19 December, 2010

Sejarah Kalender Islam

Mengingat dan menguak kembali tentang sejarah yang menyinggung sebuah kalender Islam hampir terlupakan.Saat membaca kembali buku informasi unik dan menarik seputar dunia Islam akhirnya saya memilih untuk sharing Sejarah kalender Islam.

Sebuah laporan dari Ibnu Abbas menyatakan ketika Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah,saat itu belum ditemukan kalender,sehingga kehidupan disana nharis tidak mengenal bilangan hari maupun waktu.
masyarakat waktu itu bru menggunakan Kelender Islam(tahun Hijriah)satu atau dua bulan setelah ke=datangan Nabi Muhammad dan diteruskan sampai ia wafat.Namun sejak Abu bakar menjadi Khalifah penggunaan kalender Islam dihentikan.Hal itu itu berlanjut sampai 4 tahun pertama pemerintahan Khalifah Umar bin Khatab.Setelah ini kalender Islam dibuerlakukan lagi.

Dalam sebuah kesempatan Umar berkata''selama ini apa yang kita jalankan(mengenal-red)hari-hari yang pasti.Bagaimana kita harus memperbaiki hal ini?''lalu salah seorang pria dari Al-Hurmujan menjawab''Orang Persia memiliki perhitungan metode penanggalan yang mereka sebuat MAHROZ.''dalam bahasa Arab disebut muarrakh(asal kata:tarikh).

Di kesempatan lainnya Umar juga berkata,''Berikanlah kepada masyarakat sebuah penganggalan yang bisa mereka gunakan dalam berbisnis agar mereka mempunyai tanda-tanda yang pasti dalam menjalankan kerjasama''.Dan ketika itulah orang Yahudi  yang baru masuk Islam memberitahu bahwa kaum yahudi memiliki perhitungan penanggalan yang berasal dari masa Alexander.

Akan tetapi beberapa orang sahabat menolak ide tersebut,karena terlalu jauh ke belakang.Sementara beberapa orang lainnya justru mengusulkan untuk mengadopsi sitem penaggalan Persia.Ide inipun ditolak karena penanggalan Persia mempunyai ketentuan masa periode tahun yag pasti dan slalu berhubungan dengan keniakan seorang raja baru.

Tak lama,sebuah kesepakatan pun dicapai yakni dengan memberlakukan sitem penanggalan Islam.Penanggalan itu dimulai sejak awal Hijrah Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah.Dalam hal ini tidak ada perbedaan pendapat mengenahi tanggal Nabi Saw berhijrah.

Dalam catatan sejarah,Rasul berhijrah dari Mekkah pada tanggal 1 Muharram,bertepatan dengan tanggal Jum'at 16 juli 622 M dan tiba di Madinah pada tanggal 8 Rabiul Awal yang bertepatan  dengan 20 September 622 M.Khalifah Umar memang ridak menetapkan standar kalender Islam dri kelahiran Nabi Muhammad maupun tanggal meninggalnya.Sebab meski tanggal wafat Rasul itu tidak diperdebatkan,namun alangkah tidak etisnya jika peristiwa yang memilikan itu menjadi awal suatu era Islam.

U Know???Nah akhirnya tahu sejarah Kalender Islam selanjutnya dasar penetapan tahun Hijriah dan tahun Masehi akan saya ulas pada postingan selanjutnya(insyaAllah).Semoga bermanfaat.


related Article:

72 Was Commented to “Sejarah Kalender Islam”

  • December 19, 2010 at 6:00 AM
    anak betawi says:

    Islam mempunyai perhitungan yang tepat

  • December 19, 2010 at 6:17 AM

    Yah Mba aku ga yang pertama lagi......heheheeee...maaf ya Mba..kalo yang ini saya ga tahu Mba soalnya belum Lahir...hehehheee

  • December 19, 2010 at 6:19 AM

    @anak betawiiya tepat sekali makasih dan lam kenal kembali ya

  • December 19, 2010 at 6:34 AM

    pada keseharian, kita kerap tidak tahu tanggal berapa ini menurut kalender islamnya....padahal mayoritas islam...jadi perlu ditampilkan juga hal seperti ini....

  • December 19, 2010 at 6:57 AM
    Abi says:

    salam....selamat pagi.....selamat berblog

  • December 19, 2010 at 7:49 AM
    Danu Akbar says:

    @anak betawi Yup. Segala sesuatunya, Insya Allah sudah direncanakan dengan baik. Tinggal bagaimana kita menerimanya :)

  • December 19, 2010 at 8:21 AM
    Faril says:

    mbak,,tolong diulas juga kenapa 1 tahun terdiri dari 12 bulan??lalu kenapa menggunakan perhitungan bulan,tidak menggunakan matahari?? kalo pake matahari kan perhitungan musimnya lebih baik..
    sepertinya berhubungan degnan perintah Allah ya??

    makasih...

  • December 19, 2010 at 8:53 AM

    was bgus bangt nin infonya ,,, thank broooooo

  • December 19, 2010 at 9:14 AM
    qbonk says:

    Kalo gak salah dulu waktu aku sekolah smp ada pelajaran mengenai ini. Nah bagus tuh usul mas Faril....biar lengkap diulas skalian tambahannya yg diminta mas Faril

  • December 19, 2010 at 10:42 AM
    ang says:

    good info...
    kunjung juga ke blog ku sob

  • December 19, 2010 at 10:44 AM
    pakde sulas says:

    pakde malu dech, walaupun mengaku islam tapi tidak pernah paham tentang kalende islam/hijriah

  • December 19, 2010 at 11:02 AM

    Wah ... mbk dana emang is the best dach... :)) selalu ada hal baru disetiap artikel mbak Dhana.. i like it mbk.., dengan begini.., dari yang nggk ngerti akhirnya bisa ngerti dach.. thx tas info2 yang mbk share buat sahabat2 blogger.., :-bd di tunggu artikel selanjutnya yach.., ane pasti tongkrongin... :))

  • December 19, 2010 at 11:02 AM

    hmm.. karena kalender Masehi selalu dipake orang, nggak ada salahnya kalo kalender Masehi diganti dengan kalender Hijriyah atau penanggalan Hijriyah dicantumkan di kalender Masehi..

    mbak, udah lama nggak mampir nih... kunjung balik ya...

  • December 19, 2010 at 11:32 AM
    Hammsidh says:

    Owh makasih Inponya mbak,,
    Salam Sahabat

  • December 19, 2010 at 11:36 AM
    seopuden says:

    Ok mbak, Kalender Islam emang paling sip dah

  • December 19, 2010 at 12:24 PM
    Beben says:

    ahlinya Dhana mah yg kek beginian mah euy...
    mangtab dah \m/

  • December 19, 2010 at 12:48 PM

    wah mantap nih artikel mbak dhana, jadi nambah lagi pengetahuan tentang sejarah kalender ISlami...

    gimana kabarnya nih mbak???

  • December 19, 2010 at 2:51 PM
    fb says:

    Harusnya kita lebih mengenal kalender Islam ya.. Jrg yg tahu hari lahir nya kalo menurut tahun hijriah.

  • December 19, 2010 at 4:10 PM
    toyolkiut says:

    info yg bagus..
    imbas kmbali asal-usul sejarah kita..

  • December 19, 2010 at 6:35 PM
    Blogstats4u says:

    Sejarah Islam Sangat Luas Sebenarnya untuk Di Bahas Atau Di Ulas...Nice info dan Salaing mengingatkan.

  • December 19, 2010 at 9:13 PM

    wah infonya sangat bagus sekali,,,
    makash ya mbak,,,,
    jadi tahu sejarah kalender islam,,

  • December 19, 2010 at 11:32 PM
    Karlz says:

    Nice Artikel

  • December 20, 2010 at 2:36 AM

    Kalender islam uniknya 1, yang biasanya kita memulai pergantian tanggal adalah tepat jam 00.00 tapi jika bulan islam pergantian harinya itu saat matahari kembali kepersembunyiannya. dan berdasarkan penelitian bulan lebih konstan peredarannya daripada bumi.

  • December 20, 2010 at 7:03 AM

    @Software Terbaru Uptodatesaya juga belum lahir mas

  • December 20, 2010 at 8:09 AM

    @aryadevi sudut kelassiip mas saling berbagi

  • December 20, 2010 at 8:12 AM

    @Abisalam juag selamt pagi juga makasih

  • December 20, 2010 at 8:39 AM
    uchu says:

    Nice Mba', sangat menyukai artikel ini. :D

  • December 20, 2010 at 8:48 AM

    @Danu Akbarmakasih mas danu sangat tepat sekali

  • December 20, 2010 at 8:55 AM

    @Farilmakssih mas faril menysusul ya udah di arsip belum di publish

  • December 20, 2010 at 8:55 AM

    wah,,, baru tahu saya mbak dhana sejarah kalender islam,,,

    makasih infonya,,, dapat pelajaran sejarah agama lagi nih,,,,

  • December 20, 2010 at 9:12 AM

    @obat alami asam uratsama sama semoga bermanfaat

  • December 20, 2010 at 9:15 AM

    @qbonkmakasih q bonk

  • December 20, 2010 at 9:20 AM

    @angok mas menyusul yach

  • December 20, 2010 at 10:31 AM
    Jiox says:

    detail banget penjelasannya,'1 Muharram,bertepatan dengan tanggal Jum'at 16 juli 622 M' jarang yang ngerti tentang hal ini :)
    maturnuwun infonya mbak, met aktipitas :)

  • December 20, 2010 at 11:14 AM
    ocim says:

    wah jadi makin tahu ni dengan perkembangan sejarah islam, makasih mba

  • December 20, 2010 at 11:24 AM

    ok,makasih atas info nya

  • December 20, 2010 at 2:49 PM

    info yg bagus Mbak, Kalender Islam sering terlupakan. Barangkali setiap posting kita harus diawali dengan hari ini bertepatan dengan tanggal sekian bulan Muharram 1432H (misalnya). gimana Mbak...

  • December 20, 2010 at 2:52 PM
    cak nun says:

    keren bngt infonya mbak dhana

  • December 20, 2010 at 2:53 PM

    Wah akhirnya jadi tahu sejarah kalender islam nich
    makasih infonya Mbak

  • December 20, 2010 at 3:11 PM

    Infonya menarik, thanks for share

  • December 20, 2010 at 9:06 PM
    Erdien says:

    O... gitu ya? Ternyata, baru tau saya :)

  • December 20, 2010 at 9:06 PM
    Erdien says:

    O iya... makasih atas ilmunya :D

  • December 21, 2010 at 1:32 AM
    genial says:

    jadi makin banyak tau mengenai bagaimana sebenernya awal mula kalender yang islami nii :) makasii..

  • December 21, 2010 at 5:30 AM

    @New laptops 2010makasih sya masih belajar kok mas

  • December 21, 2010 at 5:54 AM

    @Return to My Bloggoh iya maaf ya telat dan belum sempat ke rumah sobat ok deh menyusul

  • December 21, 2010 at 5:59 AM

    @Hammsidhsama sama semoga bermanfaat dan salam sahabat juga ya

  • December 21, 2010 at 6:04 AM

    @seopudeniya memang sip dan paling ok xixixi makasih ya

  • December 21, 2010 at 6:08 AM

    @Bebeniya mas ben semoga bermanfaat ya

  • December 21, 2010 at 6:12 AM

    @INDONESIA SIAP BERSAING DI SERPamien mas semoga bermanfaat dan alhamduLillah kabar saya baik aja n mas semoga baik juga yach

  • December 21, 2010 at 6:14 AM

    @fbyabegitulah mas semoga bermanfaat ya

  • December 21, 2010 at 6:16 AM

    @toyolkiutbene sekali mas saya akan bahas lebih lanjut lagi

  • December 21, 2010 at 6:18 AM

    @Blogstats4ubenar sekali memang luas mas,makasih ya

  • December 21, 2010 at 6:20 AM

    @Rumah imajinasimakasih ya mas semoga bermanfaat ya

  • December 22, 2010 at 1:12 AM

    maasih infonya boss

  • April 13, 2011 at 12:28 PM
    flu trends says:

    Simply admirable what you accept done here It is adorable to attending you accurate from the affection and your accuracy on this cogent agreeable can be calmly looked Remarkable column and will attending advanced to your approaching update

  • January 14, 2013 at 1:59 AM

    Tambah pengetahuan setelah baca artikel ini ....

  • May 22, 2013 at 3:21 PM

    baru tahu saya sejarahnya setelah membaca artikel ini
    keep posting yah

  • May 24, 2013 at 4:35 AM
    klik di sini says:

    sangat bermanfaat, terkadang kita lupa dengan sejarah islam termasuk dengan sejarah kalender islam ini...thanks

  • June 5, 2013 at 1:58 PM

    nice info say... lanjutkan...!! :D

  • June 28, 2013 at 10:30 AM
    hotbis says:

    makasih postingannya

  • July 22, 2013 at 10:43 AM
    hartono says:

    manteb gan infonya bagus nih

  • August 15, 2013 at 5:09 PM

    Artikel yang sangat bermanfaat, penuh dengan sentuhan kreatif dari penulisnya. Salam kenal untuk admin situs ini, teruskan berkarya dengan informasi terbaik.

  • August 15, 2013 at 5:10 PM
    toko handra says:

    Saya akui memang dewasa ini minim sekali pengetahuan kita dan internet adalah salah satu sumber untuk menambah ilmu dan wawasan. Terima kasih atas infonya, semoga blog ini makin berjaya

  • August 15, 2013 at 5:16 PM
    foredi says:

    Informasi disitus ini memang sangat berharga, saya tidak bosan-bosannya berkunjung kesini. Terima kasih atas kebaikannya ya om admin! Saya banyak belajar dari situs ini

  • October 4, 2013 at 2:06 PM
    mugi says:


    makasiiiih gan :)

  • January 21, 2014 at 7:09 PM

    baru tahu nih makasih infonya gan

  • December 5, 2014 at 8:28 AM

    terimakasih info y .. saya tunggu postingan selanjut nya ...

  • December 5, 2014 at 9:10 AM

    terimaksih mba dhan ...

    buat postingna nya ,,,

    jadi nambah wawasan nih ....

  • December 5, 2014 at 9:49 AM
    stp biotech says:

    manatap dan bermanfaat ...

    articel y bagus ...

  • March 23, 2016 at 2:41 PM

    A human being is a part of the whole called by us universe, a part limited in time and space. He experiences himself, his thoughts and feeling as something separated from the rest, a kind of optical delusion of his consciousness. This delusion is a kind of prison for us, restricting us to our personal desires and to affection for a few persons nearest to us. Our task must be to free ourselves from this prison by widening our circle of compassion to embrace all living creatures and the whole of nature in its beauty.

  • October 27, 2016 at 1:17 AM
    Rudy Lay says:

    Super website with a great sha and amazing stories is ur web.. please keep doing what u do now.. thanks to you.
    Agen Bandarq

    Agen Domino99

    Domino Online

    Agen Poker

    Bandar Domino99

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo