda juga
*panaskan minyak masukkan jahe ,masukkan sosis dan sayur aduk rata
*masukkan bumbu kaldu ayam,kecap asin dan garam aduk hingga sayur layu dan siap saji.

Cara membuat Soup:
mudah sekali lhoh
*rebus Air(kalau saya menggunakan 1 mangkok kecil) lalu tambahkan kaldu 
*masukkan bahan Wortel,kentang dan tomat setelah itu masukkan merica bubuk dan garam
*masak hingga matang dan siap saji

Tips:
*untuk sosis ayam biasanya lembab dan rada amis untuk menghindari ini sebaiknya anda goreng-goreng dengan minyak sedikit baru setelah siap denganbtumisan sayur dimasukkan.
Untuk soup agar tomat tidak mudah pecah dan lembek silahkan pilih tomat segar dan masukkan kedalam air soup menyusul setelah wortel dan kentang.

Nah bagimana dengan Desertnya mbak?
Baiklah berhubung saya belum sempat membuat kolak pisang seperti Kang Sofyan namun saya sediakan menu desert dengan Kolak Ketela.Mudah sekali di dapatkan di market terdekat,apalagi lagi -lagi ketela(Ubi jalar)hasil dari Jepang.Ini bahasanya pakai ketela apa telo apa Ubi jalar atau rambat yach?bingung saya,wes intinya kolak telo ngunu wae hehehe.


Bahan:
2 buah Ketela(Ubi jalar)
1/2 bungkus agar-agar warna ijo + sari pandan
1/2 bungkus agar-warna merah + sari strowberry
2 mangkok sedang santan kental
Air secukupnya
Gula secukupnya(pakai Gula kelapa atau gula merah lebih nikmat)

Cara membuat:
*untuk agar agar saya rasa Anda sudah bisa tinggal di rebus air ,masukkan agar-agar dan tambahkan sari pandan,demikian dengan sari strowberry proses mebuatnya sama,kalau sudah dinginkan hingga mengeras,lebih bagus jika di masukkan ke dalam lemari pendingin.
*rebus air dan masukkan ketela tersebut,tambahlan gula dan santan didihkan hingga matang
*siap saji diatas mangkok dengan paduan irisan kotak agar-agar 2 warna tadi

Tips:
*untuk menghindari gumpalan pada agar-agar sebaiknya sebelum dimasukkan kedalam air mendidih encerkan agar-agar dengan menambahkan sedikit air
*untuk santan sebaiknya jangan dimasak hingga uap didihnya sampai terlalu lama,ora enak jarene hehehe.

Demikian 2 hidangan siap saji,proses cepat dan saya rasa lezat hehehe.Jika terdapat kekurangan saya mohon maaf karena saya masih belajar untuk olah dapur ini hehehe dan semoga bermanfaat.



related Article:

182 Was Commented to “Tumisan Sayur dan Kolak Ketela”

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo