22 December, 2010

Karakteristik Kalender Islam

Segala Puji hanya Milik Allah Swt di Langit dan di Bumi memuji KebesaranNya amien.
Seperti pada pembahsan sebelumnya baca Sejarah Kalender Islam,yang memberikan wahana baru bagi kita semua,di situ pula pertanyaan LUAR BIASA yang dicetuskan olah sahabat blogger Mas Faril dengan rentetan pertanyaan.Sehingga saya mengulas jawaban tersebut dengan uraian Karakteristik Kalender islam.

Sebelum menjawab pertanyaan Mas Faril saya ingin menyampaikan seperti yang telah saya janjikan dengan dasar penetapan tahun Hijriah dengan tahun Masehi.

Dasar penetapan tahun Hijriah:

  1. Tahun Hijriah ditetapkan berdasarkan sistem peredaran bulan mengelilingi porosnnya,
  2. Tahun Hijriah yang berdasarkan bulan ini tidak menghubungkan dengan masalah cuaca maupun musim,
  3. Hari tanggal dimulai ketika terbenamnya matahari di tempat tersebut,
  4. Kalender Islam dibangun berdasarkan rata-rata siklus Sinodik bulan atau kalender lunar(qomariyah).
  5. Jumlah hari yang dimiliki kalender Hijriah yakni  354 hari 48 menit 34 detik.
Dasar penetapan tahun Masehi:


  1. Tahun masehi di tetapkan berdasarkan sistem perputaran bumi mengelilingi matahari,
  2. Tahun Masehi ini    berdasarkan dengan bumi menngelilingi matahari sangat erat kaitannya dengan pergantian siang dan malam,musin dan cuaca,
  3. Hari tanggal dimulai ketika pukul 00.00 waktu setempat,
  4. Tidak berdasarkan siklus sinodik maka sangat tepat sekali bila pergantian mucim atau cuaca,siang dan malam dan arena itu pla tidak heran bila khususnya daerah Eropa setiap NATAL tiba selalu bersamaan dengan musim dingin yakni musim SALJU.
  5. Jumlah hari  yang dimiliki kalender Masehi yakni 365 hari 5 jam 48 menit(detik tidak disebutkan)

Mbak kenapa 1 tahun terdiri dari 12 bulan?

Doorrr....terlewat yach?lupa yach?atau memang belum baca kalau dalam kitab Suci Al-qur'an sudah dijelaskan xixixixi.....Dalam karakteristik kalender Hijriah ini dijelaskan dengan tepat.
Kalender Hijriah-pun terdiri dari 12 bulan dengan jumlah hari berkisar29-30 hari,sedangkan bila kita menengok pada kitab Suci Al-qur'an sesuai dengan firman Allah Swt terdapat pada QS.At Taubah(6) ayat 36 yang berbunyi:''Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah Swt ialah 12 bulan,dalam ketepan Allah Swt dikala dia menciptakan langit dan bumi diantara empat bulan haram,itulah ketetapan Allah swt,maka janganlah kamu menganiaya dirimu pada empat bulan itu,dan perangilah kaum musryikin itu semuanya sebagaimana mereka memerangi kamu semuanya,dan ketahuilah bahwasanya Allah Swt beserta orang-orang yang bertakwa''.

Kenapa menggunakan perhitungan bulan?
Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa kalender Hijriah ini berdasarkan sitem peredaran bulan dan di situlah memiliki 12 bulan dalam setahun dengan SIKLUS SINODIK bulan yang dalam satu tahunnya adalah 12x29,53059 hari=354,36708 hari.Belum paham????jumlah hari yang dimiliki tahun Hijriah yakni354 hari,48 menit,34 detik,nah hal inilah yang menjelaskan kalender Hijriah lebih pendek sekitar 11 hari dibanding dengan satu tahun kalender masehi.

Sepertinya apa berhubungan dengan perintah Allah Swt ya?
Kalau menurut saya pribadi IYA karena di atas juga sudah saya sebutkan firmanNya.Sedangkan pada ulasan yang pernah saya baca di buku informasi unik seputar dunia Islam sangat signifikan dengan memiliki karakteristik kalender Hijriah yang memang perlu dibahas dan untuk konversi kasar kalender Hijriah ke kalender masehi kenyataannya adalah satu variasi dari kalender Hijriah yang diklaim berbasis analisis statistik dan histories dari Kuwait.

Akhirnya tahu juga ya Mbak...hehehehe iya nuh kan sudah saya jelaskan,akhirnya silahkan DISIMPAN,atau DICOPAS karena di sini bebas asal dengan PORSI yang ngePAS yach.
OOT saya bisa menebak pembaca dan komentator yang jenius pasti akan bertanya mbak apa arti nama dan tanggal penting dalam kalender Hijriah?tunggu dan tetap setia aja menyimak disini hehehehe karena Dhana berusaha update setiap hari dengan menu yang baru xixixixi.

Akhir postingan karakteristik kalender Hijriah ini,hanya kepada Allah Swt kita kembali bersimpuh berserah diri amien.Semoga bermanfaat.


related Article:

65 Was Commented to “Karakteristik Kalender Islam”

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo