25 July, 2011

Beijing Muslims

Segala Puji hanya milik Allah sehingga kita bisa bertemu lagi amien.
Siapa Bilang si boss melarang saya untuk bertandang sembayang di negri Beijing hehehehe.
Langsung saja saya memaparkan perjalanan saya di Beijing Cina.Meski hanya dalam hitungan minggu namun terekam bak video dan photo album yang mencuat ribuan kenangan indah xixixi.
Samping Masjid Niujie-Beijing

Baiklah seperti apa sich Islam di Beijing dalam pandangan Dhana tepatnya Moslem in Beijing Dhana Views.
Nah perkembangan Islam di Beijing ini berbeda sekali dengan pengalaman saya Di Shanghai(baca Islam in Shanghai Dhana views),maklum seringnya ke Shanghai jadi jika penyampaian di Beijing ini masih kurang mohon dilengkapi hehehehe.

Description
Ehm sebelum mengulas lebih lanjut akan saya sampaikan diskripsinya terlebih dahulu hehehe.Anda pasti sudah tahu dimana kota Beijing merupakan Ibukota Republik Rakyat Cina,didirikan lebih dari 3000 tahun yang lalu  dan Beijing dianggap sebagai ibukota sejak 850 tahun yang lalu.

Dengan total lebih dari 250.000 warga muslim yang berada di Beijing.Orang muslim di Bejing yang lebih tersohor yakni orang HUI,dan memang keturunan nenek moyang orang hui ini merupakan pedagang Islam di negri Cina tersebut.Sedangkan penduduk asli lokal berbangsa han inilah yang berbaur sehingga perkembangan populasi di negri tersebut berkembang pesat.Tercatat waktu itu saya datang pada tahun 2008(kok telat hehehe pengalaman saya singgah pas tahun itu saat bertanya populasi Islam di beijing xiixixi)dan terakhir April 2011 ini.
Terdapat lebih dari 11.000 warga muslim yang tinggal di dekat Niujie yang juga merupakan pusat kota Beijing.Berkisar 25 km ini menghubungkan arah ke masjid terbesar,tertua tersebut.

Julukan Muslim Radikal
Nah ini yang membuat saya terheran ketika saya mengunjungi tepat di jalan-jalan kota NIUJIE,ada berbagai macam devosi  kepada Islam dikalangan Hui ini,di utara- timur Cina mereka lebih liberal.Bayangkan saja mereka bebas merokok,minum minuman,makan daging BABI ketika jauh dari rumah.

''percaya tidak bumi dan seisinya ini semua ciptaan Allah?''tanya Ayieng(vanguard saya)
''Ya saya percaya''
''Kamu tahu tidak kalau sebagai bukti syukur kamu itu mau menikmati ciptaan Allah!''
''ya tentu lah''
''Jadi BABIpun boleh kita makan,memang aturan tidak boleh dimakan karena apa?,itu karena babi berbeda dengan sapi,kalau sapi rajin bekerja sedangkan babi hanya makan tidur,toh keduanya ciptaan Allah,TIDAK ADA  KETERPAKSAAN jadi Allah memperbolehkan,liat tuh fiqih,Islam kamu kulitnya saja kali Dhan hahahaha....??!!!!''
''MasyaAllah..!'' jawaban yang membuat saya menelan ludah dalam-dalam.

Nah alasan tepat atau tidak yang disampaikan Ayieng tersebut diperkuat oleh kulturisasi budaya Islam -Cina setelah dia mengetahui di negri hui tersebut.Makanya tepat sekali jika HUI dikatakan kalangan umat islam paling radikal di seluruh dunia.

Mosque in Beijing
Nah untuk dokumentasi foto-foto masjid ini Anda bisa lihat postingan saya yang berjudul BERKANCAH DI MASJID CINA.
Khusus mengulas di Beijing ini saya hanya bisa berkunjung 2 masjid dari 3 masjid terkenal di Beijing.
Seperti Apa?

Masjid NIUJIE
Masjid Niujie adalah masjid terbesar dengan luas 6000 meter dan tertua di negri Bejing-Cina,masjid ini juga  terkenal diseluruh dunia  bahwa setiap hari masjid ini menarik peziarah muslim untuk berkunjung ketempat ini.Pada dasarnya Niujie setara dengan penduduk lokal karena memang setara dengan masjid,makanan dan kostum budaya Islam-Cina yang melekat pada penduduknya.
Terletak di Niujie Street,Xuanwu District Beijing.
How go there xixixi dari pengalaman saya dengan jalur kereta bawah tanah lane 8,dari stasuin Olympict Park lalu transit di jalur lane 10 di statiun  Beitucheng,jurusan lane 4 Haidianzhuang dan berhenti di stasiun Chaisikou mlaku terus njujug Exit A wes teko hehehe.Atau bisa dengan jalur bis no.6 untuk tarif rata rata diatas 10RMB ngunu.

Masjid Dongshi
Masjid yang dibangun pada tahun 1447 ini oleh dinasty Ming,masjid unik yang hampir keseluruhan terbuat dari kayu.Unik banget apalagi dengan ukiran Cina-Arabic sungguh luar biasa.Merupakan sebuah bangunan yang mendukung dinding unik, dengan motif aneka warna  dalam gaya dinasty Ming.
Katanya masjid ini direnovasi 2 kali lhoh yang pertama direnovasi pada tahun 1952 karena bangunan bobrok dan yang kedua direnovasi pada tahun 1974.
Terletak di Dongsi Nandajie no.13 Dhongceng District Beijing.
Kalau naik bis cari saja lane bus no 110,120,dan 116 serta bus troley no 106 dan 108 dari arah Bejing Centre.
Untuk tarif masih murah waktu itu saya kena 23RMB,sekarang tidak tahu hehehehe.


Time for Prayer
Secara langsung saya bisa melihat jadwal abadi mengenahi jadwal sholat yang saya jumpai,Namun hal-hal yang ditunjuk berdasarkan waktu akan berubah menitan setiap harinya,berikut waktu Sholat yang ada:
times for Beijing today: (subuh)5:50 AM, (Dhuhur)12:11 PM; (Ashar)4:41PM ; (Maghrib)6:32 PM and(Isha') 8:02 PM. Some people will pray an optional sixth time at 4:09 AM dalam arti mereka akan berdoa dengan waktu opsinal gitu.

Demikian yang dapat saya sampaikan,jika terdapat kesalahan saya mohon maaf dan jika masih merasa kurang lengkap silahkan Anda bisa mencari sendiri bahan racikan yang bertauk Beijing Muslims yang lebih lengkap.Saya hanya menyampaikan berdasarkan pengalaman dan perjalanan saya sendiri di Beijing ini,so lets Go Cina i will tell for you all hehehe.Semoga bermanfaat dan salam sukses yach,terima kasih.



related Article:

168 Was Commented to “Beijing Muslims”

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo