18 August, 2011

Jika KuCinta Dia

Segala Puji hanya milik Allah swt sehingga saya kembali posting amien.

Masih suasana pertengahan Ramadhan di Cina hehehe baru pulang dari Guangzhou lagi nich.Suasana yang semakin membuat saya semakin kangen dan menghitung hari untuk mudik ke kampung di lereng Gunung Walikukon -Malang horeeee....AlhamduLillahi wa Ba'du

Baiklah saya akan mengajak merenung lagi kepada semua sahabat khususnya yang lagi terkena virus CINTA,untuk makna saya yakin anda sudah mengetahui bahkan ragam makna cinta ini sangat beragam.
Lantas apa yang hendak direnungkan di postingan ini?
Baiklah saya mengajak Anda membaca sepenuhnya agar tidak ASAL KOMENTAR hehehe.

Dari sahabat sebut saja namanya Neng Itha,sangat tertegun ketika saya mendengar curhatnya.Masa lalu yang begitu kelam,apalagi sebagai cewek yang baru saja menginjak dewasa halah ABG gitu yach Anak Baru Gedhe apa Anak Banyak Gaya? hehehehehe....

Dengan setia saya menyelami kekalutan hati yang dia alami,sungguh sebuah PERASAAN yang harus di godok dengan kenangan pahit yang dia alami,bahkan demi memperbaiki jati dirinya dia sudah mengikrarkan diri untuk BERTOBAT dengan sungguh-sungguh.tangisan dia sungguh membuat hati saya terketuk untuk siap dijadikan tempat dia berlabuh dalam kedukaan yang mendalam.Hingga dia mampu menerapkan saran saya untuk bertahajjud dan Dzikir malam(alhamduLillah semoga dia istiqomah)

Latar Belakang
Saya sudah mengira dia menceritakan kenangan pahitnya mulai dari akar yang menjalar hingga batang dan tumbuh menjadi puing puing kenangan derita yang sangat menghancurkan semagat dirinya.Hingga suatu hari peristiwa yang menghancurkan dirinya dengan seorang sahabat yang dekat dianggap kerabat atau memang masa-masa indah masa BERPACARAN,(sayangnya saya sendiri tidak tahu manisnya pacaran itu yang bagaimana karena saya berpacaran paska nikah xixixi).

Akhirnya dari kenangan yang terekam itu dia menyebutkan kisahnya yang kelam,menyayat hati dan sangat membawa kisah hikmah yakni JIKA KU CINTA DIA dapat disimpulkan kalau dia terpuruk akibat cinta yang membuatnya LARA.
Penggalan pengakuan on the page yach--.... Walaupun awalnya ada keraguan dan hati tidak,mantap tapi dengan keyakinan dan berjalannnya waktu Allahamdulilah
aurat sudah aku tutup serta komunikasi fisik dengan lelaki pun akupagari. 1/2 tahun ini aku sendiri tidak berhubungan perasaan denganlelaki, aku selalu memimpikan sosok lelaki sederhana dengan akhlakyang terjaga serta pintar pekertinya yg akan mengisi hati aku dan halitu senantiasa aku bawa dalam doa2ku...ect.

Nah dari ungkapan yang luar biasa diatas saya yakin pembaca bisa menebaknya,sehingga titel JIKA KUCINTA DIA saya rasa tepat sekali .

KAPSUL Motivasi

Wahai Tuhan yang menciptakan siang dan malam,Engkau ajarkan siang dan malam ini.
 Kesendirian  dengan keberanian menghadapi kenyataan hidup ini.
Bahwa malam akan berlalu seiring dengan datangnya siang kembali
Dan bahwa kami harus mempersiapkan diri bila memang malam datang menggantikan siang

Wahai Tuhan..,yakinkan diri kami bahwa ditengah suka cita atau duka cita ini
Ada Engkau yang Maha Melihat dan Maha Menyaksikan
Dan tentunya Engkau tidak akan berdiam diri

Wahai Tuhan yang Maha Memiliki HIkmah
Mata kami selalu terbatas dalam menilai gerangan apa yang ada di balik suatu kejadian yang menimpa
Kiranya Engkaulah yang menunjukkan hikmah tersembunyi di balik setiap kejadian

Wahai Tuhan sebagaimana senangnya kami menuai kesenangan 
Kuatkan kami bila kami menghadapi kesukaran
Jadikan hati kami tidak kehilangan kontrol diri

Wahai Tuhan kami...apapun yang kami lakukan ada Engkau di balik semua kelakuan kami
Bila kami salah Engakau betulkan,Bila kami salah Engakau maafkan
Kini dalam kesendirian hanya Engkaulan yang menemani
Kesendirian yang penuh kedamaian dalam tiap nafas yang kami hembuskan
Selalu meminta Ridhomu dan dalam doa izinkan kami bertemu untuk merajut tali kasih ini amien...

Saya memberikan kapsul motivasi kepada neng Itha dengan beberapa penggalan puisi renungan dari saya(selengkapnya baca di Indahnya kesendirian ini)


JAMU Renungan

================================================================
Sering aku bertanya pada diriku sendiri,apakah benar aku telah jatuh cinta padanya?Sikap memendam rasa,munafik dalam cinta,tidak sepenuhnya merugikan si dia,tetapi justru merugikan aku sendiri.

Karir..sempat kutanyakan pada diriku sendiri bagaimana karirku semenjak mengikat hubungan dengannya,kadang aku merasa ada semangat baru memberikan dedikasi tersendiri namun kadang muncul rasa terganggu kurang konsentrasi  karena terbesit memikirkannya.

Komunikasi yang aku lakukan terasa mengena di hati dengan adanya rasa kontak bathin dari jiwa ke jiwa yang memberikan rasa tentram di hati meski muncul adanya rasa kesal menghampirinya.
Kesalahan yang pernah kulakukan demikian dengan yang dia lakukan tidak begitu serius sehingga tidak memiliki kesan jelek dimataku asal kesalahn mampu diperbaiki,kesalahan mampu memberikan pengarahan sehingga tidak saling menyusahkan.

Di mata ku,lama atau tidaknya aku mengenalnya bukanlah masalah yang perlu adalah koreksi saat ini,dia tidak ganteng,tidak terlalu jelek katakanlah lumayan he..he...
Kelebihan si dia aku telah tahu demikian dengan kekurangannya kita telah saling mengetahui.

Penghinaan,bagi dua insan yang dilanda cinta kadang merasa hina bila dia menghinanya dengan sangat marah,hingga menanyakan kalau penghinaan merupakan penerangan yang tidak perlu.
Kesetiaan,jujur aja nich,untuk menilai diri sendiri kadang merasakan ada godaan yang hadir namun kukembali pada keteguhan hati padanya.

Komentar teman dia atau temanku kuanggap boleh jadi itu merupakan penilaian yang layak atau tidak layak dilihat dari segi manfaatnya.Akhirnya mungkinkah aku mencintainya???aku hanya takut kalau jatuh cinta yang akhirnya menyimpang dari cinta sejatiku denganNya.

Selengkapnya baca di Benarkah Cinta?
================================================================
Akhirnya saya berharap kepada neng Itha (khususnya) dan kepada semua sahabat(umumnya) baik yang sudah menikah atau yang masih single marilah kita isi jika kucinta dia ini akan mengajak kita untuk belajar memahami dan menyikapi bagaimana mengolah Cinta dengan baik bukan baik dimata kita namun juga baik di mata Sang Pemberi Cinta Hakiki amien.
Semoga membawa hikmah untuk kita semuanya amien,salam blogger dan salam sukses ya.


related Article:

144 Was Commented to “Jika KuCinta Dia”

  • August 18, 2011 at 12:20 PM
    Yudi Yunior says:

    ahay... kenangannya banyak yg mirip sama kisahku, hehehe....

  • August 18, 2011 at 12:31 PM
    lord_sutan says:

    Hello dear friend. happy my visit the beautiful Thursday I wish to you! Greetings from lord_sutan

  • August 18, 2011 at 12:36 PM
    Unknown says:

    *mas Yudi---masa se mas

  • August 18, 2011 at 12:36 PM
    Lutfi A says:

    aku juga sering bertanya-tanya apakah aku mencitainya? xixixi #cinta sepihak aja deh xixixi :P kemarin pamanku jugapacaran sehabis menikah hehe :D #bagaimana ya, kayaknya akan sangat dalam memikirkan apakah aku mencintainya? xixixi

  • August 18, 2011 at 12:36 PM
    Unknown says:

    *lord--thanks for visited ya

  • August 18, 2011 at 12:40 PM
    Unknown says:

    neng Lutfhi---ehm ya semoga aja bisa menyikapi dan memerima cinta yang benar benar tulus gitu

  • August 18, 2011 at 12:43 PM
    Kang Sofyan says:

    hehehe,,,jadi malu nih karena saat ni saya lagi kena virus itu,,,kapan pulang ke Malang Mbak,,saya mau ke malang lo....

  • August 18, 2011 at 12:51 PM

    salam sahabat...
    wih pernah dengar judl ini yak..
    kayak judul lagu gitu...heheh

    MERDEKA...

  • August 18, 2011 at 12:53 PM

    setuju mbak.. setuju.. :)
    "mengolah Cinta dengan baik bukan baik dimata kita namun juga baik di mata Sang Pemberi Cinta Hakiki" indahnyaaaaa..
    cinta itu dari yang Maha Suci, maka kesuciannya pun harus di jaga.

  • August 18, 2011 at 1:33 PM
    Unknown says:

    Oh my gooottt judulnya qiqiqiqii

  • August 18, 2011 at 1:35 PM
    Unknown says:

    Saya cuma bisa angguk-angguk mba dhana, inspiratif ^^

  • August 18, 2011 at 1:42 PM
    al kahfi says:

    hmm, iya sih yg namanya cinta itu terkadang tdk bisa di mengerti, terkadang byk org yg terjebak menjadi kehancuran bagi hidupnya, ada juga jg membuat gairah dan semangat hidup seseorang.. mungkin kalo di ke2nya saling tulus mencinta,,bisa baik2 sj,,<tp yg seperti ini jg perbandingannya 1:10,,(asumsi ku sj)

  • August 18, 2011 at 2:05 PM

    jadi termotipasi nih mbk dari sebagian kata yang di atas,mbak lebaran mau mudik ke sini gak nih?
    heheh

  • August 18, 2011 at 2:48 PM
    TechSega says:

    AYOOO....... YG sedang dihujani cinta .... tambah lagiii...

  • August 18, 2011 at 2:52 PM
    ascargo says:

    judulnya menarik .... engga membuat ngantuk...... jika pakar cinta sudah bicara kita manggut2 saja...... lanjuuuut

  • August 18, 2011 at 2:55 PM

    kenangan yang mnyentuh sekli ya mbak,,,
    memang terkdang cinta susah di tebak,,,
    mkzh ya mbak bwt share'y

  • August 18, 2011 at 3:09 PM
    Ririe Khayan says:

    lOVE is Love....cinta itu (katanya) ada di hati/soal perasaan, jd mari definisikan dengan akal sehat:)

  • August 18, 2011 at 3:14 PM

    mksih bnyak mbak atas postingannya.
    yapss saya sangat setuju, jadikan cinta itu sebagai motivasi untuk lebih mencintai Allah

  • August 18, 2011 at 3:34 PM

    makasih postingannya yahhh...salam kenal...

  • August 18, 2011 at 3:45 PM
    Mr. Nya' says:

    wooo ternyata mbak Dhana belum pernah pacaran sebelum nikah, enak ya jadi lama waktu pacaran s.d skrg terus pacaran dg misua.

  • August 18, 2011 at 4:03 PM
    seo says:

    Wow! Thank you! I always wanted to etit articles something like that. Can I take part of your post to my personal blog? Thanks for sharing this post on jika kucinta dias blog. Beautiful...

  • August 18, 2011 at 4:06 PM
    Se Avancee says:

    Kayanya ini mirip judul lagu ya mba.. hehe
    ternyata mba dhan pinter nulis puisi.. sadaaff

  • August 18, 2011 at 4:13 PM

    krenn mba artikelnya..

  • August 18, 2011 at 4:14 PM

    jdi termotivasi nih..
    hehe

  • August 18, 2011 at 5:11 PM

    jika aku cinta dia, maka sebagai awal adalah dengan membuka diri seluasnya, sebagai tanda arti memaknai kejujuran perasaan. Selanjutnya memakai makna tersebut untuk bisa memaksa nafsu agar tidak terlalu mengekang rasa cinta, bahwa dalam hidup cinta, nafsu bukan segalanya, malah jika cinta bersandar kepada nafsu, menjadi lain artinya.
    Tidak bisa dikatakan bahwa cinta itu buta, karena yang sejatinya buta itu adalah angkara. sedang cinta sejatinya adalah dapat melihat dan merasakan arti kejujuran hati terhadap yang didambanya.

  • August 18, 2011 at 5:32 PM
    Erdien says:

    Menikmati manisnya berpacaran itu memang sesudah nikah.

    Kalo belum nikah, apa asyiknya? Kan nggak boleh ngapa-ngapain :))

  • August 18, 2011 at 5:47 PM
    Unknown says:

    *kang Sofyan---ya hati hati aja ya kang virusnya lhooh,saya pulang tanggal 26 petang jadi nyampai ke malang tanggal 27

  • August 18, 2011 at 5:48 PM
    Unknown says:

    mas Rum---iya nich kayak judul lagunya siapa gitu

  • August 18, 2011 at 5:49 PM
    Unknown says:

    *neng irma--terima kasih ya

  • August 18, 2011 at 6:00 PM
    Unknown says:

    *mas Dedi--judulnya siip ya

  • August 18, 2011 at 6:01 PM
    Unknown says:

    mas Gig--terima kasih anggukannya

  • August 18, 2011 at 6:01 PM
    Unknown says:

    mas Al--siip semakin lengkap

  • August 18, 2011 at 6:02 PM
    Unknown says:

    mas Acep---mudik ke Anda tidak tahu nich hehehe

  • August 18, 2011 at 6:02 PM
    Unknown says:

    mas Tech-silahkan ditambah kalau gitu mas

  • August 18, 2011 at 6:02 PM
    Unknown says:

    mas Abul---jheee kok gitu se

  • August 18, 2011 at 6:03 PM
    Unknown says:

    mas Xam--sama sama semoga bermanfaat ya

  • August 18, 2011 at 6:04 PM
    Unknown says:

    mbak Ririe---siip semoga bermanfaat ya

  • August 18, 2011 at 6:04 PM
    Unknown says:

    mas Ob---iya sama sama yua

  • August 18, 2011 at 6:04 PM
    Unknown says:

    bau---sama sama salam kenal juga ya

  • August 18, 2011 at 6:05 PM
    Unknown says:

    mas Mr--iya nuh pacaran paska nikah benar benar nikmat xixixi

  • August 18, 2011 at 6:06 PM
    Unknown says:

    SEO---you're welcome ok you can take in this article

  • August 18, 2011 at 6:06 PM
    Unknown says:

    mas SE--iya mirip judul lagu tapi saya juga tidak yahu lagunya siapa hehehe

  • August 18, 2011 at 6:07 PM
    Unknown says:

    mas Pariaman---semoga bermanfaat ya

  • August 18, 2011 at 6:07 PM
    Unknown says:

    purbalingga--semoga bermanfaat terima kasih

  • August 18, 2011 at 6:07 PM
    Unknown says:

    mas Arya--terima kasih ya menambahkan inspirasi

  • August 18, 2011 at 6:08 PM
    Unknown says:

    mas Erdien--tepat sekali mas terima kasih kunjungannya

  • August 18, 2011 at 6:21 PM
    Igniel says:

    asal jangan sampai cinta buta :D

  • August 18, 2011 at 7:25 PM

    Wah gara-gara tulisan Mba Dhana ini, walaupun saya bisa dibilang jomblo. Saya menjadi termotivasi banget uhuuuy B)

  • August 18, 2011 at 7:25 PM

    ass
    siplah mba jika cinta dia,diapun mencintai pula.
    marhaban ya ramadhan
    selamat menunaikan ibadah puasa.

  • August 18, 2011 at 8:02 PM

    minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir & batin mb'
    wah artikel mb' yang satu ini buat semuanya jadi termotivasi termasuk saya, meskipun masih jomblo. hha :D

  • August 18, 2011 at 8:30 PM
    Art Blogger says:

    Postingannya sangat bermanfaat,.
    banyak kisah yang harus di pelajari,.

  • August 18, 2011 at 8:30 PM
    Rawins says:

    lagi kangen pulang ta..?
    podo ae deh
    iki juga lagi nunggu tanggal 22 kok kayane ga nyampe nyampe...

  • August 18, 2011 at 8:31 PM
    Art Blogger says:

    Link saya tak terpasang disini ya,.
    maaf ya kalo saya tanya,,. link anda sudah rapi lho di lapak saya,.
    makasi,,.

  • August 18, 2011 at 8:50 PM

    kesan saya buat blog ini cuma satu kata "wow"...!!!

  • August 18, 2011 at 9:40 PM

    Wow, yang komeng sudah berderet, ana kasep alias telat. Tapi ra popo, sing penting komeng inti: Menakjubkan! Pacaran paskah nikah, sangat romantis dan patut dipertahankan! Selanjutnya, semoga ABG sahabat Jenk Dhana tersebut bisa tetap bertahan dalam bilik taubat sehingga memperoleh ridlo Allah SWT. Hidup di dunia fana memang hanya sekali, namun setelah itu ada yang abadi. Dan Allah pasti akan menolong hamba-Nya yang pasrah dan tawakkal.

  • August 18, 2011 at 9:49 PM
    Citro Mduro says:

    Jika Kucinta Dia, menurut saya harus ada prosentase biar ada ruang gerak yang memberikan hati kita dan pikiran untuk lebih jernih menyikapi soal cinta
    misalkan saja putus cinta tidak menjadikan putus asa dengan prosentase yang pas

    hanya kepadaNya kita menyerahkan cinta sepenuhnya

    salam dari pamekasan madura

  • August 18, 2011 at 10:26 PM
    Amy says:

    waaah, gak bisa deh bikin puisi-puisi gitu. sukanya to the point. entah ya, barangkali aku dapet amnesia (lupa ingatan) malah mempermudah untuk lebih nyante... gak gitu teringat masa lalu. yang aku tulis hanya mencoba membuka memori keluar sendiri, lha wong aku bingung barusan nulis apa. saat di padang mashyar kita akan sendirian. lagian banyak ibu-ibu rumah tangga suka mengabaikan anak dan suaminya. sibuk belanja baju, dandan, ngobrol dengan temen-temen, blackberryan sampe anak sendiri aja yang urus pembantu. bentar-bentar mbaaak, mbaaak... sori mbak Dhana, malah curhat...

  • August 18, 2011 at 10:45 PM
    Cek Info says:

    wah mbk rupanya berminta untuk tukeran link y?
    link aanda sudah saya pasang mbk. terimakasi atas pertisipasinya :D

    mbk, kalo belum follback, follback y. tombol follow ad d menu blog :D

  • August 18, 2011 at 10:50 PM
    ESSIP says:

    enggak paham cinta-cintaan deh saya mbak ehehe..
    ojo lali kalau mudik saya bawakan koin-koin dari sana ya.. atau kalau bisa bawakan saya oleh-oleh pakaian ala Bruce Lee hehehe

    Sukses mbak Dhana

  • August 19, 2011 at 6:48 AM
    ketty husnia says:

    wedew,..kalimatnya bikin klepek2 nih mbak Dhana..puitis pisan hehehe

  • August 19, 2011 at 7:24 AM
    pakde sulas says:

    setiap manusia selalu mengalami hal yang demekian, dengan kadar yang berbeda-beda, dan setiap manusia akan mengambil sikap yang berbeda-beda, tetapi yang namanya "lara wuyung" selalu menarik untuk dikupas dan dibahas

  • August 19, 2011 at 9:19 AM

    Wah... jadi ingat masa pacaran nih.... hehehe....

  • August 19, 2011 at 9:34 AM

    hmmm masa-masa muda seperti saya ini memang terkadang buta akan cinta,, namun kebutaan cinta itu pun kan cepat mereda ketika persaan duka manghampiri karena cinta..

    halaah jadi ikutn puitis nich..
    hehe

  • August 19, 2011 at 9:37 AM

    wahh wahh puitis nya nich mba,,,,

    makanya kita harus berhati-hati dengan yang namanya cinta, dan yang pasti cinta yang paling hakiki adalah cinta kepada Sang Pencipta

  • August 19, 2011 at 1:56 PM

    walah, jadi anak puitis sekarang :D

  • August 19, 2011 at 2:05 PM

    virus-virus cintaa !! :)
    semangat terus mbak dhana .
    oyaa saya mau ngucapin bnyak terimakasih atas kunjungan mbak dhana ke blog saya. semoga mkin erat tali silaturahminya :)

  • November 22, 2011 at 9:28 PM
    Human Body says:

    Jadi kayak dulu masih pacaran, mengenang masa lalu

  • December 16, 2011 at 2:27 PM

    semua orang pasti pernah merasaknnya dan tak banyak pula yang merasakan akibatnya..
    :)

  • February 29, 2012 at 9:02 AM

    jadi inget yang dulu2 deh :)

  • April 16, 2012 at 9:23 AM

    jika cinta dia... kucoba mengerti..
    jujur lah pada ku

  • April 16, 2012 at 10:13 AM

    sangat romantis juga,,, smoga aja makin jatuh cinta,,,

  • April 18, 2012 at 7:53 AM

    ya kalau kita mencintai seseorang jangan di tunda tunda lah .. kita ungkapkan saja .. hasil nya kita pasrah aja entah itu di terima atau tidak yang terpenting kita sudah mengungkapakan perasaan kita kepada orang yang kita sayangi ..

  • April 18, 2012 at 7:57 AM

    cinta itu satu perasaan yang harus kita ungkapkan .. kalau kita memendam nya satu saat kita akn sakit hati ..
    punya perasaan cinta ungkapkan saja .. kalau di tolak ya biasa lah
    ha ha ..

  • April 18, 2012 at 8:43 AM

    cinta .. kalau ngomong ngomong soal cinta semua juga pasti pernah merasakan nya

  • April 18, 2012 at 8:51 AM

    cinta cinta cinta ha ha ha ..
    cinta itu begitu indah tinggal bagaimana kita menajalani nya aja ..
    jika kita cinta dia ya katakan lah dengan apa adanya

  • May 4, 2012 at 9:45 AM
    abu shafiya says:

    kita doakan saja keistiqamahan bagi saudari2 kita yang sudah berhijab syar'iy, dan kita do'akan juga bagi saudari2 kita yang belum berhijab,mudah-mudahan Allah senantiasa memberi petunjuknya kepada hamba-hambanya, amin....
    jazakallah khairan, barokallahu fiik, salam kenal akhukum fillah......

  • June 4, 2012 at 2:14 AM
    poles granit says:

    tetap nomor satukan cinta pada Allah karena cinta pada Allah adalah cinta yg sejati

  • June 4, 2012 at 2:15 AM
    poles teraso says:

    hayoooo mbak dhana cinta ma siapa nieh...?hehhehehe

  • June 14, 2012 at 11:16 AM

    aku juga cinta mba dhana

  • June 14, 2012 at 11:16 AM
    obat stroke says:

    aku sangat cinta dia... jika cinta dia :D


    @geisha

  • July 30, 2012 at 2:06 PM

    membangun motivasi banget..hadehh..
    kapan yah bisa cinta dia...

  • August 1, 2012 at 9:20 AM

    motivasi sangat bermanfaat..!


    salam kenal
    ditunggu kunjungan baliknya ya..!!

  • September 6, 2012 at 3:00 PM

    suka deh dengan gambar nya

  • September 6, 2012 at 3:01 PM

    romantis ya hehehe

  • November 21, 2012 at 9:59 AM
    xamthone says:

    pacaran masa2 yang indah mbak.....

  • November 21, 2012 at 10:01 AM

    cinta sepihak gak akan pernah bisa sejalan...

  • November 21, 2012 at 10:03 AM

    indahnya cinta untuk saling mencintai...

  • December 4, 2012 at 6:19 AM
    Ace Maxs says:

    artikelnya menarik sekali nih mba

  • December 4, 2012 at 6:19 AM

    bner" artikel yg unik

  • January 7, 2013 at 9:25 AM

    menarik banget,semoga dapet yang terbaik ya. semangat!

  • January 14, 2013 at 12:33 PM
    taruhan bola says:

    wah.. ceritanya mengharukan, hehe. keep spirit :)

  • January 15, 2013 at 6:33 PM

    Kisahnya banyak juga dan menyentuh kalbu

  • January 17, 2013 at 1:15 PM
    agen guavita says:

    keren banget ceritanya, menginspirasi nih buat pasangan hehe

  • February 7, 2013 at 4:27 PM

    menyambut bulan februari .. pastinya banyak kisah cinta yang akan di update..
    di tunggu kisah selanjutnya,gan..

  • February 13, 2013 at 2:45 PM

    Curhatan hati yg bagus sob,,,ane salut dan ane bangga bisa mampir di mari. tq

  • February 24, 2013 at 1:17 PM

    amien,
    pengendalian emosi cinta sangat penting dalam hubungan percintaan,
    kalo tidak mau menderita karena cinta

  • March 2, 2013 at 11:35 AM

    terima kasih infonya

  • March 4, 2013 at 4:56 PM

    nice info

  • March 15, 2013 at 3:42 PM

    Nice Info

  • March 15, 2013 at 3:43 PM

    Nice Post

  • March 26, 2013 at 8:38 AM

    nice info

  • May 14, 2013 at 7:35 AM

    infonya bagus terima kasih

  • May 14, 2013 at 7:39 AM
    obat jerawat says:

    sungguh pengalaman cinta yang komplit banget ada suka,canda,tawa,bahagia,susah,sedih jadi satu.itulah cinta

  • June 3, 2013 at 3:01 AM

    mantap, artikel yang bermanfaat untuk saya nih, saya doakan deh semoga blog anda sukses gan!

  • June 10, 2013 at 2:30 PM
    Read More says:

    jdi termotivasi nih..
    hehe

  • July 8, 2013 at 8:51 AM

    mudah-mudahan bisa jadi inspirasi dan motivasi bagi pasangan lain.

  • October 4, 2013 at 8:22 AM
    peni says:


    makasih infonya

  • October 4, 2013 at 8:24 AM
    rendi says:


    ditunggu gan artikel selanjutnya, nice gan atrikelnya

  • October 4, 2013 at 8:26 AM
    tina says:


    artikelnya sangat berkualitas dan menarik

  • October 4, 2013 at 8:28 AM
    sandy says:


    keren infonya

  • October 7, 2013 at 4:29 PM
    mira says:


    menarik banget artikelnya ditunggu artikel selanjutnya

  • October 7, 2013 at 4:31 PM
    rere says:


    makasih gan infonya :)

  • October 12, 2013 at 2:05 PM
    Obat TBC says:


    informasinya sangat menarik gan

  • October 29, 2013 at 5:08 PM

    wah sangat bermanfaat sekali gan infonya.
    saya yakin bermanfaat juga buat orang-orang atau pengunjung yang sudah membacanya.
    thanks ya gan.
    update selalu dan semoga tambah sukses.
    mantap..!

  • November 2, 2013 at 1:00 PM
    maya says:


    infonya sangat menarik untuk saya simak,, nice infonya gan. sukses terus!!!!

  • November 19, 2013 at 2:51 AM

    wah kata-katanya sangat bagus dan sangat menginspirasi..terimakasih mbak Dhana...

  • December 11, 2013 at 4:10 PM
    tasya says:

    wah infonya kerennnnn sob suksek selalu ea,,,

  • January 11, 2014 at 11:04 AM

    terima kasih atas informasinya

  • January 19, 2014 at 7:37 PM

    judul artikelnya kayak lagunya geisha heheheh

  • January 28, 2014 at 11:43 AM

    informasi bagus ini sangat bermnanfat , terimakasih .. yang banyak yah postingannya

  • January 28, 2014 at 7:37 PM

    info yang sangat menarik patut untuk di simak,sukses selalu buat penis dan pembaca salam kenal.

  • January 29, 2014 at 1:32 PM

    info yang sangat menarik,makasih gan infonya,salam kenal end sukses.

  • February 1, 2014 at 11:42 AM

    terima kasih atas info yang menarik ini salam kenal dan sukses selalu gan

  • April 11, 2014 at 5:14 AM

    Extenderjilq adalah cara memperbesar penis terbaik
    www.extenderjilq.com

  • August 29, 2014 at 10:12 AM

    thanks infonya

  • October 31, 2014 at 1:50 PM

    makasih atas informasinya

  • October 31, 2014 at 1:51 PM

    thanks atas infonya ya

  • October 31, 2014 at 1:52 PM
    Domain Murah says:

    menarik sekali artikelnya

  • November 19, 2014 at 7:35 PM

    Mantaf gan Artikelnya..Sukses Selalu Ya gan,,kapan2 mampir ya gan ke web set ane...salam kenal

  • February 21, 2015 at 6:20 AM
    Unknown says:

    maaf juragan numpang link. terimakasih sebelumnya,


    http://detexsi.com/2014/12/resep-cara-membuat-cilok.html
    http://detexsi.com/2015/02/manfaat-vitamin-e-untuk-kesehatan.html
    http://www.detexsi.com/2015/02/bahaya-rokok-elektrik-bagi-elektrik.html
    http://www.detexsi.com/2015/02/sunnah-rasulullah-dalam-kehidupan.html
    http://detexsi.com/2014/03/cara-membuat-singkong-tela-tela-berbumbu_16.html"

  • April 6, 2015 at 5:45 PM

    Artikelnya sangat jelas sekali sehingga pembaca mudah paham maksud dan tujuannya.
    Terima kasih dan salam sukses

  • August 24, 2015 at 1:36 AM

    kreeen

  • August 24, 2015 at 9:07 PM

    mantab

  • August 24, 2015 at 9:30 PM

    keren

  • December 7, 2015 at 11:41 AM

    kata kata nya sangat menyentuh.......

  • February 29, 2016 at 5:22 AM

    I'm a pessimist because of intelligence, but an optimist because of will.

  • March 30, 2016 at 9:17 AM

    artikel yg bagus kaka

  • March 30, 2016 at 9:17 AM
    fritadoo says:

    izin sedot ya kaka

  • March 30, 2016 at 9:18 AM

    makasih kaka

  • December 27, 2017 at 8:59 AM
    Ginaulfa says:

    Terimaskaih gan atas infonya. Sukses terus gan.
    Obat Kista Ovarium

  • May 26, 2018 at 9:38 AM
    Unknown says:
  • January 16, 2019 at 9:47 AM
    Dhidhit says:

    Saya kira judul lagu

Post a Comment

Terima kasih atas komentar Anda/Thanxs for Ur Comments/
感谢您的评论 dan please dont SPAM yach...

 

Dhana Arsega/戴安娜 Copyright © 2011 --Edit and Converted by Dhana Arcamo