04 March, 2012

Hung Shing Festival

Segala puji hanya milik Allah Swt sehingga saya kembali menjumpai Anda amien.

Nah berbicara tentang Keliling ya,kali ini saya akan mengajak Anda berkeliling ke tempat dimana saya pernah tinggal ,sekolah dan bekerja disana hingga ke tempat kerja pusat saya di Shanghai waktu itu.

Go Cina,Festival di Hongkong,beragam dan corak apapun di sebuah negara memiliki sebuah festival unik,menarik yang mampu menyedot penonton baik lokal maupun wisatawan international.
Nah kalau tanggal 23 Januari 2012 yang lalu merupakan tahun baru China,sedangkan 6 februari 2012 ini merupakan spring lantern festival atau festival lentera musim semi.
Nah mengisi festival di Hongkong lainnya yang jatuh pada tanggal 5 maret 2012 ini,ada sebuah festival yang bernama Hung Shing Festival.
Salah satu atraksi Barongshai di dekat candi Hung Shing-Wanchai Hongkong

Hung Shing juga dikenal sebagai Hung Shing Ye dan Tai wong,Yang merupakan seorang pejabat pemerintah pada Dynasti Tang(618-907 tahun Cina) yang lahir di Guangdong China.
Sangat luar biasa selama masa jabatannya,beliau telah mampu mempromosikan penelitian dan penerapan ilmu astronomi,ilmu geografi dan matematika serta mendirikan sebuah observatorium untuk mengamati perubahan meteorologi nah inilah yang membuat rakyat merasa sangat terdidik dan terarah karena memberikan kesejahteraan tersendiri ketika masa pemerintahannya.

Di bidang Ekonomi beliau memberikan sebuah penerapan dan cara pengelolaan yang baik terutama di bidang pelayaran dengan perdagangan hasil laut oleh nelayan.
Sayangnya beliau telah meninggal pada masa mudanya,lebih jelasnya maaf saya kurang tahu karena di sini saya hanya mereferensikan Festival Hung Shing dimana ini merupakan festival peringatan hari kelahiran beliau.Dan untuk candi sebagai tanda penghormatan beliau telah dibangun sebuah Hung Shing Temple yang berada di Wanchai cetral Hongkong.
Di Pinggir pantai dengan menerbangkan sebuah lampion besar yang bertuliskan keinginan di dinding lampion

Biasanya dalam festival ini proses perayaannya hampir mirip festival-festival China lainnya entah itu ada Barongshai,atraksi akrobat dan sebuah siraman rohani serta yang unik yakni acara menerbangkan lampion besar dengan penulisan sebuah cita-cita di dinding lampion tersebut.Karena dipercaya jika menerbangkan lampion yang bertuliskan apa yang dia inginkan serta terbang hingga tinggi maka keinginan tersebut akan terkabulkan,sangat meriah karena proses tersebut dilakukan di pinggir pantai pada malam hari.

Demikianlah sebuah Hung Shing Festival yang saya ketahui.Semoga memberikan sebuah manfaat dalam mengenal tradisi berbagai negara khususnya tradisi yang saya sampaiakan yakni di Hong kong China.Nah acara Keliling Dhana selanjutnya akan saya kupas dan masih tetap mengiringi sebuah festival.
Terima kasih dan salam blogger.



related Article:

473 Was Commented to “Hung Shing Festival”

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 473   Newer›   Newest» «Oldest ‹Older   1 – 200 of 473   Newer› Newest»

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo